Fakta-Fakta Seputar Rarible, NFT Marketplace Berbasis Ethereum

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana mungkin karya seni seperti lukisan, fashion, atau fotografi bisa laku terjual hingga jutaan dolar di acara lelang atau pameran seni. Karya-karya tersebut bisa dibandrol dengan harga fantastis bukan hanya karena faktor estetikanya, namun juga karena nilai keunikannya. Namun untuk menggelar sebuah acara lelang atau art exhibition dibutuhkan biaya yang sangat besar.

Teknologi blockchain hadir bukan hanya sebagai solusi finansial dan sistem keuangan dunia. Blockchain juga memberi ruang luas untuk para seniman dalam memasarkan karya mereka secara digital dan global. Para seniman dan kreator bisa menjangkau kolektor dari seluruh belahan dunia dengan sangat mudah tanpa harus membayar biaya yang mahal. Pasar karya digital berbasis blockchain ini disebut dengan pasar NFT (Non-Fungible Token).

NFT adalah token unik sebagai bukti kepemilikan sebuah karya seni dan tidak bisa ditukarkan seperti token atau koin lainnya. Pasar NFT terus berkembang sejak kemunculannya pada tahun 2014. Harga NFT yang terjual juga tidak kalah fantastis dari harga karya seni yang dijual di acara lelang atau pameran. Beberapa NFT legendaris bahkan terjual hingga puluhan juta dolar. Peluang yang lebih besar dan kemudahan yang ditawarkan semakin menarik minat para seniman di seluruh dunia untuk memasarkan karya seni mereka di NFT marketplace.

NFT marketplace adalah platform yang menjadi tempat bertemunya kreator digital dan kolektor/investor NFT. Dari sekian banyaknya NFT marketplace di luar sana, Rarible adalah salah satu platform NFT yang sangat populer. Rarible sering menjadi pilihan para kreator digital untuk memasarkan karya mereka. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang Rarible yang telah kami rangkum untuk Anda.

- Advertisement -

Baca juga Temukan dan Pasarkan NFT Anda di OpenSea, Platfrom NFT Terpopuler hingga Saat Ini

1. Apa Itu Rarible?

Rarible adalah platform NFT yang berjalan di jaringan Ethereum yang menawarkan fitur untuk membuat, membeli, dan menjual NFT. Rarible diluncurkan secara resmi pada tahun 2020. Meskipun masih berusia kurang dari 2 tahun, Rarible sedang mengalami lonjakan pengguna.

Rarible merupakan NFT marketplace yang menyediakan berbagai jenis kategori NFT. Seperti seni, fotografi, games, metaverse, musik, nama domain, dan DeFi. Namun Rarible lebih dikenal sebagai NFT marketplace untuk digital artwork.

Sebagai NFT marketplace yang bersifat open source, Rarible menggunakan protokol Open-source Indexer API dan smart contract. Platform NFT ini bukan hanya terintegrasi dengan Ethereum, tetapi juga dengan Flow, Polkadot, Polygon, Tezos, dan Binance.

2. Cara Kerja Rarible

 

Illust : Cara Kerja Rarible

Rarible menguhubungkan kreator seni yang berperan sebagai produsen dan kolektor/investor yang menjadi konsumen. Rarible menjadi pasar yang menjadi tempat terjadinya transaksi jual beli karya seni digital.

Para seniman atau kreator yang ingin memasarkan karya mereka di Rarible harus mengubah karya mereka menjadi NFT. Kreator harus melakukan proses minting token terlebih dahulu di platfrom Rarible. Sebelum melakukan minting, kreator harus mengisi formulir di situs web dan melampirkan karya mereka dan informasi lainnya seperti daftar harga.

Selanjutnya Rarible akan membuat token baru di blockchain Ethereum. Seperti token lainnya, NFT juga bisa ditransfer antar wallet menggunakan perangkat lunak Rarible. Token ini dimanfaatkan sebagai bukti kepemilikan sebuah karya seni dan menjadi sarana untuk mengakses histori transaksi di blockchain, seperti nama kreator asli dan waktu transaksi.

