Headlines

Binance Akan Mengakhiri Dukungan Untuk Stablecoin Pada Bulan Desember

Binance Akan Mengakhiri Dukungan Untuk Stablecoin Pada Bulan Desember

Bursa kripto terbesar di dunia, Binance, mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk semua produk Binance USD (BUSD) mulai tanggal 15 Desember menyusul penghentian pencetakan koin baru oleh Paxos.

Dalam pemberitahuan pada tanggal 29 November, Binance menyatakan pengguna harus menarik atau menukarkan BUSD yang sudah ada di bursa ke aset lain sebelum tanggal 15 Desember.

Mulai tanggal 31 Desember, Binance akan menonaktifkan penarikan untuk BUSD. Pada saat itu, saldo yang sudah ada akan secara otomatis ditukar menjadi First Digital USD (FDUSD) bagi beberapa pengguna.

Langkah ini merupakan langkah terbaru oleh Binance dalam menghentikan layanan untuk stablecoin asalnya. Bursa ini mengumumkan rencananya untuk secara bertahap menghentikan dukungan untuk BUSD sebelum Februari 2024, dimulai dengan menghentikan layanan pinjaman dan peminjaman untuk stablecoin tersebut pada bulan Oktober.

Pada bulan Februari, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat menyarankan bahwa BUSD merupakan sekuritas tanpa registrasi dalam pemberitahuan Wells yang diberikan kepada Paxos, penerbit di balik stablecoin tersebut.

Departemen Jasa Keuangan New York juga memerintahkan Paxos untuk menghentikan penerbitan BUSD.

Pada tanggal 21 November, otoritas Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Binance dan mantan CEO Changpeng Zhao, yang mengharuskan mereka membayar $4.3 miliar.

Baca Juga : KPMG Kanada dan Chainalysis Berkolaborasi Tingkatkan Deteksi Penipuan Kripto

Zhao mengundurkan diri sebagai CEO sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, dengan Richard Teng, kepala pasar regional bursa, menggantikannya.

Sebelum bulan Agustus, BUSD merupakan salah satu stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, mencapai puncak lebih dari $23.3 miliar pada November 2022.

Pada saat publikasi, kapitalisasi pasar stablecoin tersebut sekitar $1.7 miliar, mengalami penurunan lebih dari 92% dalam 12 bulan. [RH]