Headlines

Beroperasi di Jaringan Ethereum, DXdao Dinilai sebagai Proyek DAO Terbesar Pengganti The DAO

Illust : Beroperasi di Jaringan Ethereum, DXdao Dinilai sebagai Proyek DAO Terbesar Pengganti The DAO

DAO merupakan tren dan inovasi blockchain yang kian populer sejak kepopuleran DeFi pada tahun 2020. DAO sangat penting untuk menjadi protokol terdesentralisasi DeFi maupun DApps.

DXdao adalah proyek DAO untuk pengembangan DeFi. Proyek ini dianggap sebagai pengganti The DAO yang gagal karena kasus peretasan. DXdao hadir dengan visi, misi, dan berbagai fitur baru yang akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

1. Apa Itu DXdao?

DXdao adalah DAO (Decentralized Autonomous Organization) yang dirancang untuk mengembangkan, mengatur, dan menumbuhkan produk DeFi. Diluncurkan pada Mei 2019, DXdao merupakan kolektif yang sangat skalabel yang berfokus pada ekosistem DeFi.

DXdao diatur oleh komunitas dengan kontrol penuh atas protokol DutchX trading. DutchX adalah protokol perdagangan terdesentralisasi yang memungkinkan siapa saja untuk menambahkan pasangan token perdagangan apa pun.

DXdao 100% dimiliki oleh komunitas. Tidak akan ada pra-alokasi hak suara. DXdao juga akan memanfaatkan infrastruktur tata kelola DAOstack dan kerangka kerja tata kelola konsensus holografik, yang dapat diakses melalui antarmuka pengguna Alchemy.

2. Cara Kerja Voting di DXdao

Peserta diberikan hak suara berdasarkan penguncian token ETH atau ERC20 di protokol DutchX trading, atau penawaran GEN ( token DAOstack ). Token yang memenuhi syarat untuk dikunci adalah token yang sudah terdaftar di protokol DutchX seperti $DAI, $KNC (Kyber), $LRC (Loopring), $MKR (Maker), $GNO dll. Peserta diberikan “reputation” secara proporsional berdasarkan seberapa banyak orang lain mengunci, mendaftar, atau menawar.

DXdao adalah salah satu upaya koordinasi berbasis blockchain terbesar hingga saat ini sejak The DAO. The DAO adalah eksperimen pertama dalam menciptakan organisasi otonom yang terdesentralisasi. Sayangnya, The DAO diretas dan akhirnya menghasilkan fork yang diperlukan untuk mengembalikan dana pengguna yang hilang.

3. Fitur-Fitur DXdao

Illust : Fitur-Fitur DXdao
Sumber: Mobile vector created by storyset – www.freepik.com

Sebagai proyek DAO yang cukup besar dan masih akan terus dikembangkan, DXdao menawarkan beberapa fitur berikut ini untuk penggunanya.

  • 100% milik masyarakat. Tidak akan ada pra-alokasi hak suara.
  • Mudah untuk bergabung dan berpartisipasi dalam komunitas. Siapa pun dapat menjadi pemangku kepentingan dengan berdagang di DutchX atau dengan mengunci ETH atau token ERC20 lainnya yang diperdagangkan di protokol DutchX.
  • Dalam kendali penuh DutchX, ecara teori, setiap perubahan dapat dilakukan pada protokol DutchX melalui proposal DXdao.
  • Menggunakan infrastruktur tata kelola DAOstack dan kerangka kerja tata kelola konsensus holografik, yang dapat diakses melalui UI Alchemy .
  • Mampu tumbuh melampaui DutchX dengan kemampuan untuk melakukan apa pun yang saat ini bisa dilakukan di jaringan Ethereum.

4. Manfaat DXdao

DXdao merevolusi struktur tata kelola tradisional dengan memberikan pengguna protokol kesempatan untuk mengatur ekosistem. DXdao mendistribusikan daya dari pembuat pusat ke tepi jaringan. Sedangkan di sistem tradisional, perusahaan, pemerintah, dan organisasi lain secara konsisten mengkonsolidasikan kekuasaan ke tangan segelintir orang, menciptakan hierarki yang tidak efisien dan membatasi mereka untuk menyuarakan pendapat. DXdao bertujuan untuk menjadi eksperimen dalam cara organisasi beroperasi secara kolektif dan memungkinkan seluruh pengguna dapat berkontribusi dengan adil dalam ekosistem.

