22.4 C
Indonesia
Friday, November 26, 2021

Tokocrypto sebagai Exchange Lokal Terpopuler

Must read

Seperti apakah exchange lokal terpopuler Tokocrypto? Crypocurrency sudah menjadi hal yang sangat familiar di kalangan trader dan invetor Indonesia. Kripto adalah salah satu produk investasi yang sudah menjadi pilihan bagi banyak investor lokal. Melonjaknya harga Bitcoin dan Altcoin populer lainnya mendorong rasa ingin tahu trader dan investor lokal tentang aset kripto.

Meskipun jumlah investor di Indonesia masih terbilang kecil dibandingkan dengan negara lain, namun jumlah investor kripto lebih besar dari investor saham. Ada lebih dari 2 juta investor kripto di Indonesia dari total penduduk 290 juta lebih jiwa.

Meningkatnya minat berinvestasi dan trading kripto di Indonesia mendorong munculnya berbagai cryptocurrency exchange. Kripto exchange adalah tempat atau marketplace terjadinya transaksi jual beli aset kripto. Tokocrypto adalah salah satu exchange lokal dengan pengguna terbanyak. Berikut ini adalah penjelasan mengenai exchange lokal Tokocrypto :

1. Apa Itu Tokocrypto

Tokocrypto adalah cryptocurrency exchange yang didirikan pada Juni 2017. Dengan berbagai layanan dan fitur yang ditawarkan, Tokocrypto memiliki visi untuk memberikan contoh dan manfaat teknologi blockchain kepada masyarakat dengan menyediakan platform exchange yang mudah, sederhana, instan, dan aman.

Sebagai exchange lokal terkemuka, Tokocrypto terus aktif melakukan inovasi. Tokocrypto memperkenalkan token milik mereka, TKO pada Oktober 2020. Awalnya token TKO memiliki konsep DeFi. Menjelang ICO pada 30 Maret 2021, Tokocrypto mengubah konsep TKO menjadi CeDeFi. Ini menjadikan TKO sebagai proyek kripto lokal pertama yang menyediakan model token hybrid CeFi dan DeFi.

TKO adalah proyek CeDeFi berbasis Binance Smart Chain (BSC). Inisiatif untuk mengubah TKO dari DeFi menjadi CeDeFi merupakan cara Tokocrypto untuk mendorong adopsi blockchain yang lebih besar di Indonesia.

Baca juga Exchange Lokal Indodax dan Serba-Serbinya

2. Fitur-Fitur di Tokocrypto

Berikut adalah beberapa fitur yang bisa dinimati pengguna Tokocrypto.

1. Tokocrypto Insight

Fitur ini adalah fitur baru Tokocrypto yang sudah mulai bisa digunakan pada 15 Oktober 2021. Tokocrypto bekerjasama dengan KepingAI untuk menjalankan fitur ini.

Tokocrypto Insight menggunakan Dollar Cost Averaging (DCA) atau Averaging Down. Anda bisa mendapatkan sinyal trading untuk pairing USDT yang ada di Tokocrypto tanpa bingung menganalisa pasar.

2. Stablecoin BIDR

BIDR adalah stablecoin berbasis rupiah hasil kolaborasi Binance dan Tokocrypto dengan nilai 1:1. BIDR sudah dapat ditranaksikan ke USDT secara #InstaTrade. Fitur ini memudahkan pengguna menukarkan BIDR ke USDT secara cepat dan mudah.

3. One Cancels the Other (OCO)

OCO adalah fitur yang memungkinkan trader untuk melakukan dua order secara bersamaan. Order ini menggabungkan  order limit dan stop-limit, tapi hanya satu order yang dapat dieksekusi.

4. Stop-Limit Order

Fitur yang bisa digunakan sebagai alat manajemen risiko dan pengguna harus menggunakannya untuk menghindari kerugian yang signifikan.

3. Koin yang Didukung Tokocrypto

Illust : Koin yang Didukung Tokocrypto
Sumber Asset : Business vector created by freepik – www.freepik.com

Tokocrypto mendukung sekitar 139 koin. Anda bisa menemukan koin-koin populer di Tokocrypto untuk mulai berinvestasi krirpto. Berikut adalah beberapa Altcoin populer yang didukung Tokocrypto.

    1. Bitcoin (BTC)
    2. Ethereum (ETH)
    3. Dogecoin (DOGE)
    4. Uniswap (UNI)
    5. Binance Coin (BNB)
    6. PancakeSwap (CAKE)
    7. Aave (AAVE)
    8. Cardano (ADA)
    9. Polkadot (ADA)
    10. Ripple (XRP)
    11. TKO
    12. USDT

4. Token TKO

Token TKO adalah salah satu inovasi yang dilakukan Tokocrypto pada Oktober 2020. Awalnya token TKO menggunakan konsep DeFi untuk memungkinkan sistem finansial yang terdesentralisasi. Tokocrypto menyediakan layanan keuangan seperti pinjaman, asuransi, atau tabungan yang bersifat transparan, independen, dan fleksibel tanpa adanya pengawasan dari entitas apapun.

Namun Tokocrypto mengubah konsep TKO menjadi CeDeFi saat menjelang ICO pada 30 Maret 2021. Proyek CeDeFi ini berada di atas sistem Binance Smart Chain (BSC) dan merupakan token hybrid pertama di Indonesia, yaitu utilitas CeFi dan DeFi.

TKO dapat digunakan dalam produk saving seperti TKO Deposit, TKO Rebate, TKO Savings, dan TKO Cashback dalam utilitas CeFi. Sedangkan dalam utilitas DeFi, TKO dapat digunakan pada farming pools dan lending.

