Masih Bingung tentang NFT? Ini Poin-Poin Penting yang Perlu Anda Ketahui

Jika anda masih bingung tentang NFT, maka anda berada pada postingan yang tepat. Sistem blockchain merupakan salah satu inovasi di bidang teknologi yang sangat revolusioner. Sistem blockchain memecahkan berbagai masalah global dalam transaksi jual beli. Kehadiran blockchain memungkinkan terjadinya transaksi yang terdesentralisasi, aman, dan independen.

Bukan hanya menjadi solusi finansial, blockchain juga menjadi sarana baru yang sangat “segar” bagi para kreator dan seniman untuk memasarkan karya mereka. NFT adalah token unik yang berjalan di sistem blockchain. NFT menjamin orisinalitas sebuah karya seni yang sangat bervariasi. Karena keunikannya, beberapa NFT populer bahkan bisa terjual hingga jutaan dolar.

Untuk memahami lebih lanjut tentang pasar NFT, mari simak poin-poin penting berikut tentang NFT yang telah kami rangkum untuk Anda.

Baca juga Yang Harus Diketahui Pemula tentang Crypto Wallet

1. Sekilas tentang NFT

- Advertisement -

NFT merupakan akronim dari non-fungible token, yang berarti token yang tidak bisa ditukarkan. NFT adalah token unik dalam bentuk karya seni digital yang disimpan di digital ledger blockchain sebagai bukti kepemilikan. NFT tidak bisa ditukarkan, tapi NFT memiliki nilai. Namun nilai antara NFT yang satu dengan NFT lainnya tidak sama atau setara. Itulah mengapa token ini memiliki nilai yang sangat unik.

NFT merupakan karya seni digital dalam berbagai bentuk yang mudah direproduksi. Seperti lukisan digital, musik, fotografi, meme, atau tweet. Token unik ini diciptakan oleh para kreator yang ingin memasarkan karya seni mereka secara global.

NFT dijamin keunikannya dan kelangkaannya karena tidak mungkin dimiliki oleh lebih dari satu kolektor. Seorang kreator menjual karya tentang seni mereka, mematokkan harga tertentu, dan memasukkan signature mereka dalam metadata NFT.

Kolektor yang merasa tertarik untuk mengoleksi karya seni digital tersebut harus membayar dengan kripto. Kepemilikan NFT pun akan berubah menjadi milik kolektor dan menjadi hak kolektor untuk menyimpannya atau menjualnya kembali. Seluruh transaksi yang terjadi antara kreator dan kolektor tercatat di sistem blockchain dan tidak dapat diubah oleh siapapun.

2. Jenis-Jenis NFT

Illust : Tentang NFT, Jenis-jenis NFT

NFT merupakan token unik sebagai bukti kepemilikan sebuah karya seni digital. Karya seni digital yang diperjualbelikan di NFT marketplace sangat beragam. Setiap NFT memiliki nilai yang berbeda dengan NFT lainnya. Berikut adalah beberapa jenis tentang karya seni digital yang bisa diperdagangkan di NFT marketplace.

1. Musik

Siapa yang tidak mengenal musik? Jika berbicara tentang karya seni, maka kita tidak akan terlepas dari musik. Musik adalah salah satu karya seni yang hampir disukai oleh semua orang. Dengan peminat yang tinggi dan pasar yang luas, para musisi melakukan eksperimen dengan memasarkan karya mereka di NFT marketplace. Upaya ini juga sangat membantu para musisi untuk menghindari masalah pembajakan karya.

Dengan hadirnya NFT, para musisi juga bisa mendapatkan pendapatan yang setara dengan karya mereka tanpa harus terkena potongan promosi dan berbagai biaya lainnya. NFT juga menjamin keaslian sebuah karya seni musik. NFT musik paling banyak dijual di Rarible dan Mintbase.

Salah satu NFT musik yang tejual mahal adalah “Dream Catcher” karya Steve Aoki, seorang superstar DJ dan produser musik Amerika. Dream Catcher berhasil terjual dengan harga fantastis mencapai $4,25 juta di Nifty Gateway, salah satu NFT marketplace terbesar.

2. Video Game

Mungkin sebagian orang masih tidak tahu bahwa video game adalah salah satu jenis karya seni. Pada kenyataannya, video game bahkan bisa dihargai hingga ratusan bahkan jutaan dolar di NFT marketplace.

