26.4 C
Indonesia
Thursday, November 25, 2021

Coinbase, Kripto Exchange yang Cocok untuk Pemula

Must read

Kripto Exchange Coinbase – Trader dan investor kripto tentu membutuhkan platform sebagai tempat mereka untuk melakukan transaksi aset kripto. Platform ini disebut sebagai cryptocurrency exchange, yaitu tempat terjadinya pertukaran atau perdagangan kripto oleh trader dan investor di seluruh dunia.

Ada banyak sekali kripto exchange dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu kripto exchange terbaik dan terpopuler, Coinbase. Coinbase adalah kripto exchange yang memiliki reputasi sangat baik. Platform ini juga dinilai sangat cocok untuk trader pemula.

Berikut adalah beberapa informasi tentang Coinbase sebagai kripto exchange, lengkap dengan produk dan kelebihannya.

Baca juga Trading Bitcoin bagi Pemula

1. Apa Itu Coinbase?

Coinbase adalah platform kripto exchange terbesar di Amerika Serikat yang didirikan pada bulan Juni 2012 oleh Brian Armstrong dan Fred Ehrsam. Brian Armstrong adalah mantan engineer Airbnb, dan Fred Ehrsman adalah mantan trader di bank investasi AS Goldman Sachs.

Coinbase merupakan platform exchange kripto yang sangat populer di kalangan para investor, holder, dan trader kripto. Coinbase menawarkan berbagai keunggulan sebagai tempat membeli, menjual, dan memperdagangkan cryptocurrency. Exchange ini juga dianggap sebagai exchange yang paling cocok untuk pemula. Dilansir dari CoinMarketCap, Coinbase menduduki peringkat kedua setelah Binance.

Coinbase adalah exchange yang sepenuhnya diatur dan berlisensi yang mendukung semua negara bagian AS kecuali Hawaii. Pada saat awal didirikan, Coinbase hanya mengizinkan pertukaran Bitcoin. Tapi dengan cepat Coinbase menambahkan kripto lain yang sesuai dengan kriteria desentralisasi.

Coinbase merupakan kripto exchange yang sangat cocok bagi pemula karena antarmuka yang intuitif fiturnya yang sederhana dan mudah digunakan. Trader atau investor pemula kripto bisa dengan mudah dan aman menukarkan koin-koin populer seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan lebih dari 90 jenis kripto lainnya. Namun, trader pro yang menginginkan fitur lebih kompleks juga bisa menggunakan Coinbase Pro yang menyediakan grafik candle, jumlah spread, dan fitur lainnya.

2. Bagaimana Cara Kerja Coinbase

Illust : Cara Kerja Kripto Exchange Coinbase

Sebagai exchange yang sangat cocok untuk trader atau investor pemula, cara kerja Coinbase sangat sederhana. Trader yang ingin menggunakan Coinbase hanya perlu mendaftar dengan menyediakan bukti identitas dan menyetor deposit awal sebesar $10. Setelah proses registrasi berhasil, trader sudah bisa memulai trading berbagai kripto yang tersedia di Coinbase.

Coinbase juga memiliki likuiditas yang tinggi. Dengan reputasi yang sangat baik, cryptocurrency yang baru listing biasanya akan mengalami lonjakan harga. Itu adalah momen yang sangat menarik bagi para trader.

3. Produk-Produk Coinbase

Coinbase menawarkan banya produk atau fitur yang bisa dimanfaatkan para penggunanya. Seperti Coinbase Custody, Coinbase Prime, dan stablecoin USD Coin.

Coinbase Custody adalah layanan penyimpanan cold-storage tingkat institusional yang didukung oleh polis asuransi senilai $320 juta yang diawasi oleh Aon, salah satu broker asuransi terbesar di dunia. Selain itu, akun dolar AS Coinbase diasuransikan oleh FDIC hingga $250.000.

Coinbase Prime adalah produk Coinbase yang juga sangat populer. Coinbae  Prime telah melayani sekitar 9.000 investor instutusional. Pada kuartal pertama 2021, lebih dari setengah aset di Coinbase berasal dari investor institusi. Terbukti pada September 2020, Coinbase telah terpilih menjadi partner MicroStrategy  yang membeli Bitcoin sejumlah $425 juta atau setara dengan Rp. 6 triliun.

Selanjutnya yaitu USD Coin, stablecoin No. 2 yang berkembang pesat dengan kapitalisasi pasar hampir $28 miliar per Agustus 2021, naik dari $1 miliar setahun sebelumnya. Coinbase bekerja sama dengan Circle untuk meluncurkan USD Coin. Coinbase juga memiliki Coinbase Ventures yang merupakan cabang modal ventura perusahaan.

4. Biaya Coinbase

Coinbase adalah exchange dengan reputasi dan likuiditas yang tinggi. Dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif, Coinbase menawarkan biaya transaksi yang lebih mahal dibanding exchange lainnya. Namun, dengan biaya yang sedikit lebih tinggi, pemula akan mendapatkan pengalaman bertransaksi dengan mudah yang mungkin tidak didapatkan di exchange lainnya dengan proses yang rumit.

