Temukan NFT Ikonik Momen-Momen NBA di NBA Top Shot, Platform NFT Pilihan NBA Fans

NFT (Non-Fungible Token) adalah cara baru bagi para seniman dan kreator digital untuk memasarkan karya mereka ke seluruh dunia dengan memanfaatkan teknologi blockchain. Sistem blockchain menghasilkan NFT, yaitu token unik yang tidak bisa ditukarkan. NFT merupakan bukti kepemilikan sebuah karya seni digital.

Kreator menciptakan karya seni yang mudah direproduksi seperti artwork, musik, film, video pendek, meme, nama domain, atau trading card dan dipasarkan di NFT marketplace dengan berbagai metode penjualan yang ditawarkan. Bukan hanya karya seni biasa, inovasi di dunia NFT muncul dengan memanfaatkan momen-momen olahraga basket para pemain NBA.

Momen-momen spesial, unik, dan ikonik NBA diabadikan menjadi cuplikan pendek dan diperdagangkan di NFT marketplace NBA Top Shot. Platform NFT ini adalah salah satu yang terunik dengan berfokus pada perdagangan NFT momen-momen NBA.

Jika Anda seorang NBA lover dan merasa tertarik dengan NBA Top Shot, yuk baca poin-poin berikut yang telah kami rangkum untuk menambah pengetahuan Anda.

- Advertisement -

Baca juga Jual Beli NFT di SuperRare, Platfrom NFT dengan Teknologi Smart Contract Ethereum

1. Apa Itu NBA Top Shot?

NBA Top Shot adalah platform NFT marketplace berbasis blockchain Dapper Labs yang didirikan pada Juli 2019. Platform NFT ini adalah hasil kolaborasi antara National Basketball Association (NBA), NBA Players Association, dan Dapper Labs. Dapper Labs adalah perusahaan blockchain ternama yang juga mendirikan CryptoKitties, game berbasis blockchain paling terkenal.

NBA Top Shot memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk membeli ataupun menjual sorotan video NBA sebagai koleksi digital unik yang dapat dimiliki penggemar selamanya. Dengan berkolaborasi langsung dengan NBA, seluruh sorotan Top Shot dilisensikan oleh NBA sendiri. NBA Top Shot sangat mudah digunakan bahkan untuk pengguna non-crypto.

Sorotan video NBA yang diperjualbelikan di platform berfungsi layaknya trading card. Namun tidak seperti kartu berbentuk kertas, koleksi NBA Top Shot dikenal dengan sebutan “momen.” Yaitu klip video tokenized digital yang dibuat dan diterbitkan sebagai NFT di blockchain.

2. Cara Kerja Platform NFT NBA Top Shot

Illust : Cara Kerja NBA Top Shot
Sumber Asset : Office vector created by stories – www.freepik.com

NBA Top Shot merupakan pasar NFT yang memberikan akses bagi penggunanya untuk menjual, membeli, atau mengumpulkan sorotan digital pemain NBA yang disebut “momen.” Momen yang diibaratkan seperti trading card ini menjadi koleksi digital yang disimpan di online wallet.

Momen-momen yang diperjualbelikan tersedia dengan rentang ketersediaan dan dipasarkan di situs resmi Top Shot. Ketika Anda mengklik paket yang Anda inginkan, Anda akan ditempatkan di antrian sesuai kecepatan Anda mengklik paket tersebut.

Antrian biasanya terisi hanya dalam beberapa detik. Pengguna pertama akan dilayani lebih dulu pula. Setelah paket terjual habis, pengguna hanya dapat membeli dan menjual momen di peer-to-peer marketplace. Karena momen yang diperdagangkan merupakan edisi terbatas.

Setiap momen memiliki jumlah salinan yang spesifik, dengan nomor serinya masing-masing. Semakin rendah nomor seri, maka semakin berharga momen tersebut. Misalnya sorotan dunk LeBron James dengan nomor seri satu digit bisa bernilai hingga ratusan ribu dolar. Sedangkan 3 pointer Danny Green dengan nomor seri ribuan hanya bernilai beberapa dolar saja.

