21.9 C
Indonesia
Saturday, November 27, 2021

Orang Salvador Memiliki Dompet Bitcoin Hampir Dua Kali Lebih Banyak daripada Rekening Bank

Must read

Sudah lebih dari sebulan yang lalu Bitcoin menjadi uang tunai legal di El Salvador, sekarang hampir dua kali lebih banyak orang Salvador memiliki dompet Bitcoin Chivo sebagai rekening bank.

Pada 3 Oktober, Presiden Bukele menyatakan dalam pernyataan terbarunya tentang penerimaan Chivo bahwa 3 juta orang Salvador menggunakan dompet kripto, hal tersebut setara dengan 46% dari populasi El Savador.

Sebagai perbandingan, menurut data 2017, hanya 29% orang Salvador yang memiliki rekening bank. Ini adalah penurunan yang mengejutkan dari perkiraan Statista yang sebelumnya sebesar 35%.

Baca juga Walikota Miami Mengatakan Rencana Memajukan Sistem Pembayaran Gaji Karyawan Kota dalam Bentuk Bitcoin

Apakah Orang-orang Pro atau Anti Bitcoin?

Presiden Bukele dengan tegas mendukung Bitcoin, meskipun ada kritik internasional dan demonstrasi publik.

Orang Salvador yang menentang gagasan tersebut berpendapat bahwa Bitcoin menguntungkan spekulan yang didanai dengan baik. Namun, dalam hal menggunakan Bitcoin sebagai uang, mereka mengklaim rakyat biasa akan menderita karena volatilitasnya yang tinggi.

Kritikus lain menunjukkan risiko privasi yang terkait dengan penggunaan layanan seperti Chivo. Mereka menyatakan keberatan tentang persyaratan dompet untuk persetujuan mikrofon dan akses kontak.

Dengan studi tertentu yang menunjukkan bahwa dua pertiga dari Salvador menentang RUU Bitcoin. Ekonom Ricardo Castaneda, meringkas masalah dengan menyatakan bahwa publik tidak mengetahui mengapa Presiden Bukele melanjutkan rute ini meskipun ada perlawanan yang jelas.

“Bitcoin mungkin menjadi pengalih perhatian, tetapi mengingat kesediaan Bukele untuk mengejar rencana melawan oposisi publik dan saran profesional, itu mungkin juga menjadi pilar penting dari visi politiknya.”

Terlepas dari narasinya, ada indikator bahwa orang Salvador mulai menerima perubahan.

Presiden Bukele membuat ciutan minggu lalu, bahwa pelanggan dompet Chivo berdagang ke Bitcoin dengan rasio 4: 1 dan mempertahankan $BTC.

“Sejak kemarin, orang-orang Salvador telah menyetor lebih banyak uang tunai (untuk membeli #Bitcoin) ke ATM daripada jumlah yang biasanya mereka tarik. Kami dapat lebih meningkatkan arus masuk USD dengan memasukkan pengiriman uang (hampir $2 juta setiap hari).”

Bisakah Kita Mengandalkan Angka?

Terlepas dari itu, mengingat insentif $30 untuk mengunduh dompet Chivo, apakah adil untuk menyimpulkan bahwa Bitcoin lebih populer daripada USD?

Dengan kata lain, jika bank lokal menawarkan insentif $30 untuk memulai rekening bank, dapatkah kita mengharapkan peningkatan yang sama dalam pembukaan rekening?

Selain itu, outlet berita lokal telah mendokumentasikan contoh penipuan identitas terkait dompet Chivo. Menurut El Mundo, banyak orang Salvador mencoba mengunduh Chivo hanya untuk mengetahui bahwa informasi pribadi mereka telah dicatat dan mengklaim bonus sejumlah $30.

Hal ini tidak hanya meragukan keamanan Chivo, tetapi juga menyiratkan bahwa adopsi dompet terlihat berlebihan.

Sumber: https://cryptoslate.com/almost-twice-as-many-salvadorians-have-a-bitcoin-wallet-than-a-bank-account/

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article