26.4 C
Indonesia
Thursday, November 25, 2021

KuCoin, Exchange Pilihan Para Trader

Must read

Minat untuk menjadikan cryptocurrency sebagai pilihan investasi terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Respon positif pasar mendorong para developer untuk terus berinovasi menciptakan sistem blockchain, Altcoin, DeFi, dan juga kripto exchange. Pilihan kripto exchange yang terbatas bukan lagi menjadi hambatan bagi trader.

KuCoin adalah salah satu cryptocurrency exchange yang menjadi pilihan bagi banyak trader dan investor. Dengan reputasi dan popularitas yang tinggi, KuCoin berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai kripto exchange dengan exchange score tertinggi, dilansir dari CoinMarketCap.

KuCoin bisa menjadi exchange pilihan Anda untuk memperdagangkan aset kripto Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai kripto exchange KuCoin.

Baca juga Hal-Hal yang Wajib Diketahui Pemula tentang Kripto Exchange

1. Apa Itu KuCoin?

KuCoin adalah salah satu platform centralized exchange (CEX) yang menjadi tempat para trader melakukan transaksi jual atau beli aset kripto mereka. Trader bisa menukarkan aset kripto mereka dengan jenis kripto lainnya. KuCoin mendukung lebih dari 500 Altcoin KuCoin dan lebih dair 45 fiat, menjadikan KuCoin sebagai salah satu exchange yang mendukung fiat terbanyak.

KuCoin secara resmi diluncurkan pada Mei 2017 dan berbasis di Hongkong. Platform exchange ini dibuat oleh sekelompok pakar bisnis yang sudah berpengalaman mengerjakan berbagai proyek fintech, seperti Ant Financial dan iBox PAY. Para founder KuCoin ingin menciptakan sebuah platform exchange yang sederhana dan aman bagi trader dan investor kripto di seluruh dunia.

Dalam jangka panjang, KuCoin berambisi untuk menjadi salah satu dari 10 kripto exchange terbesar di dunia. Mereka berharap bisa mencapai target itu di tahun 2021. Namun, KuCoin berhasil meraih goal mereka lebih cepat dari waktu yang ditargetkan. Saat ini, KuCoin berada di posisi ketiga sebagai exchange dengan exchange score tertinggi, dilansir dari CoinMarketCap.

2. Token KuCoin

KuCoin juga memiliki token mereka sendiri yang diberi nama KCS (KuCoinShare). KCS adalah decentralized cryptocurrency berbasis protokol Ethereum. KCS juga bekerja dengan seluruh wallet Ethereum. Dengan memegang KCS coin, para trader bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pemegang KCS coin bisa mendapatkan potongan fee trading.

Bukan hanya mendapatkan potongan biaya trading, para trader yang memegang KCS coin juga berhak mendapatkan 50% bagian dari semua keuntungan biaya trading yang dibuat KuCoin. Dengan rata-rata likuiditas sebesar $3,8 miliar, bagian dari keuntungan biaya trading yang bisa didapatkan juga cukup besar.

3. Fitur-Fitur KuCoin

Illust : Fitur-Fitur KuCoin

Bukan hanya biaya yang rendah, KuCoin juga menawarkan fitur-fitur yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan trading dengan sederhana seperti tujuan awal mereka. Fitur-fitur inilah yang menjadi daya tarik KuCoin. Berikut adalah fitur-fitur KuCoin.

1. API (Application Programming Interface)

KuCoin adalah salah satu platform exchange dengan API terbaik . KuCoin API dibagi menjadi REST APIs yang memiliki empat kategori data pribadi dan publik, dan WebSocket feeds yang sebagian besar menyediakan data public market.

2. Customer Service

KuCoin adalah exchange yang sangat ramah pengguna. Mereka menyediakan customer service yang bisa dihubungi selama 24/7 melalui email, hotline, atau situs web, jika pengguna mengalami beberapa kendala.

3. KCS

Seperti penjelasan sebelumnya, KuCoin memiliki token mereka sendiri yang diberi nama KCS. Pemegang KCS coin bisa mendapatkan potongan biaya trading dan mendapatkan passive income dari KuCoin.

4. Biaya KuCoin

Biaya yang rendah adalah salah satu keunggulan KuCoin sebagai exchange pilihan trader dibanding exchange lainnya. Menawarkan biaya yang sangat rendah kepada para pengguna layanan mereka adalah salah satu tujuan utama KuCoin.

Pertama, deposit kripto gratis, selain biaya transaksi blockchain yang Anda bayarkan untuk melakukan transfer. Hal tersebut tergantung pada cryptocurrency mana yang Anda gunakan.