Baca juga Beroperasi Sejak 2015, Colony Network Menjadi Salah Satu Proyek DAO Tertua di Ethereum

5. Produk-Produk DXdao

Illust : Produk-Produk DXdao
Sumber Asset : Technology vector created by pikisuperstar – www.freepik.com
  • Omen

Omen adalah platform pasar prediksi multi-chain yang sepenuhnya terdesentralisasi dan dibangun di atas kerangka kerja token Gnosis. Pengguna dapat berpartisipasi dalam pasar informasi tentang berbagai topik (kripto, politik, olahraga, dll) dan staking kripto mereka.

Ketika pasar Omen mencapai tanggal penutupannya, siapa pun dapat memulai proses crowdsourcing pencarian jawaban yang benar, yang dimungkinkan oleh reality.eth.link. Jika terjadi perselisihan, seorang arbiter dapat ditunjuk untuk mengambil keputusan.

  • Swapr

Swapr adalah AMM multi-chain dengan serangkaian fitur unik termasuk tata kelola LP, farm DIY, dan banyak lagi. Swapr merupakan AMM pertama yang memungkinkan biaya swap yang dapat disesuaikan melalui tata kelola dan telah dikembangkan secara organik dalam komunitas DXdao. Swapr menandai pertama kalinya DAO meluncurkan protokol DeFi di Ethereum.

  • Mesa

Mesa adalah antarmuka open-soure untuk Protokol Gnosis yang dikelola, dimiliki, dan dihosting oleh DXdao. Rasakan DEX sepenuhnya permissionless yang memungkinkan ring trades untuk memaksimalkan likuiditas. Ring trades adalah penyelesaian pesanan yang berbagi likuiditas di semua pesanan, bukan pasangan token tunggal, dan secara unik cocok untuk token pasar prediksi perdagangan.

  • Aqua

Aqua adalah platform untuk melakukan lelang token transparan dengan penemuan harga yang wajar.

Proyek yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda dan tidak semua token dibuat sama. Dengan Aqua, proyek diberi kesempatan untuk merancang lelang terdesentralisasi yang adil. Baik Anda ingin melakukan Initial DEX Offering, penjualan pribadi, lelang batch, penjualan fixed price, menggunakan kurva bonding, menjalankan pembelian token buy-backs, atau lelang likuidasi agunan.

Dalam waktu dekat, setiap proyek bahkan dapat memasukkan mekanisme penjualan mereka ke dalam sistem Aqua, untuk mencerminkan kebutuhan sosial dan teknis mereka. Keragaman mekanisme penjualan memungkinkan penjual untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan tokennomics, komunitas investor, dan tahap pendanaan mereka.

Dengan demikian, Aqua adalah protokol toko serba ada yang menyediakan kebutuhan tim kripto mengumpulkan modal dengan cara yang terdesentralisasi. Aqua juga memberi investor kesempatan untuk mendukung dan berinvestasi dalam proyek kripto dengan cara yang paling adil dan independen.

6. Konsensus Holografik

DxDAO menggunakan sistem konsensus holografik, yaitu konsensus yang membahas masalah penskalaan dan memungkinkan DAO membuat keputusan dengan cepat.

Setiap anggota DXdao dapat membuat proposal. Anggota kemudian memberikan suara untuk menyetujui/menolak proposal tersebut. Suara diperkuat oleh reputasi (REP) pengguna. Anggota bisa mendapatkan REP dengan memberikan pekerjaan ke DAO. Mereka juga bisa mendapatkan REP dengan membuat dan menyetujui proposal. REP diberikan ke alamat wallet, dan tidak dapat dipindahtangankan.

Staking bertindak sebagai mekanisme penyaringan untuk proposal. Pengguna dapat melakukan staking untuk atau menentang proposal tertentu dengan menggunakan token GEN. GEN adalah token asli DaoStack.

7. Token REP

Kekuatan voting diperoleh melalui REP, aset yang tidak dapat dipindahtangankan pada blockchain Ethereum. Pemegang REP mengatur ekosistem DXdao. REP diperoleh melalui satu alamat Ethereum, yang digunakan untuk memberikan suara pada proposal. Seperti reputasi di dunia nyata, semakin banyak REP yang diperoleh ketika anggota komunitas berkontribusi pada DXdao, maka semakin sedikit anggota berpartisipasi, dan anggota kehilangan REP karena inflasi.

8. Cara Mendapatkan REP

Setiap anggota komunitas yang berkontribusi pada DXdao, baik dengan berpartisipasi dalam diskusi komunitas, membuat postingan di DAOtalk.org, atau berkontribusi dengan cara apa pun berhak menerima REP. DXdao saat ini mengoperasikan Program Peningkatan REP di mana anggota komunitas yang memberikan kontribusi ke DXdao selama bulan tertentu dinominasikan untuk peningkatan REP sebesar 0,1%. Anggota komunitas yang menerima peningkatan REP harus mengajukan proposal ke Alchemy.