Strategi Day Trading yang Digunakan oleh Full-Time Trader dan Berbagai Risikonya

Cryptocurrency adalah salah satu instrumen investasi yang terus tumbuh secara signifikan. Para trader yang menggunakan kripto untuk mengembangkan aset mereka semakin bertambah. Meskipun berbeda dari segi tujuan dan wujud, trader kripto masih menggunakan gaya trading yang sama seperti instrumen lain, seperti scalping, swing trading, position trading, dan day trading.

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang day trading. Seperti namanya, day trading memiliki timeframe yang lebih singkat dibanding gaya trading lainnya. Pasar kripto yang sangat fluktuatif dinilai sangat cocok dengan gaya trading ini.

1. Apa Itu Day Trading?

Day trading merupakan aktivitas trading di pasar kripto ataupun instrumen lainnya yang dilakukan dalam waktu satu hari. Day trader melakukan aksi beli dan jual dengan waktu maksimal selama 1 hari (intraday), tanpa mementingkan kondisi untung atau rugi.

Day trading merupakan salah satu trading style terpopuler di pasar kripto. Day trader memilih strategi day trading ini untuk memanfaatkan peluang dari volatilitas kripto. Sama seperti scalping, day trading lebih memilih mengumpulkan profit-profit kecil yang akan terkumpul menjadi profit besar.

- Advertisement -

Day trading biasanya dilakukan oleh trader yang sudah berpengalaman dan akrab dengan trading tools. Selain trading tools, day trader juga sangat aktif memantau berita terkini di pasar dan pergerakan harga koin yang dibeli atau Bitcoin yang sangat mempengaruhi pasar.

Baca juga Swing Trading, Strategi Trading yang Menggabungkan Analisis Teknis dan Fundamental

2. Strategi Day Trading

Dengan timeframe yang singkat, day trader harus mengetahui strategi apa yang akan digunakan sebelum meramaikan pasar kripto. Berikut adalah beberapa strategi day trading.

  • Strategi ini mencoba menghasilkan banyak keuntungan kecil dari perubahan harga kecil sepanjang hari.
  • Range trading. Strategi ini terutama menggunakan level support dan resistance untuk menentukan aksi beli dan jual.
  • News-based trading. Strategi ini biasanya menangkap peluang trading dari volatilitas yang meningkat ketika ada berita menarik atau bisa disebut hot news.
  • High-frequency trading (HFT). Strategi ini menggunakan algoritme canggih  untuk mengeksploitasi inefisiensi pasar kecil atau short-term.

3. Hal-Hal yang Dibutuhkan Day Trader

Illust : Hal-Hal yang Dibutuhkan Day Trader
Sumber Asset : Business photo created by freepik – www.freepik.com

Selain strategi day trading, hal lain yang harus Anda pahami sebelum memasuki pasar adalah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan seorang day trader sebagai berikut.

  • Akses ke Trading-Desk

Akses ini biasanya disediakan untuk trader yang bekerja untuk institusi besar atau trader yang mengelola uang dalam jumlah besar. Trading-desk membantu day trader untuk melakukan eksekusi instant order yang sangat penting ketika pergerakan harga yang sangat tajam. Misalnya, ketika akuisisi diumumkan, day trader yang melihat arbitrase merger dapat menempatkan order mereka sebelum pasar lainnya dapat memanfaatkan selisih harga.

  • Berbagai Sumber Berita

Berita memberikan sebagian besar peluang yang bisa dimanfaatkan para day trader, sehingga sangat penting untuk mengetahui lebih awal berita penting seputar pasar kripto. Day trader harus berusaha untuk memiliki akses ke beberapa sumber berita terkemuka, liputan konstan dari organisasi berita, dan perangkat lunak yang terus-menerus menganalisis sumber berita.

  • Analytical Software

Trading software adalah kebutuhan yang mahal bagi sebagian besar day trader. Mereka yang mengandalkan indikator teknis atau swing trading lebih mengandalkan perangkat trading software daripada berita. Berikut adalah karakteristik trading software yang digunakan day trader.