Untuk memanfaatkan berbagai fitur Rarible, pengguna harus memiliki token Ethereum (ETH)  dan menghubungkannya dengan wallet mereka. Contohnya seperti wallet MetaMask atau WalletLink yang akan menghubungkan pengguna ke layanan minting Rarible. Proses ini mirip seperti OpenSea dan Mintable. Setelah selesai, pengguna sudah bisa mulai membuat NFT mereka sendiri.

3. Token RARI dan DAO

Rarible awalnya diciptakan sebagai platform NFT terpusat atau centralized marketplace. Namun tim Rarible berencana untuk mengubah platform ini menjadi terdesentralisasi secara bertahap. Akhir-akhir ini, platform tersebut telah resmi menjadi DAO (Decentralized Autonomous Organization), yakni dikendalikan secara penuh oleh penggunanya dan diberdayakan oleh blockchain.

DAO menggunakan teknologi blockchain untuk memastikan transparansi dan desentralisasi bagi penggunanya. Sehingga komponen kunci dari sistem ini adalah governance (tata kelola).

Sebagai platform DAO, token RARI berperan sebagai token tata kelola yang dapat digunakan untuk melakukan voting atau partisipasi dalam bentuk apapun. DAO Rarible didefinisikan sebagai platform yang memberikan hak penuh kepada penggunanya untuk memberikan keputusan. Rarible memberikan kebebasan kepada  kolektor dan kreator untuk memilih peningkatan dan memutuskan bagaimana platform harus berkembang.

Selain sebagai token tata kelola, RARI juga digunakan untuk mendapatkan insentif yang disebut dengan marketplace liquidity mining. Pengguna mendapatkan token RARI dengan membeli atau menjual NFT di Rarible dengan tujuan memberikan otonomi kepada DAO Rarible.

Pemberian voting dengan RARI tidak bersifat mengikat, voting ini lebih bersifat seperti saran. Sebagai perusahaan, Rarible tidak harus melaksanakan hasil voting, mereka melakukan peninjauan saran penggunanya sebelum membuat keputusan akhir.

Token RARI diluncurkan pada Juli 2020. Harga RARI terus berfluktuasi antara $10 hingga $13. RARI mencapai ATH di harga $40 dengan rata-rata volume perdagangan sebesar $4 juta selama 24 jam.

4. Lazy Minting

Rarible memperkenalkan fitur baru mereka yaitu ‘Lazy Minting.’ Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat NFT dengan biaya nol dengan tujuan meningkatkan kelestarian lingkungan di platform.

Biasanya NFT disimpan di blockchain segera setelah minting. Dengan fitur Lazy Minting, NFT dicetak pada saat pembelian. Pembelilah yang membayar biaya gas saat membeli sebuah produk NFT. Data akan disimpan pada sistem penyimpanan peer-to-peer yang disebut IPFS.

5. Biaya Rarible

Rarible mematokkan biaya yang lebih mahal dari OpenSea. Raribel mengenakan biaya transaksi sebesar 2,5% untuk penjual dan 2,5% untuk pembeli berdasarkan harga. Total biaya transaksi yang diterima Rarible adalah 5%.

Biaya ini sebenarnya tidak terlalu mahal dibanding dengan platform NFT lain yang mematokkan biaya transaksi hingga 7,5%. Namun OpenSea masih lebih unggul untuk biaya transaksi yang murah dengan mematokkan tarif sebesar 2,5%.

6. Kelebihan dan Kekurangan Rarible

Sebelum menggunakan Rarible, Anda harus mengetahui kelebihan-kelebihan apa yang ditawarkan Rarible dan juga kekurangannya dibanding platform lain. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Rarible yang harus Anda tahu.