NFT video game memungkinkan para pemain untuk ikut andil dalam kepemilikan aset game dengan 3 strategi utama. Yaitu dengan membuat atau membiakkan karakter baru, membeli item digital, atau membuka kunci dan mendapatkan item baru. Gamers dapat mendistribusikan atau menjual aset game yang berhasil didapatkan. Itulah mengapa NFT game disebut sebagai game dengan model play-to-earn.

Salah satu game yang paling terkenal adalah Axie Infinity yang berbasis jaringan Ethereum. Game ini mirip Pokemon dan pemain mengumpulkan hewan peliharaan digital berbasis NFT yang disebut Axies. Salah satu karakter Axie Infinity yang dibandrol hingga 3,000 ETH adalah Angel.

3. Artwork

Artwork adalah salah satu jenis NFT yang paling populer dan paling banyak dipasarkan di NFT marketplace. Artwork bisa berbentuk lukisan digital, GIF, atau video pendek.

Salah satu kreator NFT artwork yang paling fenomenal adalah Beeple. Karyanya yang berjudul “EVERYDAY’S: THE FIRST 5000 DAYS” berhasil terjual dengan harga setara $69 juta. Karya terkenal Beeple lainnya yaitu sebuah video pendek berdurasi 10 detik yang menampilkan Donal Trump tanpa busana sedang tergeletak di tanah. Video pendek ini berjudul “Crossroad” dan terjual dengan harga $6,6 juta.

4. Memes

Jika Anda bisa dengan bebas melihat meme berseliweran di Instagram atau Twitter, maka Anda akan terkejut dengan harga NFT meme. NFT meme bisa dibandrol hingga ratusan ribu hingga jutaan dolar.

Beberapa NFT meme populer antara lain  seperti Nyan Cat, Bad Luck Brian, dan Disaster Girl yang terjual dengan kisaran harga $30.000 hingga $770.000. Hingga saat ini, meme Doge masih menjadi yang termahal dengan harga jual mencapai $4 juta.

5. Virtual Fashion

Virtual fashion merupakan salah satu bentuk karya seni yang dijual di NFT marketplace. Virtual fashion berbentuk karya seni digital sebuah avatar menggunakan busana unik.

Salah satu virtual fashion yang paling terkenal adalah koleksi musim gugur 2021 yang didesain oleh rumah mode ternama Gucci. Gucci bermitra dengan Christie’s Auction House untuk menjual virtual fashion berjudul “Aria” yang berhasil terjual seharga $25.000.

6. Big Sport Moments

Mungkin terdengar konyol jika cuplikan momen epic sebuah big match olahraga bisa terjual hingga $200.000. Namun itu adalah kenyataan yang terjadi di NFT marketplace.

Pasar NFT tidak menilai sebuah karya seni hanya dari jenisnya saja, tetapi juga keunikannya. Video pendek 10 detik momen epic sebuah pertandingan olahraga yang dinilai unik oleh kolektor NFT bisa terjual hingga ratusan ribu dolar.

7. Collectible Items

Collectible items adalah karya seni digital yang berpotensi menjadi koleksi online. Anda tentu sudah tidak asing dengan Cryptokitties yang sangat populer pada tahun 2017 hingga membuat jaringan Ethereum padat. Cryptokitties merupakan salah satu contoh NFT yang termasuk ke dalam kategori collectible items.

Cryptokitties adalah karya seni digital berupa anak kucing. Anak-anak kucing digital ini memiliki ciri-ciri berbeda yang membuatnya menjadi sangat unik dan populer.

3. NFT Marketplaces

NFT adalah salah satu token yang terdaftar di sistem blockchain dengan produknya berupa karya seni digital. NFT juga memiliki pasarnya sendiri sebagai tempat terjadinya transaksi jual, beli, atau lelang NFT yang disebut dengan NFT marketplace.

NFT marketplace merupakan sebuah platform berbasis jaringan blockchain seperti Ethereum, Binance Smart Chain, dan Solana. Blockchain ini menawarkan platform NFT terdesentralisasi dan semi-desentralisasi. Platform terdesentralisasi juga bisa disebut dengan non-custodial marketplace dan platform semi-desentralisasi juga dikenal dengan custodial marketplace.