  • Pengenalan pola otomatis. Program trading mengidentifikasi indikator teknis seperti flags dan channels, atau indikator yang lebih kompleks seperti pola Elliott Wave.
  • Aplikasi genetic dan neural. Yaitu program yang menggunakan neural networks dan algoritme genetik untuk menyempurnakan sistem trading untuk membuat prediksi yang lebih akurat tentang pergerakan harga di masa depan.
  • Integrasi broker. Beberapa aplikasi ini bahkan berinteraksi langsung dengan broker, yang memungkinkan eksekusi trading secara instan dan bahkan otomatis. Hal ini berguna untuk menghilangkan kekhawatiran trading dan meningkatkan waktu eksekusi.
  • Ini memungkinkan trader untuk melihat bagaimana strategi tertentu dilakukan di masa lalu untuk memprediksi lebih akurat bagaimana kinerjanya di masa depan. Ingatlah bahwa kinerja masa lalu tidak selalu menunjukkan hasil di masa depan.

4. Risiko Day Trading

Illust : Risiko Day Trading
Sumber Asset : Business photo created by Jcomp – www.freepik.com

Bagi sebagian besar investor, day trading merupakan opsi menakutkan karena banyaknya risiko yang terlibat. U.S Security and Exchange Commission (SEC) menyimpulkan beberapa risiko risiko day trading yang dirangkum sebagai berikut.

  • Kerugian finansial kronis. Sebagian besar day trader menderita kerugian finansial yang parah di bulan-bulan pertama mereka, dan banyak dari mereka tidak pernah lulus untuk menghasilkan profit. Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan dana dingin untuk investasi atau trading.
  • Day trading sangat menekan dan mahal. Day trading sangat ketat dan sulit. Anda harus mengawasi lusinan ticker quotes dan fluktuasi harga untuk melihat tren pasar yang tentunya menuntut konsentrasi yang besar. Day trader juga menghabiskan biaya mahal. Day trader skala besar membayar perusahaan trading mereka dalam jumlah besar untuk komisi, pelatihan, dan komputer.
  • Day trader sangat bergantung pada uang pinjaman. Strategi day trading biasanya menggunakan fitur leverage untuk menghasilkan profit lebih. Inilah alasan mengapa banyak day trader tidak hanya kehilangan semua uang mereka, tetapi juga berakhir dengan hutang.

5. Tips untuk Day Trader

Untuk memulai dan menjadi day trader yang sukses, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

  • Lakukan Self-Assessment

Day trader yang sukses membutuhkan kombinasi pengetahuan, keterampilan, dan komitmen terhadap gaya hidup. Karena seorang day trader pasti membutuhkan jam kerja yang panjang, mandiri, memiliki kemampuan mengambil risiko, dan komitmen tanpa akhir.

  • Atur Modal yang Cukup dengan “Uang Dingin”

Anda tentu sudah familiar dengan tips ini, berinvestasilah dengan dana yang tidak Anda butuhkan. Anda juga harus melakukan kalkulasi modal sebelum memulai day trading, karena strategi trading ini memerlukan biaya yang lebih tinggi dengan biaya transaksi berkali-kali. Dengan menyusun modal Anda, maka Anda akan lebih mudah melakukan strategi selanjutnya untuk menghasilkan profit.

  • Pahami Pasar dan Trading Tools

Sebagian day trader adalah trader dengan jam terbang tinggi. Jenis trading ini membutuhkan pengetahuan kompleks tentang pasar dan alat-alat yang dapat membantu melakukan aksi jual dan beli. Sehingga sangat sulit bagi trader pemula untuk menggunakan strategi trading ini, ini terlalu berisiko.

  • Kenali Bursa yang Anda Gunakan

Untuk bisa memanfaatkan berbagai fitur yang akan sangat bermanfaat untuk Anda, Anda tentu harus mengenali bursa yang Anda gunakan. Anda harus tahu hal-hal mendetail seputar biaya transaksi, leverage, atau margin futures, serta trading tools yang disediakan.

