26.4 C
Indonesia
Thursday, November 25, 2021

Mimblewimble: Sebuah Protokol Terdesentralisasi yang Terinspirasi dari Harry Potter

Must read

Mimblewimble merupakan protokol desentralisasi yang berfokus pada privasi dengan menggunakan metode inovatif untuk mengatur dan menyimpan transaksi Blockchain. Sistem ini dibuat dan dirilis pada pertengahan tahun 2016 oleh seorang anonim yang biasa disebut sebagai ‘Voldemort’ atau dalam bahasa perancis Tom Elvis Jedusor.

Cara kerja sistem ini sesuai dengan sebuah mantra dalam seri buku Harry Potter, tongue-tying untuk mencegah korban membocorkan informasi tertentu. Sistem ini menjadi fondasi bagi Blockchain untuk membuka kemungkinan dunia baru terkait skalabilitas, kesetaraan, privasi, dan anonimitas kripto. Hal ini karena sistem ini dilengkapi protokol yang memastikan data Bitcoin tetap sepenuhnya anonim.

Berkaitan dengan hal tersebut, anonimitas penuh pada transaksi Mimblewimble kontras dengan nama samaran Bitcoin (BTC) dan mata uang kripto lainnya. Nama samaran tersebut biasanya mengungkap tiga rahasia, yaitu alamat pengirim, jumlah kripto yang ditransfer, dan alamat penerima. Tidak satupun dari tiga rahasia atau fakta yang dibocorkan oleh sistem ini.

Baca juga Proyek DeFi Cage Meluncurkan Indeks Meme Terdesentralisasi ‘CMI’ Pertama di Dunia

Kriptografi Kurva Eliptik merupakan metode kriptografi yang digunakan oleh Mimblewimble (ECC) sehingga memenuhi dua syarat utama— mengonfirmasi jumlah transaksi yang tepat dan tidak mengungkapkan informasi pengguna ECC kepada publik. Hal ini karena ECC didasarkan pada logaritma diskrit sehingga meningkatkan keamanan Mimblewimble.

Untuk mencapai tingkat keamanan dan anonimitas yang lebih baik, Mimblewimble menggabungkan metode kriptografi (Confidential Transaction atau CTS, CoinJoin, Dandelion, dan Cut-Through) untuk membantu menyembunyikan data transaksi. Mekanisme CoinJoin membuat penelusuran riwayat transaksi semakin sulit.

Untuk indentitas pengirim dan penerima dapat disamarkan dan dijaga kerahasiaannya dengan protokol Dandelion. Sedangkan informasi dari Blockchain akan segera dihapus tanpa membahayakan keamanan dengan fitur Cut-Through. Sehingga kemungkinan kebocoran data pribadi sangat kecil.

Uniknya, protokol Mimblewimble memiliki tiga ciri yang berbeda dari Blockchain lainnya. Pertama, sistem ini akan sepenuhnya anonim ketika mayoritas sistem Blockchain lain menggunakan nama samaran yang masih mungkin untuk dilacak. Kedua adalah fungibilitas yang membuat pengguna dapat menukar koin apapun di jaringan tanpa takut kehilangan nilainya. Ketiga adalah peningkatan skalabilitas terkait ukuran Blockchainnya yang kecil dengan menggunakan CoinJoin dan Cut-Through untuk menghapus informasi transaksi asing dan ukuran blok yang lebih rendah.

Sumber:

https://cointelegraph.com/news/what-is-mimblewimble-and-how-does-it-work

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article