Biaya Coinbase dan Coinbase Pro sedikit berbeda. Biaya yang dikenakan di Coinbase sangat bervariasi, tergantung dengan negara, metode pembayaran, dan juga harga transaksi.

Untuk transaksi dengan jumlah kecil, trader akan membayar mark-up spread 0,5% dari nilai transaksi. Biaya ini akan ditambah dengan flat fee (biaya tetap) berdasarkan ukuran transaksi. Transaksi $10 atau kurang dari $10 dikenakan biaya tetap sebesar $0,99. Transaksi lebih dari $10 sampai $25 dengan biaya $1,49 dan transaksi lebih dari $25 sampai $50 akan dikenakan biaya $1,99. Transaksi lebih dari $50 hingga $200 akan dikenakan biaya tetap sebesar $2,99.

Jumlah transaksi di atas $200 akan dikenakan mark-up spread 0,5% dari total nilai transaksi dan variable fee (baiya variabel) Coinbase. Biaya variabel bervariasi, tergantung dengan metode pembayaran yang digunakan.

Jika menggunakan rekening bank AS dan wallet Coinbase USD, biaya variabel yang harus dibayarkan adalah 1,49%. Jika menggunakan kartu debit atau kredit, Anda harus membayar sejumlah 3,99%.

Coinbase juga mengizinkan pembelian pecahan koin Bitcoin, sehingga pengguna bisa membeli Bitcoin dalam jumlah yang lebih kecil.

5. Regulasi dan Perpajakan

Illust : Regulasi dan Perpajakan Coinbase

Coinbase adalah salah satu exchange yang diatur dan dilisensikan oleh New York State Department of Financial Services. Coinbase membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menjalin hubungan dengan regulator di lebih dari 30 negara, serta bekerja sama dengan penegak hukum.

Coinbase menawarkan pelaporan keuntungan dan kerugian modal yang baik dan jelas pada setiap transaksi untuk tujuan pajak. Coinbase bekerja sama dengan regulator dan penegak hukum dan berhasil melawan IRS “John Doe Summons” yang mencari informasi pribadi tentang lebih dari satu juta pelanggan, membatasi data yang diserahkan kepada mereka yang memiliki transaksi minimal $20.000. Jika Anda ingin menggelapkan pajak dengan berinvestasi kripto, Coinbase bukan untuk Anda.

6. Kelebihan Coinbase

Coinbase adalah salah satu exchange terbaik dan terpopuler. Platform ini juga sering direkomendasikan untuk digunakan investor atau trader kripto pemula. Selain reputasi yang baik, ada beberapa kelebihan Coinbase lainnya yang harus kamu ketahui.

1. Penyimpanan yang Aman

98% dana nasabah Coinbase disimpan secara offline. Data sensitif yang biasanya berada di server Coinbase terputus sepenuhnya dari internet. Data kemudian dibagi dengan redundansi, AES-256 dienkripsi dan disalin ke drive USB FIPS-140 dan paper backups. Drive dan paper backups didistribusikan secara geografis di brankas seluruh dunia. Sangat kecil kemungkinan aset bisa dibobol para hacker dengan metode penyimpanan seperti ini.

Selain itu, Coinbase juga menggunakan metode autentikasi dua faktor. Selain username dan password, pengguna harus memasukkan kode yang dikirim ke ponsel mereka.

2. Dilindungi oleh Asuransi

Coinbase mengelola asuransi kripto dan semua saldo tunai USD dilindungi oleh asuransi FDIC (Federal Deposit Insurance Corporation), hingga maksimum $250.000.

3. Mendukung Cryptocurrrency yang Likuid atau Solid

Coinbase adalah exchange yang memuat kripto populer dengan nilai yang solid. Ada lebih 9.000 Altcoin di dunia, namun Coinbase hanya mendukung sekitar 90 kripto dengan nilai yang solid. Sehingga ada istilah “Coinbase Effect”, yaitu harga sebuah kripto melonjak drastis jika berhasil listing di Coinbase.

4. Likuiditas yang Tinggi

Coinbase telah didukung di lebih dari 100 negara dengan 68 juta lebih pengguna terverifikasi. Dengan komunitas yang besar, Coinbase mampu meraup $462 triliun volume transaksi selama 4 bulan.

5. Deposit Awal yang Cukup Rendah

Jika Anda ingin menggunakan Coinbase, Anda hanya perlu menyetor deposit minimal $10.

7. Cara Menggunakan Coinbase

Seperti exchange atau platform lainnya, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum bertransaksi di Coinbase adalah membuka akun. Untuk membuka akun Coinbase, Anda harus berusia minimal 18 tahun, memiliki  kartu indentitas penduduk yang dikeluarkan negara seperti ID card/KTP atau SIM, nomor telepon untuk  verifikasi SMS, dan koneksi internet di komputer atau smartphone Anda.

Selanjutnya Anda bisa mulai mendaftar dengan memasukkan nama lengkap, email, negara tempat tinggal, dan password. Buat kata sandi yang unik dan kuat untuk menjaga keamanan akun Anda. Selanjutnya tambahkan metode pembayaran untuk mentransfer uang Anda ke akun Coinbase.

Setelah membuat akun dan mengatur metode pembayaran, Anda sudah bisa mulai menukar, membeli, atau menjual aset Anda.

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article