1. Non-Custodial Marketplace

Sebagai platfrom terdesentralisasi, non-custodial marketplace adalah platform perdagangan NFT yang menciptakan koneksi langsung antara pengguna dan menjunjung tinggi anonimitas dan otonomi pengguna. Platform ini memberikan kebebasan bagi kreator dan kolektor untuk terhubung langsung dan mengelola aset mereka.

Non-custodial marketplace yang paling populer antara lain yaitu OpenSea dan Rarible yang berjalan di blockchain Ethereum.

2. Custodial Marketplace

Custodial marketplace tidak hanya berperan sebagai penyedia pasar, tetapi juga sebagai perantara. Sebelum aset ditukar, pengguna harus menyetorkan dana mereka ke penyimpanan platform. Itulah mengapa pasar ini disebut pasar semi-terdesentralisasi. Binance dan Nifty Gateaway adalah contoh dari custodial marketplace.

4. Jenis-Jenis NFT Wallet

NFT wallet juga terbagi menjadi dua, yaitu custodial wallet dan non-custodial wallet. Mari kita pahami lebih lanjut kelebihan dan kekurangan kedua jenis NFT wallet ini.

1. Custodial wallet

Wallet jenis ini menyediakan layanan penyimpanan untuk aset dan data sensitif pengguna, termasuk private key. Sehingga pengguna hanya memiliki akses masuk untuk mengirim atau menerima pembayaran. Contohnya seperti Binance Wallet, Blockchain.com, dan Coinbase.

Kelebihan Custodial Wallet

    • Pengguna dapat memulihkan akun dengan meminta informasi dari pihak ketiga, yaitu pihak penyedia wallet.
    • Sebagian besar custodial wallet gratis untuk dibeli dan dihubungkan dengan akun exchange
    • Lebih nyaman digunakan dengan fitur yang bervariasi.

Kekurangan Custodial Wallet

    • Pengguna harus terhubung ke internet untuk mengakses wallet
    • Pihak ketiga mengelola dan menyimpan private key.
    • Pihak ketiga bisa mengakses data sensitif pengguna yang dapat membahayakan aset.
    • Registrasi pengguna dan KYC diperlukan untuk mematuhi regulasi pemerintah, sehingga pengguna tidak bisa bertransaksi anonim.

2. Non-Custodial Wallet

Non-custodial wallet adalah platform wallet yang memberikan semua akses ke pemilik wallet. Pengguna bisa mengelola private key mereka secara independen tanpa campur tangan pihak ketiga. Non-custodial wallet sepenuhnya terdesentralisasi.

Exodus, Trezor,MetaMask, Coinomi, dan Mycelium adalah beberapa contoh non-custodial wallet yang paling populer.

Kelebihan Non-Custodial Wallet

    • Private key disimpan dan dikelola oleh pemiliknya tanpa campur tangan pihak ketiga.
    • Pemilik memiliki kendali penuh atas wallet.
    • Transaksi ditampilkan secara real-time di blockchain.
    • Keamanan yang lebih optimal

Kekurangan Non-Custodial Wallet

    • Private key dikelola secara pribadi oleh pemilik wallet. Jika private key hilang, maka pihak ketiga tidak dapat membantu untuk memulihkan akun. Sangat penting bagi Anda untuk mencatat seed phrase dan mencadangkan dompet.
    • Pemilik wallet bertanggung jawab penuh atas keamanan wallet-nya tanpa bergantung ke pihak ketiga.

5. Mengapa NFT Bisa Terjual hingga Jutaan Dolar?

Illust : Mengapa NFT Bisa Terjual hingga Jutaan Dolar

Mungkin Anda masih bertanya-tanya mengapa NFT bisa terjual hingga jutaan dolar. Itu adalah harga yang sangat fantastis untuk sebuah karya seni digital atau bahkan sebuah cuitan Twitter. Namun jika dilihat lebih jauh, NFT memiliki prospek masa depan yang cerah sehingga mendongkrak harganya.

NFT adalah token unik yang tidak dapat ditukarkan. Sehingga nilai token ini sangat stabil bahkan bisa terjual dengan harga yang lebih dan lebih tinggi lagi. NFT hanya dimiliki oleh satu orang. Ketika Anda membeli sebuah produk NFT, maka Anda bisa menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi, karena NFT  sudah menjadi milik Anda sepenuhnya.