Nilai sebuah momen juga bisa dipengaruhi oleh popularitas pemain. Momen yang menampilkan All-Stars biasanya memiliki nilai yang paling berharga.

3. Jenis-Jenis Penjualan NFT yang Tersedia

NBA Top Shot secara ekskluif menyediakan NFT khusus NBA Top Shot. NBA Top Shot menyediakan penjualan NFT dalam 4 jenis berikut.

  • Packs

Packs adalah kumpulan momen acak yang dibeli pengguna dengan harga yang diiklankan langsung oleh NBA Top Shot. Karena berbentuk packs, Anda tidak akan tahu momen apa yang Anda dapatkan hingga Anda membuka paketnya. Opsi ini mirip seperti lottery.

  • Sets

Sets adalah koleksi Top Shot yang mirip dengan deck dalam trading card. Misalnya set Throwdowns yang terdiri dari 20 dunk paling ikonik dalam sejarah bola basket.

  • Tiers

Opsi ini memuat 4 tingkatan koleksi NFT berdasarkan kelangkaannya yang akan dijelaskan lebih lengkap di poin selanjutnya. 4 tingkatan kelangkaan momen yaitu common (umum), rare (langka), legendary (legendaris), dan ultimate (pamungkas).

  • Serial Number

Salah satu komponen yang paling penting untuk dipertimbangkan saat membeli momen adalah nomor seri yang mempengaruhi nilai sebuah NFT. Setiap NFT Top Shot memiliki nomor seri unik yang ditautkan untuk membedakannya dengan NFT lainnya yang memuat sorotan yang sama.

Nomor seri yang rendah akan dihargai lebih tinggi, namun itu tidak selalu terjadi. Misalnya Top Shot Kevin Durant yang memiliki nomor seri 7 akan dihargai lebih tinggi daripada seri 2 atau 1. Karena 7 adalah nomor punggung Durant.

Momen terkait Kobe Bryant dengan nomor seri simbolis juga sangat diincar. Misalnya nomor punggung atau tanggal kematiannya.

4. Tingkat Skala Kelangkaan

Illust : Tingkat Skala Kelangkaan
Sumber Asset : Step By Step Vectors by Vecteezy

Jenis penjualan NFT di Top Shot berdasarkan skala kelangkaan terbagi menjadi 4, yaitu common, rare, legendary, dan ultimate. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang skala kelangkaan (rarity scale) NFT di NBA Top Shot.

  • Common

Tingkatan yang paling rendah yaitu common. Tingkatan ini memiliki lebih dari 1.000 salinan digital yang dapat dibeli di Common Packs (paket umum) dengan kisaran harga mulai dari $9.

  • Rare

Rare memilki 150-999 salinan digital yang dapat ditemukan dalam Rare Packs dengan harga mulai dari $22. Misalnya seperti paket yang berisi 7 momen common dan 1 momen rare.

  • Legendary

Tingkat ini bisa Anda dapatkan di Legendary Packs dengan 25-99 salinan. Harga dibandrol mulai dari $230. Contohnya yaitu Top Shot dengan 6 momen common, 3 momen rare, dan 1 momen legendary.

  • Ultimate

Tingkatan ini terbagi menjadi dua jenis tingkatan, yaitu Platinum Ultimate dan Genesis Ultimate.

Platinum Ultimate memiliki 3 salinan digital yang hanya tersedia di sistem auctions (lelang). Sedangkan Genesis Ultimate adalah yang paling langka dengan memiliki hanya 1 salinan digital. Jenis ini juga hanya tersedia di sistem lelang.

5. Biaya Platform NFT NBA Top Shot

Biaya yang ditarifkan NBA Top Shot untuk penjual dan pembeli berbeda. Biaya pembeli yaitu 5,2632% dari harga pembelian. Jika menggunakan kartu kredit, maka akan dikenakan  biaya tambahan tetap sebesar $0,30.

Sedangkan biaya yang dipatokkan untuk penjual yaitu 5% untuk setiap penjualan. Misalnya jika Anda menjual momen seharga $100, maka Anda akan menerima $95 di wallet Anda.

