Crypto Whale, Investor Kripto dengan Jumlah Aset Fantastis yang Berpotensi Menggerakkan Harga Pasar

Crypto news indonesia, situs berita cryptocurrency & blockchain - illust : crypto whale, investor kripto dengan jumlah aset fantastis yang berpotensi menggerakkan harga pasar

Cryptocurrency adalah aset investasi yang ada sejak kemunculan Bitcoin pada tahun 2009. Cryptocurrency juga merupakan aset dengan kenaikan harga yang paling tinggi dibanding instrumen investasi lainnya.

Pertumbuhan Bitcoin dan kripto lainnya yang sangat cepat melahirkan investor-investor yang memiliki jumlah aset kripto fantastis, dan mereka dikenal sebagai crypto whale. Crypto whale bukanlah istilah yang asing di dunia kripto, seluruh trader pasti mengetahui istilah ini. Crypto whale juga berperan penting di pasar karena kemampuannya mengubah tren.

1. Apa Itu Crypto Whale?

Whale atau paus merupakan salah satu predator besar di lautan, dan whale di dunia kripto tidak jauh berbeda. Whale merupakan istilah populer di dunia kripto yang mengacu pada individu atau entitas yang memiliki atau menimbun cryptocurrency paling banyak.

Karena Bitcoin merupakan penggerak pasar cryptocurrency, maka Bitcoin whale adalah yang terpopuler dan paling berpengaruh. Bitcoin whale adalah wallet address tunggal yang memiliki lebih dari 1.000 BTC di dalamnya. Sedangkan orang-orang yang memiliki sejumlah besar Altcoin disebut sebagai crypto whale.

Kemampuan crypto whale untuk mengubah tren di pasar kripto menjadikan mereka penting untuk diketahui pergerakannya dan menyusun strategi matang saat whale melakukan aksinya.

2. Kelompok Crypto Whale

Secara sederhana, crypto whale dapat dibagi menjadi tiga kelompok berikut ini.

  • Pengadopsi Awal

Sebagian besar anggota yang termasuk dalam kelompok pertama adalah pengembang dan programmer. Mereka bergabung di dunia kripto sebagian besar karena inovasi teknologinya di sekitar tahun-tahun pertama sejarah Bitcoin dan mengumpulkan sejumlah besar Bitcoin selama waktu itu.

  • Pendiri Bursa Kripto (Sejak 2010)

Kelompok kedua diisi oleh pendiri atau pemilik bursa kripto. Menurut sejarah, mendirikan bursa atau dana semacam itu hampir menjamin kekayaan masa depan Anda. orang-orang terkemuka di bursa seperti Coinbase, Kraken, Binance, FTX, Gemini, dan Bitfinex merupakan crypto whale kelompok kedua.

  • Institutional Prophet (Sejak 2020)

Institutional Prophet adalah individu atau entitas yang memiliki daya beli tinggi sejak tahun 2020. Contohnya yaitu Tesla yang membeli lebih dari 30.000 BTC pada awal tahun 2021. Selain itu ada Grayscale yang mengelola investasi Bitcoin dan sekarang totalnya melebihi 650.000 BTC.

Baca juga Bitcoin Futures ETF dan Bitcoin Futures Spot, Manakah yang Lebih Baik?

3. Contoh Bitcoin Whale

Crypto news indonesia, situs berita cryptocurrency & blockchain - illust : contoh bitcoin whale
Sumber asset <a href=httpswww Freepik Comvectorsdocument>document vector created by pch Vector www Freepik Com<a>

Crypto whale tentunya tersebar di seluruh dunia. Untuk Bitcoin whale diketahui hanya berjumlah sekitar 1.000 individu atau entitas. Berikut adalah beberapa contoh Bitcoin whale.

  • Satoshi Nakamoto

Hingga saat ini identitas founder Bitcoin Satoshi Nakamoto masih tidak diketahui. Namun semua orang percaya bahwa Nakamoto adalah seorang Bitcoin whale yang sengaja menyembunyikan identitasnya.

  • Barry Silbert

CEO dan pendiri Digital Currency Group, Barry Silbert, telah berinvestasi di lebih dari 75 bisnis terkait Bitcoin. CoinDesk, sumber utama berita Bitcoin, juga dimiliki oleh Digital Currency Group.

Silbert berada di lelang pemerintah AS yang sama dengan Draper. Sillbert diduga memperoleh 48.000 BTC.