Tokocrypto juga menghadirkan layanan staking dan saving untuk TKO di jaringan Binance. Dengan staking dan saving, holders TKO akan mendapat bunga berdasarkan durasi penyimpanannya. TKO juga membukan peluang passive income bagi para holder.

5. Biaya Tokocrypto

Seperti exchange yang lain, Tokocrypto mematokkan biaya yang bervariasi sesuai jenis transaksi. Berikut adalah biaya transaksi di Tokocrypto.

    1. Penjualan dan pembelian aset digital dengan rupiah dikenakan biaya 0,1%
    2. Biaya withdraw BIDR Rp 5.500.

Biaya deposit di Tokocrypto gratis. Namun, selain biaya-biaya di atas, Tokocrypto membuat biaya penarikan yang berbeda-beda untuk setiap koin/token sesuai dengan jaringan yang digunakan.

Misalnya, penarikan minimum dan biaya penarikan Bitcoin di jaringan BSC, ERC20, BEP2, dan BTC berbeda. Detail biaya bisa Anda lihat di website resmi Tokocrypto.

6. Legalitas Tokocrypto

Illust : Legalitas Exchange Lokal Tokocrypto
Sumber Asset : House vector created by freepik – www.freepik.com

Salah satu pencapaian luar biasa Tokocrypto adalah berhasil mendapatkan izin Bappebti dan Kominfo. Dari 13 exchange lokal yang mendapatkan izin Bappebti, Tokocyrpto adalah yang pertama mengantongi izin tersebut.

Tokocrypto berhasil mengantongi izin dari Bappebti pada 19 November 2019. Tokocrypto secara resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dengan nomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019 tentang Tanda Daftar Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto. Izin ini berhasil didapatkan Tokocrypto setelah menyelesaikan persyaratan-persyaratan tertentu.

Dengan legalitas yang dimiliki, Tokocrypto semakin meningkatkan reputasi mereka di mata investor dan trader kripto Indonesia. Dengan izin dari Bappebti dan Kominfo, keamanan aset digital investor lebih terjamin aman di Tokocrypto.

7. Kelebihan Tokocrypto

Tokocrypto adalah salah satu exchange dengan reputasi dan popularitas yang sangat tinggi. Jika Anda melirik Tokocrypto untuk Anda jadikan sebagai exchange pilihan, berikut adalah beberapa kelebihan Tokocrypto yang harus Anda ketahui.

1. Biaya yang Murah

Biaya transaksi yang murah selalu menjadi hal pertama yang dicari dan dipertimbangkan sebelum menggunakan exchange. Anda akan menikmati biaya transaksi yang murah di Tokocrypto, hanya 0,1% untuk menjual dan membeli kripto. Sedangkan biaya deposit gratis.

2. Token TKO

TKO adalah inovasi Tokocrypto yang bisa memudahkan pengguna untuk menikmati berbagai fitur Tokocrypto seperti staking. Selain itu, TKO juga memungkinkan holder untuk mendapatkan passive income dari bunga yang didapat.

3. Mudah, Cepat, dan Aman

Proses verifikasi KYC di Tokocrypto sangat cepat, proses withdraw dan transaksi yang mudah dan aman.

4. Legalitas

Legalitas exchange adalah hal penting yang harus diperhatikan. Dengan legalitas yang dimiliki Tokocrypto, aset digital Anda akan lebih terjamin keamanannya jika terjadi masalah yang tak diharapkan.

8. Kekurangan Tokocrypto

1. Metode Pembayaran yang Terbatas

Untuk pengisian saldo, Tokocrypto hanya menyediakan metode pembayaran dengan Virtual Account Bank Mandiri, VA Bank Permata, dan GoPay.

2. Biaya Withdraw dan Batas Penarikan

Biaya transaksi Tokocrypto memang sangat murah. Tapi biaya withdraw dan batas penarikan Tokocrypto sangat bervariasi, tergantung dengan koin dan jaringan yang digunakan.

9. Cara Menggunakan Tokocrypto

Sebelum menggunakan Tokocrypto, Anda harus melakukan pendaftaran untuk memiliki akun di platform tersebut. Anda hanya perlu mengisi informasi yang diminta di halaman pendaftaran dan memasukkan email dan password yang Anda inginkan. Selanjutnya menyetujui berbagai ketentuan penggunaan, dan klik daftar.

Setelah mendaftarkan akun dan melakukan verifikasi, Anda masih belum bisa bertransaksi di Tokocrypto. Anda harus melakukan pendaftaran KYC yang digunakan untuk mengetahui lebih dalam aktivitas pengguna. Verifikasi KYC akan diproses secara otomatis dalam waktu 1×24 jam hari kerja. Selanjutnya lakukan top up dengan nominal lebih dari $10.

Anda sudah mulai bisa melakukan transaksi di Tokocrypto. Anda bisa memilih pairing yang ingin ditradingkan seperti BIDR, USDT,USDC, BUSD, dll. Jika ingin trading di pairing BIDR, dapat langsung melakukan transaksi beli dan jual. Namun jika ingin trading di pairing selain BIDR, Anda harus mengkonversi BIDR ke pairing yang diinginkan. Selanjutnya cari koin yang ingin dipilih. Contohnya ADA/USDT.

Selanjutnya Anda bisa menganalisa grafik dengan indikator yang disediakan Tokocrypto. Kemudian pilih timeframe yang sesuai dan pilih “beli”. Anda bisa memilih Limit Order atau Market Order.

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article