  • Konsisten dengan Rencana dan Strategi Anda

Hal utama yang membuat seorang day trader gagal adalah ketidakmampuan untuk mengelola emosi karena isu-isu luar, sehingga merusak semua strategi dan rencana yang telah disusun dengan matang. Anda harus paham bahwa konsistensi dan komitmen adalah modal utama seorang day trader sukses.

6. Kelebihan dan Kekurangan Day Trading

Setiap strategi trading tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingg hal terpenting yang harus Anda pahami adalah memilih strategi trading yang sesuai dengan target dan kebutuhan Anda. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan day trading yang harus Anda tahu.

Kelebihan Day Trading

  • Tidak ada risiko terkait dengan menahan posisi dalam semalam. Karena day trader menutup posisi trading mereka sebelum closing setiap hari trading, mereka tidak perlu khawatir tentang pengaruh dari berita semalam yang menyebabkan pasar dibuka secara substansial lebih rendah atau lebih tinggi pada hari berikutnya.
  • Pengembalian dana investasi lebih cepat (dengan asumsi day trading Anda menguntungkan). Anda mungkin dapat mengambil keuntungan dari hari perdagangan sebelumnya untuk memperdagangkan posisi yang lebih besar pada hari berikutnya dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.
  • Secara keseluruhan day trading memerlukan waktu yang lebih sedikit untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Beberapa day trader hanya melakukan satu atau dua perdagangan dalam sehari, dan umumnya melakukannya di pagi hari.

Kekurangan Day Trading

  • Day trading adalah jenis trading yang dilakukan beberapa kali dalam sehari, terutama jika Anda mengunakan strategi scalping. Itulah mengapa day trading membutuhkan biaya lebih tunggi. Membayar semua biaya tambahan itu dapat memotong profitabilitas Anda secara signifikan.
  • Day trading hanya cocok untuk full-time trader, karena day trading membutuhkan waktu penuh seharian dan konsentrasi penuh pula. Sehingga sangat tidak mungkin dilakukan oleh part-time trader yang memiliki profesi lain.

Cryptocurrency adalah salah satu instrumen investasi yang terus tumbuh secara signifikan. Para trader yang menggunakan kripto untuk mengembangkan aset mereka semakin bertambah. Meskipun berbeda dari segi tujuan dan wujud, trader kripto masih menggunakan gaya trading yang sama seperti instrumen lain, seperti scalping, swing trading, position trading, dan day trading.

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang day trading. Seperti namanya, day trading memiliki timeframe yang lebih singkat dibanding gaya trading lainnya. Pasar kripto yang sangat fluktuatif dinilai sangat cocok dengan gaya trading ini.

1. Apa Itu Day Trading?

Day trading merupakan aktivitas trading di pasar kripto ataupun instrumen lainnya yang dilakukan dalam waktu satu hari. Day trader melakukan aksi beli dan jual dengan waktu maksimal selama 1 hari (intraday), tanpa mementingkan kondisi untung atau rugi.

Day trading merupakan salah satu trading style terpopuler di pasar kripto. Day trader memilih strategi day trading ini untuk memanfaatkan peluang dari volatilitas kripto. Sama seperti scalping, day trading lebih memilih mengumpulkan profit-profit kecil yang akan terkumpul menjadi profit besar.

Day trading biasanya dilakukan oleh trader yang sudah berpengalaman dan akrab dengan trading tools. Selain trading tools, day trader juga sangat aktif memantau berita terkini di pasar dan pergerakan harga koin yang dibeli atau Bitcoin yang sangat mempengaruhi pasar.

Baca juga Swing Trading, Strategi Trading yang Menggabungkan Analisis Teknis dan Fundamental

2. Strategi Day Trading

Dengan timeframe yang singkat, day trader harus mengetahui strategi apa yang akan digunakan sebelum meramaikan pasar kripto. Berikut adalah beberapa strategi day trading.

