22.4 C
Indonesia
Friday, November 26, 2021

Uniswap (UNI), DEX Berbasis Ethereum

Must read

Seperti apa DEX berbasis Ethereum? Kepopuleran cryptocurrency diiringi dengan semakin banyaknya Altcoin baru yang muncul. Dimulai dengan kemunculan Bitcoin pada 2019, hingga saat ini terdapat 9.000 lebih Altcoin di dunia dan Ethereum masih menjadi Altcoin terpopuler.

Ethereum muncul dengan kemampuan barunya yang tidak dimiliki Bitcoin. Ethereum memungkinkan para developer untuk ikut mengembangkan Ethereum dengan menciptakan layanan atau aplikasi di atas sistem Ethereum yang disebut DApps (Decentralized Applications). Salah satu DApps Ethereum yang paling populer adalah Uniswap.

Baca juga Trading Ethereum bagi Pemula

1. Apa Itu Uniswap?

Uniswap adalah Decentralized Exchange (DEX) berbasis Ethereum yang membantu penggunanya untuk menukar atau swap token ERC-20 dengan mudah. Uniswap dirancang oleh seorang developer bernama Hayden Adams dan diluncurkan pada 2 November 2018.

Uniswap menggunakan protokol DeFi (Decentralized Finance) dengan beberapa aset terenkripsi seperti token UNI yang dapat diperdagangkan di bursa kripto atau crypto exchange. Uniswap meluncurkan token UNI pada 17 September 2020.

Uniswap adalah exchange dengan tingkat desentralisasi dan ketahanan sensor yang tinggi yang mampu memudahkan penggunanya berdagang tanpa perantara.

2. Cara Kerja Uniswap

Uniswap, DEX berbasis Ethereum menggunakan protokol dengan pendekatan yang berbeda. Sebagai decentralized exchange, Uniswap tidak membutuhkan order book (buku pesanan). Uniswap menggunakan pendekatan Automated Market Maker (AMM) atau yang juga disebut Constant Function Market Maker. Pendekatan ini membuat harga token ERC-20 yang dipertukarkan di Uniswap dipengaruhi oleh rendah atau tingginya permintaan. Token apapun bisa ditambahkan ke Uniswap dengan cara mendanainya dengan nilai setara ETH atau token ERC-20 yang akan diswap.

Contohnya jika Anda ingin menukarkan Ether (ETH) yang Anda punya dengan sebuah Altcoin, maka Anda akan meluncurkan smart contract Uniswap baru untuk Altcoin tersebut dan membuat liquidity pool. Misalnya liquidity pool ini berisi token Altcoin tersebut senilai 10 dolar dan ETH 10 dolar, nilai yang setara.

Uniswap tidak menemukan pembeli dan penjual untuk menciptakan harga sebuah token, tapi menggunakan sistem persamaan konstan. Setiap kali pengguna membeli sebuah token dengan ETH, maka persediaan token tersebut akan berkurang dan suplai ETH meningkat. Permintaan token yang bertambah akan membuat harga token tersebut naik.

3. Cara Swap Token di Uniswap

Uniswap adalah DEX berbasis Ethereum yang sangat mudah digunakan. Anda bisa menukarkan ETH atau token ERC-20 lainnya dengan mudah dengan Uniswap. Berikut adalah cara-cara swap token di Uniswap.

  1. Kunjungi official website org, lalu klik “Launch App”.
  2. Ketika muncul kotak dialog, Anda hanya perlu memilih token ERC-20 apa yang ingin Anda tukar. Misalnya Anda bisa memilih ETH dengan LEND.
  3. Masukkan jumlah ETH yang ingin ditukarkan, kemudian akan muncul nilai LEND yang akan didapatkan.
  4. Klik “Connect Wallet”. Kemudian muncul beberapa pilihan wallet seperti MetaMask, Coinbase, Fortmatic, dll. Pilih wallet yang Anda gunakan.
  5. Scan kode QR dan token akan otomatis ditambahkan ke wallet

Namun, jika token yang ingin Anda tukarkan tidak ada di list Uniswap, Anda bisa menambahkan token tersebut dengan cara berikut.

  1. Temukan contact address token di io.
  2. Salin dan tempel contact address di Uniswap.
  3. Token yang Anda cari akan otomatis muncul dan klik.
  4. Ketika muncul sebuah alert box, klik “I understand”.
  5. Klik “Connect Wallet”, pilih wallet yang Anda gunakan.
  6. Scan kode QR dan token akan otomatis ditambahkan ke wallet

4. Liquidity Provider

Uniswap menggunakan liquidity pool yang besar untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Liquidity pool adalah kumpulan para liquidity provider (LP), yaitu orang-orang yang mampu memberikan nilai yang sama dari ETH dan token ERC-20 ke kontrak exchange Uniswap.

LP bisa memperoleh keuntungan atau hadiah dari aktivitasnya. LP mendapatkan keuntungan dari biaya trading yang dibayarkan oleh orang-orang yang melakukan trading dengan koin UNI.