  • Tim Draper

Draper Fisher Jurvetson, Draper University, Draper Venture Network, Draper Associates, dan Draper Goren Holm semuanya didirikan oleh Tim Draper, seorang kapitalis Amerika.

Draper adalah seorang investor Bitcoin awal, yang membeli 42.000 BTC seharga $6 masing-masing dan menyimpannya di bursa Mt. Gox yang sekarang sudah tidak berfungsi. Seluruh kepemilikan Draper hilang setelah Mt Gox diretas.

Draper menjadi terkenal pada Juli 2014 setelah dia membeli sekitar 30.000 bitcoin yang disita dari situs pasar Silk Road selama lelang US Marshals Service. Dengan kepemilikannya saat ini, dia termasuk di antara 15% teratas dari semua investor Bitcoin

  • The Winklevoss Twins

Cameron dan Tyler Winklevoss, yang terutama digambarkan oleh Armie Hammer dalam film The Social Network, adalah pengguna awal, pendukung, dan Bitcoin Evangelist. Mereka memiliki lebih dari 100.000 BTC, yang menempatkan mereka di antara tiga whale teratas.

4. Cara Whale Memanipulasi Pasar

Crypto news indonesia, situs berita cryptocurrency & blockchain - illust : cara whale memanipulasi pasar
Sumber asset <a href=httpswww Freepik Comfree vectorfear missing out concept illustrated 9909036 Htmpage=2query=fomoposition=23from view=search>business photo created by freepik www Freepik Com<a>

Pada Februari 2021, nilai cryptocurrency Ether (ETH) turun dari US$1.628 menjadi US$700 selama satu menit di bursa kripto Kraken. CEO Kraken Jesse Powell berpendapat bahwa itu adalah aksi whale tunggal yang memutuskan untuk membuang tabungannya, sehingga mengakibatkan harga terpuruk. Karena whale memiliki begitu banyak cryptocurrency, pergerakan mereka dapat memanipulasi nilai token secara masif. Berikut adalah cara whale memanipulasi pasar.

  • Membuat Efek “Sell Wall”

Terkadang whale melakukan order besar-besaran untuk menjual sebagian besar koin kripto mereka. Mereka menjaga harga lebih rendah dari sell order lainnya, sehingga menyebabkan volatilitas yang mengakibatkan penurunan harga koin cryptocurrency secara umum. Ini diikuti oleh reaksi berantai di mana orang panik dan mulai menjual token mereka dengan harga yang lebih murah juga. Berkat itu, whale dapat membeli lebih banyak koin dengan harga lebih rendah, sehingga aset yang dimiliki whale semakin kuat.

  • Memanfaatkan Fear of Missing Out (FOMO)

Berlawanan dengan efek sell wall, whale sering kali secara artifisial menaikkan harga token dengan memasukkan buy order dalam jumlah besar. Mereka menciptakan keinginan beli untuk token kripto, sehingga mendesak orang untuk menaikkan bid mereka. Whale juga menarik perhatian investor lain yang takut kehilangan kesempatan besar dan menguntungkan. Investor merasa bahwa karena permintaan token telah meningkat, mereka juga harus mendapatkan bagiannya. Dengan cara ini, whale dapat menjual beberapa token mereka untuk mendapatkan keuntungan.

Intinya, whale menciptakan efek ripple yang berdampak pada investor token lainnya. Dengan menaikkan dan menurunkan harga, mereka mampu memanipulasi pasar untuk kepentingan mereka.

5. Alat Pelacak Whale

Berikut adalah beberapa alat pelacak whale yang lebih mudah digunakan dari alat lainnya.

  • Blockchain Explorers

Blockchain explorers merupakan sebagai basis data untuk blockchain dan dapat digunakan untuk memeriksa transaksi, wallet address, dan catatan histori secara instan dari awal hingga saat ini.

Misalnya Etherscan, blockchain explorers untuk blockchain Ethereum yang dapat menunjukkan berbagai titik data, seperti wallet address teratas dalam hal kepemilikan ETH dan sebagainya.

  • Whale Alert

Whale Alert adalah akun Twitter yang memposting transaksi besar di seluruh blockchain utama dan juga menandai wallet address yang diketahui. Layanan ini memiliki fungsi API bagi mereka yang ingin menyesuaikan pengumpulan data.