  • Strategi ini mencoba menghasilkan banyak keuntungan kecil dari perubahan harga kecil sepanjang hari.
  • Range trading. Strategi ini terutama menggunakan level support dan resistance untuk menentukan aksi beli dan jual.
  • News-based trading. Strategi ini biasanya menangkap peluang trading dari volatilitas yang meningkat ketika ada berita menarik atau bisa disebut hot news.
  • High-frequency trading (HFT). Strategi ini menggunakan algoritme canggih  untuk mengeksploitasi inefisiensi pasar kecil atau short-term.

3. Hal-Hal yang Dibutuhkan Day Trader

Illust : Hal-Hal yang Dibutuhkan Day Trader
Sumber Asset : Business photo created by freepik – www.freepik.com

Selain strategi day trading, hal lain yang harus Anda pahami sebelum memasuki pasar adalah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan seorang day trader sebagai berikut.

  • Akses ke Trading-Desk

Akses ini biasanya disediakan untuk trader yang bekerja untuk institusi besar atau trader yang mengelola uang dalam jumlah besar. Trading-desk membantu day trader untuk melakukan eksekusi instant order yang sangat penting ketika pergerakan harga yang sangat tajam. Misalnya, ketika akuisisi diumumkan, day trader yang melihat arbitrase merger dapat menempatkan order mereka sebelum pasar lainnya dapat memanfaatkan selisih harga.

  • Berbagai Sumber Berita

Berita memberikan sebagian besar peluang yang bisa dimanfaatkan para day trader, sehingga sangat penting untuk mengetahui lebih awal berita penting seputar pasar kripto. Day trader harus berusaha untuk memiliki akses ke beberapa sumber berita terkemuka, liputan konstan dari organisasi berita, dan perangkat lunak yang terus-menerus menganalisis sumber berita.

  • Analytical Software

Trading software adalah kebutuhan yang mahal bagi sebagian besar day trader. Mereka yang mengandalkan indikator teknis atau swing trading lebih mengandalkan perangkat trading software daripada berita. Berikut adalah karakteristik trading software yang digunakan day trader.

  • Pengenalan pola otomatis. Program trading mengidentifikasi indikator teknis seperti flags dan channels, atau indikator yang lebih kompleks seperti pola Elliott Wave.
  • Aplikasi genetic dan neural. Yaitu program yang menggunakan neural networks dan algoritme genetik untuk menyempurnakan sistem trading untuk membuat prediksi yang lebih akurat tentang pergerakan harga di masa depan.
  • Integrasi broker. Beberapa aplikasi ini bahkan berinteraksi langsung dengan broker, yang memungkinkan eksekusi trading secara instan dan bahkan otomatis. Hal ini berguna untuk menghilangkan kekhawatiran trading dan meningkatkan waktu eksekusi.
  • Ini memungkinkan trader untuk melihat bagaimana strategi tertentu dilakukan di masa lalu untuk memprediksi lebih akurat bagaimana kinerjanya di masa depan. Ingatlah bahwa kinerja masa lalu tidak selalu menunjukkan hasil di masa depan.

4. Risiko Day Trading

Illust : Risiko Day Trading
Sumber Asset : Business photo created by Jcomp – www.freepik.com

Bagi sebagian besar investor, day trading merupakan opsi menakutkan karena banyaknya risiko yang terlibat. U.S Security and Exchange Commission (SEC) menyimpulkan beberapa risiko risiko day trading yang dirangkum sebagai berikut.

  • Kerugian finansial kronis. Sebagian besar day trader menderita kerugian finansial yang parah di bulan-bulan pertama mereka, dan banyak dari mereka tidak pernah lulus untuk menghasilkan profit. Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan dana dingin untuk investasi atau trading.
  • Day trading sangat menekan dan mahal. Day trading sangat ketat dan sulit. Anda harus mengawasi lusinan ticker quotes dan fluktuasi harga untuk melihat tren pasar yang tentunya menuntut konsentrasi yang besar. Day trader juga menghabiskan biaya mahal. Day trader skala besar membayar perusahaan trading mereka dalam jumlah besar untuk komisi, pelatihan, dan komputer.
  • Day trader sangat bergantung pada uang pinjaman. Strategi day trading biasanya menggunakan fitur leverage untuk menghasilkan profit lebih. Inilah alasan mengapa banyak day trader tidak hanya kehilangan semua uang mereka, tetapi juga berakhir dengan hutang.