Kelebihan Rarible

    • Rarible adalah platform NFT yang sangat lengkap dengan menyediakan berbagai jenis NFT seperti musik, meme, nama domain, fotografi, artwork, dan games.
    • Rarible tidak hanya menawarkan fitur membeli dan menjual NFT, tetapi juga membuatnya.
    • Anda bisa melakukan penawaran untuk harga yang menurut Anda terlalu tinggi.
    • Sistem royalti yang solid yang bisa menjadi sumber passive income untuk kreator.
    • Metode pembayaran yang lebih beragam dibanding OpenSea. Anda bisa membayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, GooglePay, dan wallet ETH.
    • Anda tidak perlu membuat wallet baru jika sudah memiliki wallet Coinbase, MyEtherWallet, Torus, Portis, Wallet Connect, atau Fortmatic.
    • Menghadiahi penjual dan pembeli dengan token RARI yang memberikan pemegang hak untuk melakukan voting.
    • Anggota dapat terhubung dengan komunitas Rarible melalui platform Twitter, Telegram, Instagram, Discord, Youtube, dan Medium.

Kekurangan Rarible

    • Membebankan biaya 2,5% ke penjual dan pembeli.
    • Setoran dan penarikan tidak dapat dilakukan di platform tanpa wallet ETH.
    • Membuat wallet baru dengan Rarible cukup melelahkan.

7. Cara Membuat dan Menjual NFT di Rarible

Illust : Cara Membuat dan Menjual NFT di Rarible
Business photo created by Vectorjuice – www.freepik.com

Jika Anda seorang kreator yang tertarik untuk membuat dan menjual karya Anda di Rarible, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

    1. Buka platform Rarible dan klik tombol “Create” di pojok kanan atas.
    2. Selanjutnya pilih Single Collectible atau Multiple Collectible. Jika Anda hanya ingin membuat satu salinan dan hanya menjualnya kepada satu orang, maka pilih Single Collectible. Namun jika Anda ingin menjual banyak salinan seni kepada banyak orang, maka pilih Multiple Collectibles.
    3. Selanjutnya unggah karya Anda yang ingin dijadikan NFT dan isi informasi yang ingin Anda cantumkan. Jika Anda ingin menjual dengan harga bidding, maka geser toggle Put On Sale.
    4. Jika semua proses sudah selesai, karya Anda siap dipasarkan dengan klik tombol “Create Item”.

8. Cara Membeli NFT di Rarible

Anda bisa membeli produk NFT di Rarible dengan sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut untuk bisa mendapatkan NFT yang Anda inginkan di Rarible.

    1. Kunjungi situs web resmi Rarible di rarible.com.
    2. Selanjutnya temukan NFT yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mempersingkat waktu, Anda bisa memfilter pencarian dengan memilih salah satu dari kategori creator, collectable, atau collection. Anda bisa melihat NFT lebih spesifik dengan memilih salah satu dari kategori tersebut.
    3. Kemudian klik NFT yang ingin Anda beli. Ada dua opsi untuk langkah ini. Pertama Anda bisa langsung membeli token dan opsi kedua Anda bisa mengajukan tawaran.
    4. Selanjutnya Anda akan diminta untuk menguhubungkan wallet Anda sebelum melakukan pembayaran. Anda harus menghubungkan wallet ETH, contohnya MetaMask.
    5. Cukup klik “Proceed to Payment” untuk membayar NFT dan selesai.

9. NFT Populer di Rarible

Rarible menyediakan berbagai jenis NFT yang sangat unik dan menarik. Berikut adalah beberapa NFT yang sedang menjadi trending topic di Rarible yang bisa menjadi koleksi baru Anda.