Biaya trading juga benar-benar murah. Saat melakukan trading, trader hanya perlu membayar 0,1% dari jumlah yang dibeli. Misalnya jika Anda ingin membeli Ether senilai $1000, Anda hanya perlu membayar $1 trading fee. Ini adalah salah satu biaya trading terendah di indsutri kripto exchange. Biaya trading yang rendah ini hampir selalu menjadi alasan utama para trader memilih KuCoin.

Jika Anda ingin melakukan withdrawal, biaya yang harus Anda bayarkan tergantung pada kripto yang ingin Anda tarik. Anda bisa menemukan informasi tentang biaya withdrawal di official website KuCoin. Biaya withdraw KuCoin juga tidak mahal.

5. Cara Menggunakan KuCoin

Cara menggunakan KuCoin hampir sama dengan exchange lainnya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran.

    1. Lakukan pendaftaran dengan mengunjungi website KuCoin, kemudian klik “Sign Up” yang berada di sisi kanan atas layar.
    2. Selanjutnya akan muncul tampilan persyaratan dan ketentuan exchange. Anda harus membacanya dengan hati-hati untuk memastikan bahwa Anda memahami semua persyaratan dan ketentuan. Jika Anda setuju, centang kotak “Accept” dan klik “Next”.
    3. Masukkan alamat email Anda dan buat password yang unik dan kuat.
    4. Geser bilah dari kiri ke kanan untuk membuktikan bahwa Anda bukan robot.
    5. Proses pendaftaran selesai.

Selanjutnya Anda bisa mulai menggunakan KuCoin. Anda bisa melakukan deposit dan withdrawal dengan cara berikut.

    1. Pilih menu “Assets” di bagian atas dan pilih “Deposit” jika Anda ingin menyetor deposit dan pilih “Withdrawal” jika Anda ingin melakukan penarikan dana.
    2. Pilih jenis koin yang ingin Anda beli sesuai dengan kode koin.
    3. Selanjutnya akan muncul wallet address. Lakukan transaksi degan tujuan address yang tepat.
    4. Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai koin masuk ke akun Anda.

6. Kelebihan KuCoin

Illust : Kelebihan KuCoin sebagai exchange pilihan para trader

Berikut adalah kelebihan KuCoin sebagai exchange pilihan para trader yang bisa Anda nikmati jika Anda menggunakan platform ini untuk memperdagankan kripto Anda.

    1. Biaya deposit, withdrawal, dan biaya trading yang rendah
    2. Interface yang sangat sederhana dan jelas yang mudah untuk digunakan oleh pemula.
    3. KuCoin mendukung lebih dari 500 jenis koin, termasuk Altcoin yang baru dirilis.
    4. Memungkinkan Anda melakukan trading tanpa nama (anonim).
    5. Layanan yang sangat ramah pengguna.
    6. Keamanan yang sangat kuat. KuCoin menggunakan protokol enkripsi standar transfer untuk memastikan privasi penggunanya. Platform juga menggunakan jaringan pribadi yang didukung oleh Amazon Web Services Cloud untuk menyimpan micro wallet. KuCoin juga menggunakan autentikasi dua faktor sebagai keamanan lapis kedua.
    7. Memiliki tim developer yang berpengalaman. Tim berfokus pada penelitian dan pengembangan sistem KuCoin.

7. Kekurangan KuCoin

Setiap exchange memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Anda tidak akan menemukan exchange yang sempurna, namun Anda bisa menemukan exchange yang sesuai dengan kebutuhan trading Anda.

Dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan KuCoin, ada satu kekurangan Kucoin. Yaitu volume trading yang terkadang bermasalah karena likuiditas koin-koin yang lebih kecil. KuCoin mendukung banyak koin-koin kecil yang baru rilis yang mungkin tidak Anda temukan di platform lain. Jadi, hal ini menjadi kekurangan dan kelebihan KuCoin sekaligus.

8. Dapatkan Passive Income dengan KuCoin

Selain biaya trading yang sangat murah, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan sebagai pengguna KuCoin. Dengan memegang koin KCS, Anda bisa mendapatkan passive income dari 50% keuntungan KuCoin dari biaya trading yang dibagikan kepada para holder KCS.

KuCoin juga menawarkan  Invitation Bonus, yaitu bonus yang diberikan kepada pengguna yang berhasil mengundang trader lain untuk menggunakan KuCoin. Invitation bonus mirip seperti afiliasi marketing. KuCoin membagikan 40% pendapatan dari fee trading untuk invitation bonus.

Jadi, KuCoin menyimpan 10% pendapatan mereka, 40% dibagikan sebagai invitation bonus, dan 50% untuk holders KCS.

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article