5. Tips untuk Day Trader

Untuk memulai dan menjadi day trader yang sukses, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

  • Lakukan Self-Assessment

Day trader yang sukses membutuhkan kombinasi pengetahuan, keterampilan, dan komitmen terhadap gaya hidup. Karena seorang day trader pasti membutuhkan jam kerja yang panjang, mandiri, memiliki kemampuan mengambil risiko, dan komitmen tanpa akhir.

  • Atur Modal yang Cukup dengan “Uang Dingin”

Anda tentu sudah familiar dengan tips ini, berinvestasilah dengan dana yang tidak Anda butuhkan. Anda juga harus melakukan kalkulasi modal sebelum memulai day trading, karena strategi trading ini memerlukan biaya yang lebih tinggi dengan biaya transaksi berkali-kali. Dengan menyusun modal Anda, maka Anda akan lebih mudah melakukan strategi selanjutnya untuk menghasilkan profit.

  • Pahami Pasar dan Trading Tools

Sebagian day trader adalah trader dengan jam terbang tinggi. Jenis trading ini membutuhkan pengetahuan kompleks tentang pasar dan alat-alat yang dapat membantu melakukan aksi jual dan beli. Sehingga sangat sulit bagi trader pemula untuk menggunakan strategi trading ini, ini terlalu berisiko.

  • Kenali Bursa yang Anda Gunakan

Untuk bisa memanfaatkan berbagai fitur yang akan sangat bermanfaat untuk Anda, Anda tentu harus mengenali bursa yang Anda gunakan. Anda harus tahu hal-hal mendetail seputar biaya transaksi, leverage, atau margin futures, serta trading tools yang disediakan.

  • Konsisten dengan Rencana dan Strategi Anda

Hal utama yang membuat seorang day trader gagal adalah ketidakmampuan untuk mengelola emosi karena isu-isu luar, sehingga merusak semua strategi dan rencana yang telah disusun dengan matang. Anda harus paham bahwa konsistensi dan komitmen adalah modal utama seorang day trader sukses.

6. Kelebihan dan Kekurangan Day Trading

Setiap strategi trading tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingg hal terpenting yang harus Anda pahami adalah memilih strategi trading yang sesuai dengan target dan kebutuhan Anda. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan day trading yang harus Anda tahu.

Kelebihan Day Trading

  • Tidak ada risiko terkait dengan menahan posisi dalam semalam. Karena day trader menutup posisi trading mereka sebelum closing setiap hari trading, mereka tidak perlu khawatir tentang pengaruh dari berita semalam yang menyebabkan pasar dibuka secara substansial lebih rendah atau lebih tinggi pada hari berikutnya.
  • Pengembalian dana investasi lebih cepat (dengan asumsi day trading Anda menguntungkan). Anda mungkin dapat mengambil keuntungan dari hari perdagangan sebelumnya untuk memperdagangkan posisi yang lebih besar pada hari berikutnya dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.
  • Secara keseluruhan day trading memerlukan waktu yang lebih sedikit untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Beberapa day trader hanya melakukan satu atau dua perdagangan dalam sehari, dan umumnya melakukannya di pagi hari.

Kekurangan Day Trading

  • Day trading adalah jenis trading yang dilakukan beberapa kali dalam sehari, terutama jika Anda mengunakan strategi scalping. Itulah mengapa day trading membutuhkan biaya lebih tunggi. Membayar semua biaya tambahan itu dapat memotong profitabilitas Anda secara signifikan.
  • Day trading hanya cocok untuk full-time trader, karena day trading membutuhkan waktu penuh seharian dan konsentrasi penuh pula. Sehingga sangat tidak mungkin dilakukan oleh part-time trader yang memiliki profesi lain.

Berita Lainnya


Tinggalkan Komentar


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here