Keunikan dan kelangkaan adalah hal utama yang menjadi peyebab tingginya harga produk NFT. Karya seni digital yang sangat unik dan terjamin orisinil tentu layak untuk dikoleksi dan dibandrol hingga jutaan dolar.

6. Tujuh NFT Termahal di Tahun 2021

NFT berhasil membukakan jalan bagi para seniman dan kreator untuk memasarkan karya seni mereka secara global. Bahkan para kreator berhasil mendapatkan keuntungan yang di luar dugaan mereka berkat NFT. Berikut adalah 7 NFT termahal di tahun 2021.

    1. Everyday’s: The First 5000 Days ($69 juta)
    2. Hashmasks ($16 juta)
    3. CryptoPunks #7804 ($7,5 juta)
    4. Crossroads NFT ($6,6 juta)
    5. Grimes NFT ($6 juta)
    6. World Wide Web Source Code NFT ($5,4 juta)
    7. Doge NFT ($4 juta)

7. Potensi Pasar NFT

Jika menilik lebih jauh tentang potensi NFT di masa depan, maka pasar NFT memiliki prospek yang cukup cerah. NFT bukan hanya sebagai aset, tetapi juga sebagai solusi dari masalah yang dihadapi para kreator seputar biaya promosi yang tinggi dan tingkat pembajakan dan pemalsuan karya yang semakin meningkat.

Sebuah inovasi yang menawarkan solusi dari permasalahan global memiliki kemungkinan sangat besar untuk terus berkembang di masa mendatang. Dunia cryptocurrency semakin terus diminati dan edukasi tentang teknologi blockchain dan berbagai komponennya juga terus digencarkan.

Tingginya harga berbagai karya seni NFT yang berhasil terjual tentu akan semakin menarik minat para seniman dan kreator untuk berpartisipasi di pasar NFT. Sehingga akan semakin banyak karya seni yang terjamin keasliannya dan keunikannya. Berbagai faktor ini akan mendorong kemajuan dan perkembangan pasar NFT di masa mendatang.

Jika anda masih bingung tentang NFT, maka anda berada pada postingan yang tepat. Sistem blockchain merupakan salah satu inovasi di bidang teknologi yang sangat revolusioner. Sistem blockchain memecahkan berbagai masalah global dalam transaksi jual beli. Kehadiran blockchain memungkinkan terjadinya transaksi yang terdesentralisasi, aman, dan independen.

Bukan hanya menjadi solusi finansial, blockchain juga menjadi sarana baru yang sangat “segar” bagi para kreator dan seniman untuk memasarkan karya mereka. NFT adalah token unik yang berjalan di sistem blockchain. NFT menjamin orisinalitas sebuah karya seni yang sangat bervariasi. Karena keunikannya, beberapa NFT populer bahkan bisa terjual hingga jutaan dolar.

Untuk memahami lebih lanjut tentang pasar NFT, mari simak poin-poin penting berikut tentang NFT yang telah kami rangkum untuk Anda.

Baca juga Yang Harus Diketahui Pemula tentang Crypto Wallet

1. Sekilas tentang NFT

NFT merupakan akronim dari non-fungible token, yang berarti token yang tidak bisa ditukarkan. NFT adalah token unik dalam bentuk karya seni digital yang disimpan di digital ledger blockchain sebagai bukti kepemilikan. NFT tidak bisa ditukarkan, tapi NFT memiliki nilai. Namun nilai antara NFT yang satu dengan NFT lainnya tidak sama atau setara. Itulah mengapa token ini memiliki nilai yang sangat unik.

NFT merupakan karya seni digital dalam berbagai bentuk yang mudah direproduksi. Seperti lukisan digital, musik, fotografi, meme, atau tweet. Token unik ini diciptakan oleh para kreator yang ingin memasarkan karya seni mereka secara global.

NFT dijamin keunikannya dan kelangkaannya karena tidak mungkin dimiliki oleh lebih dari satu kolektor. Seorang kreator menjual karya tentang seni mereka, mematokkan harga tertentu, dan memasukkan signature mereka dalam metadata NFT.