    1. “Rare” Robot (8,5 ETH)
    2. Women Rise (2 ETH)
    3. Willful Wizard (4 WETH)
    4. BoredApeKennelClub #7807 (3,8 ETH)
    5. BoredApeKennelClub #2433 (3,3 ETH)
    6. Rare land! on a major junction (12 ETH)
    7. NEAREST to Famous Singer JJ Lin (10 ETH)

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana mungkin karya seni seperti lukisan, fashion, atau fotografi bisa laku terjual hingga jutaan dolar di acara lelang atau pameran seni. Karya-karya tersebut bisa dibandrol dengan harga fantastis bukan hanya karena faktor estetikanya, namun juga karena nilai keunikannya. Namun untuk menggelar sebuah acara lelang atau art exhibition dibutuhkan biaya yang sangat besar.

Teknologi blockchain hadir bukan hanya sebagai solusi finansial dan sistem keuangan dunia. Blockchain juga memberi ruang luas untuk para seniman dalam memasarkan karya mereka secara digital dan global. Para seniman dan kreator bisa menjangkau kolektor dari seluruh belahan dunia dengan sangat mudah tanpa harus membayar biaya yang mahal. Pasar karya digital berbasis blockchain ini disebut dengan pasar NFT (Non-Fungible Token).

NFT adalah token unik sebagai bukti kepemilikan sebuah karya seni dan tidak bisa ditukarkan seperti token atau koin lainnya. Pasar NFT terus berkembang sejak kemunculannya pada tahun 2014. Harga NFT yang terjual juga tidak kalah fantastis dari harga karya seni yang dijual di acara lelang atau pameran. Beberapa NFT legendaris bahkan terjual hingga puluhan juta dolar. Peluang yang lebih besar dan kemudahan yang ditawarkan semakin menarik minat para seniman di seluruh dunia untuk memasarkan karya seni mereka di NFT marketplace.

NFT marketplace adalah platform yang menjadi tempat bertemunya kreator digital dan kolektor/investor NFT. Dari sekian banyaknya NFT marketplace di luar sana, Rarible adalah salah satu platform NFT yang sangat populer. Rarible sering menjadi pilihan para kreator digital untuk memasarkan karya mereka. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang Rarible yang telah kami rangkum untuk Anda.

Baca juga Temukan dan Pasarkan NFT Anda di OpenSea, Platfrom NFT Terpopuler hingga Saat Ini

1. Apa Itu Rarible?

Rarible adalah platform NFT yang berjalan di jaringan Ethereum yang menawarkan fitur untuk membuat, membeli, dan menjual NFT. Rarible diluncurkan secara resmi pada tahun 2020. Meskipun masih berusia kurang dari 2 tahun, Rarible sedang mengalami lonjakan pengguna.

Rarible merupakan NFT marketplace yang menyediakan berbagai jenis kategori NFT. Seperti seni, fotografi, games, metaverse, musik, nama domain, dan DeFi. Namun Rarible lebih dikenal sebagai NFT marketplace untuk digital artwork.

Sebagai NFT marketplace yang bersifat open source, Rarible menggunakan protokol Open-source Indexer API dan smart contract. Platform NFT ini bukan hanya terintegrasi dengan Ethereum, tetapi juga dengan Flow, Polkadot, Polygon, Tezos, dan Binance.

2. Cara Kerja Rarible

 

Illust : Cara Kerja Rarible

Rarible menguhubungkan kreator seni yang berperan sebagai produsen dan kolektor/investor yang menjadi konsumen. Rarible menjadi pasar yang menjadi tempat terjadinya transaksi jual beli karya seni digital.

Para seniman atau kreator yang ingin memasarkan karya mereka di Rarible harus mengubah karya mereka menjadi NFT. Kreator harus melakukan proses minting token terlebih dahulu di platfrom Rarible. Sebelum melakukan minting, kreator harus mengisi formulir di situs web dan melampirkan karya mereka dan informasi lainnya seperti daftar harga.

Selanjutnya Rarible akan membuat token baru di blockchain Ethereum. Seperti token lainnya, NFT juga bisa ditransfer antar wallet menggunakan perangkat lunak Rarible. Token ini dimanfaatkan sebagai bukti kepemilikan sebuah karya seni dan menjadi sarana untuk mengakses histori transaksi di blockchain, seperti nama kreator asli dan waktu transaksi.