Platform NBA Top Shot tidak mengenakan biaya apapun untuk listing dan delisting momen.

6. Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang beragam adalah salah satu kelebihan NBA Top Shot. Tidak seperti platform lainnya yang hanya memungkinkan pembayaran dengan kripto, Top Shot memberikan kebebasan untuk membeli NFT dengan USD melalui kartu kredit dan debit.

Namun jika Anda lebih memilih untuk membeli dengan mata uang kripto, Anda bisa mengisi ulang wallet Dapper Anda dengan Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Bitcoin Cash (BCH), USD Coin (USDC), dan DAI. Anda juga bisa membayar langsung dengan FLOW, yaitu aset digital asli blockchain Flow.

7. Kelebihan dan Kekurangan NBA Top Shot

Sebelum menjual atau membeli NFT di NBA Top Shot, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan NBA Top Shot.

Kelebihan NBA Top Shot

    • Platform yang sangat mudah digunakan. Top Shot memadukan teknologi blockchain dengan sistem perdagangan standar di ekosistemnya. Sehingga pembelian, penjualan, dan perdagangan di platform bisa dengan mudah dimengerti dan dioperasikan pengguna, bahkan pengguna non-crypto.
    • Menyediakan sistem pembayaran dengan USD melalui kartu debit atau kredit online. Jika Anda tidak memiliki kripto, Anda bisa membeli NFT dengan kartu debit atau kredit. Metode ini sangat ideal bagi pengguna non-crypto.
    • Minim risiko. Anda hanya dapat memperoleh NFT marketplace resmi NBA TopShot, sehingga risiko penipuan atau pemalsuan sangat minim. Mungkin beberapa kreator menjual NFT dengan harga yang lebih mahal, namun karya tersebut terjamin otentik dan transparan.
    • Tidak bisa rusak. NFT berbentuk digital sehingga tidak bisa rusak. Kolektor juga bisa menyimpan NFT selama-lamanya dan meneruskannya ke generasi mendatang selama blockchain Flow masih ada.
    • Blockchain yang inovatif. Blockchain Flow dirancang untuk menjalankan DApps, game, dan koleksi lainnya sehingga transfer momen antar pengguna lebih cepat dan mudah.

Kekurangan NBA Top Shot

    • Poin ini menjamin keaslian dan keunikan NFT, namun juga bisa menjadi kekurangan karena NFT hanya dapat diperdagangkan di paltform NBA Top Shot. Anda tidak bisa memperjualbelikannya kembali di OpenSea, Rarible, atau paltform NFT lain.
    • Blockchain Flow tidak sebesar Ethereum.

8. Cara Menjual NFT di NBA Top Shot

Bagi Anda yang berminat untuk menjadi kreator NFT di NBA Top Shop, berikut adalah langkah-langkah sederhana yang harus Anda lakukan.

    1. Buat akun di website resmi NBA Top Shot.
    2. Buka halaman momen Anda.
    3. Pilih momen mana yang ingin Anda jual dan klik momen tersebut.
    4. Klik “Place for Sale”.

9. Cara Membeli NFT di Platform NBA Top Shot

NBA Top Shot sangat populer di kalangan pecinta NBA sejak awal 2021. Jika Anda berniat memiliki koleksi NFT unik pemain NBA, lakukan langkah-langkah berikut untuk membeli NFT di platform tersebut.

    1. Daftarkan akun Anda di website resmi NBA Top Shot dengan memasukkan detail kontak.
    2. Simpan kode pemulihan Anda dan pilih tim favorit Anda.
    3. Mulai pilih dan beli paket Anda dengan cepat di platform sebelum kehabisan.
    4. Beli momen di marketplace. Jika Anda tidak kebagian momen di platform, Anda bisa membeli momen di pasar peer-to-peer dan membelinya dari pengguna lain.
    5. Cari momen yang Anda inginkan.
    6. Klik “Choose and Buy”.
    7. Lakukan pembayaran dengan USD melalui kartu debit dan kredit atau kripto melalui crypto wallet.