Kolektor yang merasa tertarik untuk mengoleksi karya seni digital tersebut harus membayar dengan kripto. Kepemilikan NFT pun akan berubah menjadi milik kolektor dan menjadi hak kolektor untuk menyimpannya atau menjualnya kembali. Seluruh transaksi yang terjadi antara kreator dan kolektor tercatat di sistem blockchain dan tidak dapat diubah oleh siapapun.

2. Jenis-Jenis NFT

Illust : Tentang NFT, Jenis-jenis NFT

NFT merupakan token unik sebagai bukti kepemilikan sebuah karya seni digital. Karya seni digital yang diperjualbelikan di NFT marketplace sangat beragam. Setiap NFT memiliki nilai yang berbeda dengan NFT lainnya. Berikut adalah beberapa jenis tentang karya seni digital yang bisa diperdagangkan di NFT marketplace.

1. Musik

Siapa yang tidak mengenal musik? Jika berbicara tentang karya seni, maka kita tidak akan terlepas dari musik. Musik adalah salah satu karya seni yang hampir disukai oleh semua orang. Dengan peminat yang tinggi dan pasar yang luas, para musisi melakukan eksperimen dengan memasarkan karya mereka di NFT marketplace. Upaya ini juga sangat membantu para musisi untuk menghindari masalah pembajakan karya.

Dengan hadirnya NFT, para musisi juga bisa mendapatkan pendapatan yang setara dengan karya mereka tanpa harus terkena potongan promosi dan berbagai biaya lainnya. NFT juga menjamin keaslian sebuah karya seni musik. NFT musik paling banyak dijual di Rarible dan Mintbase.

Salah satu NFT musik yang tejual mahal adalah “Dream Catcher” karya Steve Aoki, seorang superstar DJ dan produser musik Amerika. Dream Catcher berhasil terjual dengan harga fantastis mencapai $4,25 juta di Nifty Gateway, salah satu NFT marketplace terbesar.

2. Video Game

Mungkin sebagian orang masih tidak tahu bahwa video game adalah salah satu jenis karya seni. Pada kenyataannya, video game bahkan bisa dihargai hingga ratusan bahkan jutaan dolar di NFT marketplace.

NFT video game memungkinkan para pemain untuk ikut andil dalam kepemilikan aset game dengan 3 strategi utama. Yaitu dengan membuat atau membiakkan karakter baru, membeli item digital, atau membuka kunci dan mendapatkan item baru. Gamers dapat mendistribusikan atau menjual aset game yang berhasil didapatkan. Itulah mengapa NFT game disebut sebagai game dengan model play-to-earn.

Salah satu game yang paling terkenal adalah Axie Infinity yang berbasis jaringan Ethereum. Game ini mirip Pokemon dan pemain mengumpulkan hewan peliharaan digital berbasis NFT yang disebut Axies. Salah satu karakter Axie Infinity yang dibandrol hingga 3,000 ETH adalah Angel.

3. Artwork

Artwork adalah salah satu jenis NFT yang paling populer dan paling banyak dipasarkan di NFT marketplace. Artwork bisa berbentuk lukisan digital, GIF, atau video pendek.

Salah satu kreator NFT artwork yang paling fenomenal adalah Beeple. Karyanya yang berjudul “EVERYDAY’S: THE FIRST 5000 DAYS” berhasil terjual dengan harga setara $69 juta. Karya terkenal Beeple lainnya yaitu sebuah video pendek berdurasi 10 detik yang menampilkan Donal Trump tanpa busana sedang tergeletak di tanah. Video pendek ini berjudul “Crossroad” dan terjual dengan harga $6,6 juta.

4. Memes

Jika Anda bisa dengan bebas melihat meme berseliweran di Instagram atau Twitter, maka Anda akan terkejut dengan harga NFT meme. NFT meme bisa dibandrol hingga ratusan ribu hingga jutaan dolar.

Beberapa NFT meme populer antara lain  seperti Nyan Cat, Bad Luck Brian, dan Disaster Girl yang terjual dengan kisaran harga $30.000 hingga $770.000. Hingga saat ini, meme Doge masih menjadi yang termahal dengan harga jual mencapai $4 juta.

5. Virtual Fashion

Virtual fashion merupakan salah satu bentuk karya seni yang dijual di NFT marketplace. Virtual fashion berbentuk karya seni digital sebuah avatar menggunakan busana unik.

