Headlines

Blockchain Forensik dan Pelacakan Aset: Bagaimana Mereka Bekerja?

illust - Blockchain Forensik dan Pelacakan Aset: Bagaimana Mereka Bekerja?

Blockchain telah menjadi teknologi terdepan dalam beberapa tahun terakhir, terutama dalam industri keuangan dan bisnis. Mencatat transaksi dalam bentuk blok yang saling terhubung secara kriptografis.

illust - Blockchain Forensik dan Pelacakan Aset: Bagaimana Mereka Bekerja?
Sumber Asset: fingerprint neon created by freepik – www.freepik.com

blockchain telah menjadi alat yang efektif untuk membangun sistem keamanan yang kuat. Namun, blockchain juga memiliki potensi untuk digunakan oleh kejahatan finansial. 

Oleh karena itu, blockchain forensik dan pelacakan aset telah menjadi penting dalam dunia keuangan dan bisnis. Blockchain forensik adalah proses penyelidikan terhadap transaksi yang telah tercatat dalam blockchain. Teknologi blockchain memungkinkan setiap transaksi terlihat secara publik, tetapi identitas pelakunya tidak. 

Dalam banyak kasus, pelaku kejahatan dapat menggunakan blockchain untuk menyembunyikan kegiatan mereka. Dalam situasi seperti ini, blockchain forensik dapat membantu mengidentifikasi pelaku kejahatan dan memulihkan aset yang telah hilang atau dicuri. Pelacakan aset pada blockchain juga menjadi penting dalam memastikan keamanan dan keandalan transaksi. 

Baca Juga : Perdebatan crypto vs. AI?

Pelacakan aset pada blockchain melibatkan pengamatan aset yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lainnya pada jaringan blockchain. Dalam banyak kasus, aset yang dipindahkan dapat berupa uang atau kripto.

Melalui pelacakan aset, bisnis dapat memantau aliran uang atau kripto dan memastikan bahwa transaksi dilakukan dengan benar.

Dalam menjalankan pelacakan aset, blockchain menggunakan algoritma khusus yang disebut hash. Hashing melibatkan mengubah data menjadi kode numerik yang unik dan tidak dapat diubah. Hashing digunakan untuk memastikan keamanan data yang tercatat dalam blockchain. 

Jika ada transaksi atau aset yang dicuri, hash dapat digunakan untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan dan memulihkan aset yang hilang. Keuntungan lain dari blockchain forensik dan pelacakan aset adalah kemampuan mereka untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam bisnis dan keuangan. 

Dalam banyak kasus, bisnis dan lembaga keuangan memanfaatkan blockchain untuk memastikan keamanan transaksi dan data. Dengan menggunakan blockchain forensik dan pelacakan aset, bisnis dapat memastikan bahwa semua transaksi dan aset tercatat dengan benar dan akuntabilitas dapat dipertanggungjawabkan.

Sumber : cointelegraph.com