NFT (Non-Fungible Token) adalah cara baru bagi para seniman dan kreator digital untuk memasarkan karya mereka ke seluruh dunia dengan memanfaatkan teknologi blockchain. Sistem blockchain menghasilkan NFT, yaitu token unik yang tidak bisa ditukarkan. NFT merupakan bukti kepemilikan sebuah karya seni digital.

Kreator menciptakan karya seni yang mudah direproduksi seperti artwork, musik, film, video pendek, meme, nama domain, atau trading card dan dipasarkan di NFT marketplace dengan berbagai metode penjualan yang ditawarkan. Bukan hanya karya seni biasa, inovasi di dunia NFT muncul dengan memanfaatkan momen-momen olahraga basket para pemain NBA.

Momen-momen spesial, unik, dan ikonik NBA diabadikan menjadi cuplikan pendek dan diperdagangkan di NFT marketplace NBA Top Shot. Platform NFT ini adalah salah satu yang terunik dengan berfokus pada perdagangan NFT momen-momen NBA.

Jika Anda seorang NBA lover dan merasa tertarik dengan NBA Top Shot, yuk baca poin-poin berikut yang telah kami rangkum untuk menambah pengetahuan Anda.

Baca juga Jual Beli NFT di SuperRare, Platfrom NFT dengan Teknologi Smart Contract Ethereum

1. Apa Itu NBA Top Shot?

NBA Top Shot adalah platform NFT marketplace berbasis blockchain Dapper Labs yang didirikan pada Juli 2019. Platform NFT ini adalah hasil kolaborasi antara National Basketball Association (NBA), NBA Players Association, dan Dapper Labs. Dapper Labs adalah perusahaan blockchain ternama yang juga mendirikan CryptoKitties, game berbasis blockchain paling terkenal.

NBA Top Shot memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk membeli ataupun menjual sorotan video NBA sebagai koleksi digital unik yang dapat dimiliki penggemar selamanya. Dengan berkolaborasi langsung dengan NBA, seluruh sorotan Top Shot dilisensikan oleh NBA sendiri. NBA Top Shot sangat mudah digunakan bahkan untuk pengguna non-crypto.

Sorotan video NBA yang diperjualbelikan di platform berfungsi layaknya trading card. Namun tidak seperti kartu berbentuk kertas, koleksi NBA Top Shot dikenal dengan sebutan “momen.” Yaitu klip video tokenized digital yang dibuat dan diterbitkan sebagai NFT di blockchain.

2. Cara Kerja Platform NFT NBA Top Shot

Illust : Cara Kerja NBA Top Shot
Sumber Asset : Office vector created by stories – www.freepik.com

NBA Top Shot merupakan pasar NFT yang memberikan akses bagi penggunanya untuk menjual, membeli, atau mengumpulkan sorotan digital pemain NBA yang disebut “momen.” Momen yang diibaratkan seperti trading card ini menjadi koleksi digital yang disimpan di online wallet.

Momen-momen yang diperjualbelikan tersedia dengan rentang ketersediaan dan dipasarkan di situs resmi Top Shot. Ketika Anda mengklik paket yang Anda inginkan, Anda akan ditempatkan di antrian sesuai kecepatan Anda mengklik paket tersebut.

Antrian biasanya terisi hanya dalam beberapa detik. Pengguna pertama akan dilayani lebih dulu pula. Setelah paket terjual habis, pengguna hanya dapat membeli dan menjual momen di peer-to-peer marketplace. Karena momen yang diperdagangkan merupakan edisi terbatas.

Setiap momen memiliki jumlah salinan yang spesifik, dengan nomor serinya masing-masing. Semakin rendah nomor seri, maka semakin berharga momen tersebut. Misalnya sorotan dunk LeBron James dengan nomor seri satu digit bisa bernilai hingga ratusan ribu dolar. Sedangkan 3 pointer Danny Green dengan nomor seri ribuan hanya bernilai beberapa dolar saja.

Nilai sebuah momen juga bisa dipengaruhi oleh popularitas pemain. Momen yang menampilkan All-Stars biasanya memiliki nilai yang paling berharga.