Salah satu virtual fashion yang paling terkenal adalah koleksi musim gugur 2021 yang didesain oleh rumah mode ternama Gucci. Gucci bermitra dengan Christie’s Auction House untuk menjual virtual fashion berjudul “Aria” yang berhasil terjual seharga $25.000.

6. Big Sport Moments

Mungkin terdengar konyol jika cuplikan momen epic sebuah big match olahraga bisa terjual hingga $200.000. Namun itu adalah kenyataan yang terjadi di NFT marketplace.

Pasar NFT tidak menilai sebuah karya seni hanya dari jenisnya saja, tetapi juga keunikannya. Video pendek 10 detik momen epic sebuah pertandingan olahraga yang dinilai unik oleh kolektor NFT bisa terjual hingga ratusan ribu dolar.

7. Collectible Items

Collectible items adalah karya seni digital yang berpotensi menjadi koleksi online. Anda tentu sudah tidak asing dengan Cryptokitties yang sangat populer pada tahun 2017 hingga membuat jaringan Ethereum padat. Cryptokitties merupakan salah satu contoh NFT yang termasuk ke dalam kategori collectible items.

Cryptokitties adalah karya seni digital berupa anak kucing. Anak-anak kucing digital ini memiliki ciri-ciri berbeda yang membuatnya menjadi sangat unik dan populer.

3. NFT Marketplaces

NFT adalah salah satu token yang terdaftar di sistem blockchain dengan produknya berupa karya seni digital. NFT juga memiliki pasarnya sendiri sebagai tempat terjadinya transaksi jual, beli, atau lelang NFT yang disebut dengan NFT marketplace.

NFT marketplace merupakan sebuah platform berbasis jaringan blockchain seperti Ethereum, Binance Smart Chain, dan Solana. Blockchain ini menawarkan platform NFT terdesentralisasi dan semi-desentralisasi. Platform terdesentralisasi juga bisa disebut dengan non-custodial marketplace dan platform semi-desentralisasi juga dikenal dengan custodial marketplace.

1. Non-Custodial Marketplace

Sebagai platfrom terdesentralisasi, non-custodial marketplace adalah platform perdagangan NFT yang menciptakan koneksi langsung antara pengguna dan menjunjung tinggi anonimitas dan otonomi pengguna. Platform ini memberikan kebebasan bagi kreator dan kolektor untuk terhubung langsung dan mengelola aset mereka.

Non-custodial marketplace yang paling populer antara lain yaitu OpenSea dan Rarible yang berjalan di blockchain Ethereum.

2. Custodial Marketplace

Custodial marketplace tidak hanya berperan sebagai penyedia pasar, tetapi juga sebagai perantara. Sebelum aset ditukar, pengguna harus menyetorkan dana mereka ke penyimpanan platform. Itulah mengapa pasar ini disebut pasar semi-terdesentralisasi. Binance dan Nifty Gateaway adalah contoh dari custodial marketplace.

4. Jenis-Jenis NFT Wallet

NFT wallet juga terbagi menjadi dua, yaitu custodial wallet dan non-custodial wallet. Mari kita pahami lebih lanjut kelebihan dan kekurangan kedua jenis NFT wallet ini.

1. Custodial wallet

Wallet jenis ini menyediakan layanan penyimpanan untuk aset dan data sensitif pengguna, termasuk private key. Sehingga pengguna hanya memiliki akses masuk untuk mengirim atau menerima pembayaran. Contohnya seperti Binance Wallet, Blockchain.com, dan Coinbase.

Kelebihan Custodial Wallet

    • Pengguna dapat memulihkan akun dengan meminta informasi dari pihak ketiga, yaitu pihak penyedia wallet.
    • Sebagian besar custodial wallet gratis untuk dibeli dan dihubungkan dengan akun exchange
    • Lebih nyaman digunakan dengan fitur yang bervariasi.

Kekurangan Custodial Wallet

    • Pengguna harus terhubung ke internet untuk mengakses wallet
    • Pihak ketiga mengelola dan menyimpan private key.
    • Pihak ketiga bisa mengakses data sensitif pengguna yang dapat membahayakan aset.
    • Registrasi pengguna dan KYC diperlukan untuk mematuhi regulasi pemerintah, sehingga pengguna tidak bisa bertransaksi anonim.

