Canaan, Perusahaan Peralatan Penambangan yang Memperluas Pengaruhnya di Kazakhstan

Crypto news indonesia, situs berita cryptocurrency & blockchain - illust : canaan, perusahaan peralatan penambangan yang memperluas pengaruhnya di kazakhstan

Canaan Inc, sebuah perusahaan pembuat peralatan penambangan Bitcoin (BTC) memperluas kehadirannya di Kazakhstan. Langkah tersebut dilakukan dengan membentuk kolaborasi strategis baru dengan sejumlah perusahaan penambangan kripto di negara tersebut.

Pada 31 Desember 2021, bisnis yang terdaftar di Nasdaq tersebut telah mengerahkan sebanyak 10.300 unit AvalonMiner di Kazakhstan. Hal tersebut menyelesaikan fase pertama dari penyebarannya di negara Asia Tengah. Sebagai bagian dari aspirasinya untuk berekspansi ke luar China, Canaan bekerja sama dengan bisnis lokal. Di sisi lain, perusahaan menolak menyebutkan nama mitra lokalnya.

Canaan terletak di Hangzhou, Cina, tetapi setelah larangan penambangan kripto oleh Beijing pada tahun 2021, perusahaan tersebut ingin melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri. Selama panggilan pendapatan (earnings call) bulan Juli, Zhang Nangeng selaku CEO Canaan memberikan tentangan terkait larangan penambangan.

Baca juga Bisnis Penambangan Bitcoin di Kazakhstan Dikabarkan akan Mengandalkan Tenaga Nuklir

Berkaitan dengan hal tersebut, ia mengatakan kepada para investor bahwa penambang kripto memanfaatkan energi yang sempat ‘tersisihkan’ dengan lebih baik. Sehingga energi tersebut dapat memberikan kontribusi positif pada proses pengerjaan dan ekonomi lokal.

Menyusul keputusan China dalam melarang penambangan kripto, Kazakhstan segera mengisi ‘kekosongan’ tersebut. Negara tersebut memberikan batu bara yang murah dan berlimpah bagi para penambang yang ‘terdampar.’ Selama ini, Kazakhstan telah menjadi rumah bagi kumpulan penambangan terbesar kelima di dunia sejak Juni 2021. Kazakhstan juga telah menyumbang sekitar seperlima dari produksi penambangan Bitcoin global pada bulan berikutnya.

Larangan penambangan Bitcoin di China menyebabkan penurunan yang signifikan dalam tingkat hash jaringan. Namun, kondisi ini dapat pulih dengan cepat setelah penambang yang dipindahkan membangun operasi baru. Sehingga, tingkat hash jaringan Bitcoin mencapai level all-time-high (ATH) pada 2 Januari setelah upaya pemulihan enam bulan.

Di sisi lain, Canaan memiliki tahun yang spektakuler pada 2021. Hal tersebut diketahui dari pendapatan bersih yang mencapai level tertinggi post-IPO. Menurut statistik keuangan yang tidak diaudit yang dirilis pada bulan November 2021, pendapatan bersih perusahaan pada kuartal ketiga mencapai $204,5 juta, naik 708,2% dibandingkan waktu yang sama di tahun sebelumnya.

Sumber: https://cointelegraph.com/news/bitcoin-mining-manufacturer-canaan-expands-footprint-in-kazakhstan