28.4 C
Indonesia
Thursday, November 25, 2021

Menurut Data On-Chain, Investor Bitcoin dan Ethereum Memiliki Kepercayaan Diri Jangka Panjang

Must read

Berdasarkan analisis data on-chain Kraken Intelligence, long term holder (LTH) atau investor Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) masih berada dalam momen pergerakan harga jangka pendek kedua cryptocurrency yang bullish. Meskipun telah mencapai titik all-time-high (ATH) pada awal November, Kraken mengatakan bahwa baik BTC dan ETH masih jauh dari mendekati apa yang secara historis disebut sebagai wilayah ‘overbought’. Hal ini didasarkan pada nilai pasar untuk nilai realisasi (MVRV) Z-score untuk ETH.

Z-score merupakan pengukuran perbedaan antara angka dan rata-rata kelompok yang dinyatakan dalam standar deviasi. Selanjutnya, market value (MV) merupakan kapitalisasi pasar aset. Sedangkan realization value (RV) merupakan harga setiap unit BTC atau ETH dikalikan dengan jumlah token yang ada saat perubahan terakhir.

Baca juga Bitcoin dan Ethereum Berada di Titik Resistensi Kritis

Dalam hal perhitungannya, peringkat lebih dari lima dianggap overbought, sedangkan kurang dari satu dianggap oversold. Skor MVRV Z ETH berada di titik 2.56 yang berarti berada di antara level overbought dan oversold.

Hal tersebut menunjukkan bahwa ETH masih memiliki kesempatan untuk tumbuh lebih jauh dari harga saat ini. Tidak hanya itu, secara historis ETH juga menunjukkan adanya momentum yang lebih besar dari pada bulan Mei terkait titik ATH.

Ketika berbicara terkait Bitcoin, Kraken melihat statistik on-chain lain yang dikenal sebagai reserve risk atau risiko cadangan. Hal ini mengindikasikan bahwa Cryptocurrency masih jauh di bawah level yang terlalu bergejolak secara historis.

Dalam hal ini, indikator risiko cadangan dihitung dengan membagi harga Bitcoin dengan ‘Bank HODL’ yang merupakan ukuran biaya peluang untuk mempertahankan Bitcoin daripada menjualnya. Berdasarkan ukuran tersebut, risiko cadangan Bitcoin saat ini secara substansial berada di bawah jumlah yang telihat pada titik ATH bulan Mei.

Sedangkan risiko cadangan Bitcoin seperti MVRV Z-score untuk ETH menunjukkan bahwa terdapat kemungkinan pertumbuhan dalam pergerakan harga sebelum mendekati wilayah overbought.

Kesimpulannya adalah bahwa pasokan Bitcoin dan Ethereum di bursa saat ini berada pada posisi terendah multi-years, dan hal ini menyiratkan bahwa holders atau investor tengah yakin dengan posisi mereka saat ini.

Sumber:

https://cryptonews.com/news/long-term-bitcoin-ethereum-holders-remain-confident-on-chain-data-shows.htm

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article