Untuk memanfaatkan berbagai fitur Rarible, pengguna harus memiliki token Ethereum (ETH)  dan menghubungkannya dengan wallet mereka. Contohnya seperti wallet MetaMask atau WalletLink yang akan menghubungkan pengguna ke layanan minting Rarible. Proses ini mirip seperti OpenSea dan Mintable. Setelah selesai, pengguna sudah bisa mulai membuat NFT mereka sendiri.

3. Token RARI dan DAO

Rarible awalnya diciptakan sebagai platform NFT terpusat atau centralized marketplace. Namun tim Rarible berencana untuk mengubah platform ini menjadi terdesentralisasi secara bertahap. Akhir-akhir ini, platform tersebut telah resmi menjadi DAO (Decentralized Autonomous Organization), yakni dikendalikan secara penuh oleh penggunanya dan diberdayakan oleh blockchain.

DAO menggunakan teknologi blockchain untuk memastikan transparansi dan desentralisasi bagi penggunanya. Sehingga komponen kunci dari sistem ini adalah governance (tata kelola).

Sebagai platform DAO, token RARI berperan sebagai token tata kelola yang dapat digunakan untuk melakukan voting atau partisipasi dalam bentuk apapun. DAO Rarible didefinisikan sebagai platform yang memberikan hak penuh kepada penggunanya untuk memberikan keputusan. Rarible memberikan kebebasan kepada  kolektor dan kreator untuk memilih peningkatan dan memutuskan bagaimana platform harus berkembang.

Selain sebagai token tata kelola, RARI juga digunakan untuk mendapatkan insentif yang disebut dengan marketplace liquidity mining. Pengguna mendapatkan token RARI dengan membeli atau menjual NFT di Rarible dengan tujuan memberikan otonomi kepada DAO Rarible.

Pemberian voting dengan RARI tidak bersifat mengikat, voting ini lebih bersifat seperti saran. Sebagai perusahaan, Rarible tidak harus melaksanakan hasil voting, mereka melakukan peninjauan saran penggunanya sebelum membuat keputusan akhir.

Token RARI diluncurkan pada Juli 2020. Harga RARI terus berfluktuasi antara $10 hingga $13. RARI mencapai ATH di harga $40 dengan rata-rata volume perdagangan sebesar $4 juta selama 24 jam.

4. Lazy Minting

Rarible memperkenalkan fitur baru mereka yaitu ‘Lazy Minting.’ Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat NFT dengan biaya nol dengan tujuan meningkatkan kelestarian lingkungan di platform.

Biasanya NFT disimpan di blockchain segera setelah minting. Dengan fitur Lazy Minting, NFT dicetak pada saat pembelian. Pembelilah yang membayar biaya gas saat membeli sebuah produk NFT. Data akan disimpan pada sistem penyimpanan peer-to-peer yang disebut IPFS.

5. Biaya Rarible

Rarible mematokkan biaya yang lebih mahal dari OpenSea. Raribel mengenakan biaya transaksi sebesar 2,5% untuk penjual dan 2,5% untuk pembeli berdasarkan harga. Total biaya transaksi yang diterima Rarible adalah 5%.

Biaya ini sebenarnya tidak terlalu mahal dibanding dengan platform NFT lain yang mematokkan biaya transaksi hingga 7,5%. Namun OpenSea masih lebih unggul untuk biaya transaksi yang murah dengan mematokkan tarif sebesar 2,5%.

6. Kelebihan dan Kekurangan Rarible

Sebelum menggunakan Rarible, Anda harus mengetahui kelebihan-kelebihan apa yang ditawarkan Rarible dan juga kekurangannya dibanding platform lain. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Rarible yang harus Anda tahu.