5. Cara Menjadi Liquidity Provider di Uniswap

Jika Anda ingin mendapatkan passive income dengan menjadi liquidity provider di Uniswap, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Kunjungi official website org, dan klik “Launch App”.
  2. Pada menu “Pool”, klik “Add Liquidity”.
  3. Pilih 2 token ERC-20, dan masukkan dengan nilai yang setara ke liquidity pools.
  4. Anda bisa melihat persentase yang akan Anda dapatkan ketika ada trader yang bertransaksi 2 token pilihan Anda di “Share of Pool”.
  5. Klik “Connect Wallet”, dan fee Anda akan otomatis ditambahkan ke wallet.

Anda bisa mendapatkan info tentang top pairs di liquidity pools dengan transaksi terbanyak di uniswap.info.

6. Value Uniswap (UNI)

Uniswap tidak melakukan ICO atau penjualan token apapun. Uniswap mendistribusikan UNI sesuai dengan jadwal rilis yang ditetapkan untuk active trader dan liquidity provider.

Uniswap melakukan airdrop untuk merayakan peluncurannya dengan menawarkan 400 token UNI (diperkirakan seharga 1.500 dolar saat airdrop) kepada pengguna yang menggunakan protokol Uniswap. Selanjutnya pengguna juga bisa mendapatkan UNI dengan penambangan likuiditas di liquidity pools Uniswap.

Uniswap memiliki 1 miliar stok UNI. Ketika UNI telah tersebar seluruhnya, pemegang UNI sebesar 1% atau lebih dari total pasokan UNI bisa mengajukan proposal pengembangan. Dan holder UNI dibawah 1% juga bisa memberikan voting untuk proposal yang diajukan. Pemegang UNI juga bisa membantu mendanai hibah, kemitraan, liquidity pools, dll.

Sistem yang dirancang Uniswap membuat exchange ini menjadi DeFi yang sepenuhnya terdesentralisasi. Tim inti Uniswap  tidak lagi berkuasa di manajemen, keputusan sepenuhnya akan diciptakan oleh para pengguna dengan protokol yang benar-benar mandiri.

7. Apakah Uniswap (UNI) Masih Layak Dibeli di Tahun 2021?

Gambar Ilustrasi Uniswap

Sumber: Chris Liverani on Unsplash

Uniswap adalah pionir dan pemimpin Decentralized Exchange (DEX). Uniswap menguasai 63,8 persen pangsa pasar diantara DEX lainnya. Exchange ini adalah wujud dari DeFi yang sesungguhnya. Bagi trader atau investor yang percaya bahwa DeFi akan memiliki peran yang sangat penting di masa depan, maka Uniswap (UNI) adalah pilihan investasi yang tepat.

Jika Ethereum 2.0 berhasil, Uniswap akan meraih lebih banyak pengguna karena biaya transaksi Ethereum yang semakin murah.

Dengan beberapa alasan di atas, Uniswap (UNI) masih sangat layak untuk Anda beli di tahun 2021. Terlepas dari berbagai prospek positif UNI di masa depan, sebagai trader atau investor sebaiknya Anda melakukan riset Anda sendiri untuk meminimalisir risiko. Do your own research!

8. Wallet Uniswap (UNI)

Jika Anda tertarik untuk trading atau investasi dengan token UNI, Anda bisa menyimpannya di beberapa jenis wallet. Seperti cold wallet, software wallet, atau online wallet. Anda bisa menentukan wallet yang ingin Anda gunakan sesuai dengan banyaknya UNI yang ingin Anda beli.

Pilihan pertama yaitu cold wallet. Cold wallet adalah jenis dompet yang paling aman untuk menyimpan kripto Anda dalam jumlah banyak. Wallet ini tidak membutuhkan koneksi internet untuk beroperasi, sehingga lebih terjamin aman dari serangan malware atau hacker. Cold wallet biasanya berbentuk seperti USB yang bisa Anda bawa kemanapun.

Anda juga bisa menggunakan software wallet. Yaitu wallet yang biasa Anda donwload di smartphone atau desktop Anda dan diakses menggunakan koneksi internet. Wallet ini diamankan dengan private key. Namun Anda bisa menggunakan wallet ini untuk menyimpan UNI dengan jumlah tidak terlalu banyak.

Pilihan lainnya yaitu menyimpan UNI di online wallet atau web wallet. Yaitu wallet yang bisa diakses menggunakan browser web. Online wallet adalah bagian dari hot wallet. Anda juga membutuhkan koneksi internet untuk mengakses wallet ini. dengan online wallet, Anda akan mempercayakan platform pilihan Anda untuk mengelola UNI Anda. sehingga Anda harus memilih platform dengan reputasi dan rekam jejak yang baik.

9. Cara Membeli Uniswap (UNI)

Jika Anda tertarik untuk mendiversifikasi portofolio Anda dengan Uniswap (UNI), Anda bisa membeli UNI dengan langkah-langkah berikut.

Pertama tentukan crypto exchange yang ingin Anda gunakan. Ada banyak sekali pilihan exchange untuk membeli kripto. Seperti Binance, Coinbase, eToro, Indodax, Tokocrypto, Rekeningku, Pintu, dll.

Selanjutnya lakukan registrasi di platform exchange pilihan Anda. kemudian lakukan deposit sebagai setoran awal untuk membeli Uniswap (UNI) sesuai dengan ketentuan exchange pilihan Anda. Terakhir, Anda bisa mulai membeli Uniswap (UNI) yang akan disimpan di wallet Anda.

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article