2. Non-Custodial Wallet

Non-custodial wallet adalah platform wallet yang memberikan semua akses ke pemilik wallet. Pengguna bisa mengelola private key mereka secara independen tanpa campur tangan pihak ketiga. Non-custodial wallet sepenuhnya terdesentralisasi.

Exodus, Trezor,MetaMask, Coinomi, dan Mycelium adalah beberapa contoh non-custodial wallet yang paling populer.

Kelebihan Non-Custodial Wallet

    • Private key disimpan dan dikelola oleh pemiliknya tanpa campur tangan pihak ketiga.
    • Pemilik memiliki kendali penuh atas wallet.
    • Transaksi ditampilkan secara real-time di blockchain.
    • Keamanan yang lebih optimal

Kekurangan Non-Custodial Wallet

    • Private key dikelola secara pribadi oleh pemilik wallet. Jika private key hilang, maka pihak ketiga tidak dapat membantu untuk memulihkan akun. Sangat penting bagi Anda untuk mencatat seed phrase dan mencadangkan dompet.
    • Pemilik wallet bertanggung jawab penuh atas keamanan wallet-nya tanpa bergantung ke pihak ketiga.

5. Mengapa NFT Bisa Terjual hingga Jutaan Dolar?

Illust : Mengapa NFT Bisa Terjual hingga Jutaan Dolar

Mungkin Anda masih bertanya-tanya mengapa NFT bisa terjual hingga jutaan dolar. Itu adalah harga yang sangat fantastis untuk sebuah karya seni digital atau bahkan sebuah cuitan Twitter. Namun jika dilihat lebih jauh, NFT memiliki prospek masa depan yang cerah sehingga mendongkrak harganya.

NFT adalah token unik yang tidak dapat ditukarkan. Sehingga nilai token ini sangat stabil bahkan bisa terjual dengan harga yang lebih dan lebih tinggi lagi. NFT hanya dimiliki oleh satu orang. Ketika Anda membeli sebuah produk NFT, maka Anda bisa menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi, karena NFT  sudah menjadi milik Anda sepenuhnya.

Keunikan dan kelangkaan adalah hal utama yang menjadi peyebab tingginya harga produk NFT. Karya seni digital yang sangat unik dan terjamin orisinil tentu layak untuk dikoleksi dan dibandrol hingga jutaan dolar.

6. Tujuh NFT Termahal di Tahun 2021

NFT berhasil membukakan jalan bagi para seniman dan kreator untuk memasarkan karya seni mereka secara global. Bahkan para kreator berhasil mendapatkan keuntungan yang di luar dugaan mereka berkat NFT. Berikut adalah 7 NFT termahal di tahun 2021.

    1. Everyday’s: The First 5000 Days ($69 juta)
    2. Hashmasks ($16 juta)
    3. CryptoPunks #7804 ($7,5 juta)
    4. Crossroads NFT ($6,6 juta)
    5. Grimes NFT ($6 juta)
    6. World Wide Web Source Code NFT ($5,4 juta)
    7. Doge NFT ($4 juta)

7. Potensi Pasar NFT

Jika menilik lebih jauh tentang potensi NFT di masa depan, maka pasar NFT memiliki prospek yang cukup cerah. NFT bukan hanya sebagai aset, tetapi juga sebagai solusi dari masalah yang dihadapi para kreator seputar biaya promosi yang tinggi dan tingkat pembajakan dan pemalsuan karya yang semakin meningkat.

Sebuah inovasi yang menawarkan solusi dari permasalahan global memiliki kemungkinan sangat besar untuk terus berkembang di masa mendatang. Dunia cryptocurrency semakin terus diminati dan edukasi tentang teknologi blockchain dan berbagai komponennya juga terus digencarkan.

Tingginya harga berbagai karya seni NFT yang berhasil terjual tentu akan semakin menarik minat para seniman dan kreator untuk berpartisipasi di pasar NFT. Sehingga akan semakin banyak karya seni yang terjamin keasliannya dan keunikannya. Berbagai faktor ini akan mendorong kemajuan dan perkembangan pasar NFT di masa mendatang.

Berita Lainnya


Tinggalkan Komentar


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here