Kelebihan Rarible

    • Rarible adalah platform NFT yang sangat lengkap dengan menyediakan berbagai jenis NFT seperti musik, meme, nama domain, fotografi, artwork, dan games.
    • Rarible tidak hanya menawarkan fitur membeli dan menjual NFT, tetapi juga membuatnya.
    • Anda bisa melakukan penawaran untuk harga yang menurut Anda terlalu tinggi.
    • Sistem royalti yang solid yang bisa menjadi sumber passive income untuk kreator.
    • Metode pembayaran yang lebih beragam dibanding OpenSea. Anda bisa membayar menggunakan kartu kredit, kartu debit, GooglePay, dan wallet ETH.
    • Anda tidak perlu membuat wallet baru jika sudah memiliki wallet Coinbase, MyEtherWallet, Torus, Portis, Wallet Connect, atau Fortmatic.
    • Menghadiahi penjual dan pembeli dengan token RARI yang memberikan pemegang hak untuk melakukan voting.
    • Anggota dapat terhubung dengan komunitas Rarible melalui platform Twitter, Telegram, Instagram, Discord, Youtube, dan Medium.

Kekurangan Rarible

    • Membebankan biaya 2,5% ke penjual dan pembeli.
    • Setoran dan penarikan tidak dapat dilakukan di platform tanpa wallet ETH.
    • Membuat wallet baru dengan Rarible cukup melelahkan.

7. Cara Membuat dan Menjual NFT di Rarible

Illust : Cara Membuat dan Menjual NFT di Rarible
Business photo created by Vectorjuice – www.freepik.com

Jika Anda seorang kreator yang tertarik untuk membuat dan menjual karya Anda di Rarible, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

    1. Buka platform Rarible dan klik tombol “Create” di pojok kanan atas.
    2. Selanjutnya pilih Single Collectible atau Multiple Collectible. Jika Anda hanya ingin membuat satu salinan dan hanya menjualnya kepada satu orang, maka pilih Single Collectible. Namun jika Anda ingin menjual banyak salinan seni kepada banyak orang, maka pilih Multiple Collectibles.
    3. Selanjutnya unggah karya Anda yang ingin dijadikan NFT dan isi informasi yang ingin Anda cantumkan. Jika Anda ingin menjual dengan harga bidding, maka geser toggle Put On Sale.
    4. Jika semua proses sudah selesai, karya Anda siap dipasarkan dengan klik tombol “Create Item”.

8. Cara Membeli NFT di Rarible

Anda bisa membeli produk NFT di Rarible dengan sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut untuk bisa mendapatkan NFT yang Anda inginkan di Rarible.

    1. Kunjungi situs web resmi Rarible di rarible.com.
    2. Selanjutnya temukan NFT yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mempersingkat waktu, Anda bisa memfilter pencarian dengan memilih salah satu dari kategori creator, collectable, atau collection. Anda bisa melihat NFT lebih spesifik dengan memilih salah satu dari kategori tersebut.
    3. Kemudian klik NFT yang ingin Anda beli. Ada dua opsi untuk langkah ini. Pertama Anda bisa langsung membeli token dan opsi kedua Anda bisa mengajukan tawaran.
    4. Selanjutnya Anda akan diminta untuk menguhubungkan wallet Anda sebelum melakukan pembayaran. Anda harus menghubungkan wallet ETH, contohnya MetaMask.
    5. Cukup klik “Proceed to Payment” untuk membayar NFT dan selesai.

9. NFT Populer di Rarible

Rarible menyediakan berbagai jenis NFT yang sangat unik dan menarik. Berikut adalah beberapa NFT yang sedang menjadi trending topic di Rarible yang bisa menjadi koleksi baru Anda.

    1. “Rare” Robot (8,5 ETH)
    2. Women Rise (2 ETH)
    3. Willful Wizard (4 WETH)
    4. BoredApeKennelClub #7807 (3,8 ETH)
    5. BoredApeKennelClub #2433 (3,3 ETH)
    6. Rare land! on a major junction (12 ETH)
    7. NEAREST to Famous Singer JJ Lin (10 ETH)

Berita Lainnya


Tinggalkan Komentar


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here