3. Jenis-Jenis Penjualan NFT yang Tersedia

NBA Top Shot secara ekskluif menyediakan NFT khusus NBA Top Shot. NBA Top Shot menyediakan penjualan NFT dalam 4 jenis berikut.

  • Packs

Packs adalah kumpulan momen acak yang dibeli pengguna dengan harga yang diiklankan langsung oleh NBA Top Shot. Karena berbentuk packs, Anda tidak akan tahu momen apa yang Anda dapatkan hingga Anda membuka paketnya. Opsi ini mirip seperti lottery.

  • Sets

Sets adalah koleksi Top Shot yang mirip dengan deck dalam trading card. Misalnya set Throwdowns yang terdiri dari 20 dunk paling ikonik dalam sejarah bola basket.

  • Tiers

Opsi ini memuat 4 tingkatan koleksi NFT berdasarkan kelangkaannya yang akan dijelaskan lebih lengkap di poin selanjutnya. 4 tingkatan kelangkaan momen yaitu common (umum), rare (langka), legendary (legendaris), dan ultimate (pamungkas).

  • Serial Number

Salah satu komponen yang paling penting untuk dipertimbangkan saat membeli momen adalah nomor seri yang mempengaruhi nilai sebuah NFT. Setiap NFT Top Shot memiliki nomor seri unik yang ditautkan untuk membedakannya dengan NFT lainnya yang memuat sorotan yang sama.

Nomor seri yang rendah akan dihargai lebih tinggi, namun itu tidak selalu terjadi. Misalnya Top Shot Kevin Durant yang memiliki nomor seri 7 akan dihargai lebih tinggi daripada seri 2 atau 1. Karena 7 adalah nomor punggung Durant.

Momen terkait Kobe Bryant dengan nomor seri simbolis juga sangat diincar. Misalnya nomor punggung atau tanggal kematiannya.

4. Tingkat Skala Kelangkaan

Illust : Tingkat Skala Kelangkaan
Sumber Asset : Step By Step Vectors by Vecteezy

Jenis penjualan NFT di Top Shot berdasarkan skala kelangkaan terbagi menjadi 4, yaitu common, rare, legendary, dan ultimate. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang skala kelangkaan (rarity scale) NFT di NBA Top Shot.

  • Common

Tingkatan yang paling rendah yaitu common. Tingkatan ini memiliki lebih dari 1.000 salinan digital yang dapat dibeli di Common Packs (paket umum) dengan kisaran harga mulai dari $9.

  • Rare

Rare memilki 150-999 salinan digital yang dapat ditemukan dalam Rare Packs dengan harga mulai dari $22. Misalnya seperti paket yang berisi 7 momen common dan 1 momen rare.

  • Legendary

Tingkat ini bisa Anda dapatkan di Legendary Packs dengan 25-99 salinan. Harga dibandrol mulai dari $230. Contohnya yaitu Top Shot dengan 6 momen common, 3 momen rare, dan 1 momen legendary.

  • Ultimate

Tingkatan ini terbagi menjadi dua jenis tingkatan, yaitu Platinum Ultimate dan Genesis Ultimate.

Platinum Ultimate memiliki 3 salinan digital yang hanya tersedia di sistem auctions (lelang). Sedangkan Genesis Ultimate adalah yang paling langka dengan memiliki hanya 1 salinan digital. Jenis ini juga hanya tersedia di sistem lelang.

5. Biaya Platform NFT NBA Top Shot

Biaya yang ditarifkan NBA Top Shot untuk penjual dan pembeli berbeda. Biaya pembeli yaitu 5,2632% dari harga pembelian. Jika menggunakan kartu kredit, maka akan dikenakan  biaya tambahan tetap sebesar $0,30.

Sedangkan biaya yang dipatokkan untuk penjual yaitu 5% untuk setiap penjualan. Misalnya jika Anda menjual momen seharga $100, maka Anda akan menerima $95 di wallet Anda.

Platform NBA Top Shot tidak mengenakan biaya apapun untuk listing dan delisting momen.

6. Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang beragam adalah salah satu kelebihan NBA Top Shot. Tidak seperti platform lainnya yang hanya memungkinkan pembayaran dengan kripto, Top Shot memberikan kebebasan untuk membeli NFT dengan USD melalui kartu kredit dan debit.

Namun jika Anda lebih memilih untuk membeli dengan mata uang kripto, Anda bisa mengisi ulang wallet Dapper Anda dengan Bitcoin (BTC), Ether (ETH), Bitcoin Cash (BCH), USD Coin (USDC), dan DAI. Anda juga bisa membayar langsung dengan FLOW, yaitu aset digital asli blockchain Flow.

7. Kelebihan dan Kekurangan NBA Top Shot

Sebelum menjual atau membeli NFT di NBA Top Shot, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan NBA Top Shot.

Kelebihan NBA Top Shot

    • Platform yang sangat mudah digunakan. Top Shot memadukan teknologi blockchain dengan sistem perdagangan standar di ekosistemnya. Sehingga pembelian, penjualan, dan perdagangan di platform bisa dengan mudah dimengerti dan dioperasikan pengguna, bahkan pengguna non-crypto.
    • Menyediakan sistem pembayaran dengan USD melalui kartu debit atau kredit online. Jika Anda tidak memiliki kripto, Anda bisa membeli NFT dengan kartu debit atau kredit. Metode ini sangat ideal bagi pengguna non-crypto.
    • Minim risiko. Anda hanya dapat memperoleh NFT marketplace resmi NBA TopShot, sehingga risiko penipuan atau pemalsuan sangat minim. Mungkin beberapa kreator menjual NFT dengan harga yang lebih mahal, namun karya tersebut terjamin otentik dan transparan.
    • Tidak bisa rusak. NFT berbentuk digital sehingga tidak bisa rusak. Kolektor juga bisa menyimpan NFT selama-lamanya dan meneruskannya ke generasi mendatang selama blockchain Flow masih ada.
    • Blockchain yang inovatif. Blockchain Flow dirancang untuk menjalankan DApps, game, dan koleksi lainnya sehingga transfer momen antar pengguna lebih cepat dan mudah.

Kekurangan NBA Top Shot

    • Poin ini menjamin keaslian dan keunikan NFT, namun juga bisa menjadi kekurangan karena NFT hanya dapat diperdagangkan di paltform NBA Top Shot. Anda tidak bisa memperjualbelikannya kembali di OpenSea, Rarible, atau paltform NFT lain.
    • Blockchain Flow tidak sebesar Ethereum.

8. Cara Menjual NFT di NBA Top Shot

Bagi Anda yang berminat untuk menjadi kreator NFT di NBA Top Shop, berikut adalah langkah-langkah sederhana yang harus Anda lakukan.

    1. Buat akun di website resmi NBA Top Shot.
    2. Buka halaman momen Anda.
    3. Pilih momen mana yang ingin Anda jual dan klik momen tersebut.
    4. Klik “Place for Sale”.

9. Cara Membeli NFT di Platform NBA Top Shot

NBA Top Shot sangat populer di kalangan pecinta NBA sejak awal 2021. Jika Anda berniat memiliki koleksi NFT unik pemain NBA, lakukan langkah-langkah berikut untuk membeli NFT di platform tersebut.

    1. Daftarkan akun Anda di website resmi NBA Top Shot dengan memasukkan detail kontak.
    2. Simpan kode pemulihan Anda dan pilih tim favorit Anda.
    3. Mulai pilih dan beli paket Anda dengan cepat di platform sebelum kehabisan.
    4. Beli momen di marketplace. Jika Anda tidak kebagian momen di platform, Anda bisa membeli momen di pasar peer-to-peer dan membelinya dari pengguna lain.
    5. Cari momen yang Anda inginkan.
    6. Klik “Choose and Buy”.
    7. Lakukan pembayaran dengan USD melalui kartu debit dan kredit atau kripto melalui crypto wallet.

Berita Lainnya


Tinggalkan Komentar


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here