Headlines

Deputi Federal Brasil Mengusulkan Cryptocurrency sebagai Metode Pembayaran untuk Karyawan

Illust : Deputi Federal Brasil Mengusulkan Cryptocurrency sebagai Metode Pembayaran untuk Karyawan

Deputi Federal Luizo Goulart, seorang politisi Brasil, memperkenalkan undang-undang untuk melegalkan pembayaran cryptocurrency sebagai metode pembayaran karyawan sektor publik dan swasta.

Rencana Goulart akan membuat undang-undang baru yang memungkinkan semua pekerja Brasil meminta remunerasi dalam mata uang kripto dari atasan mereka. Namun, RUU tersebut mengharuskan pembayaran kripto diberikan hanya ketika kesepakatan konsensual antara pekerja dan pengusaha tercapai. Diterjemahkan dari undang-undang, bunyinya sebagai berikut:

“Persentase pembayaran (remunerasi) dalam cryptocurrency sepenuhnya tergantung pada pekerja. Pembatasan yang diberlakukan oleh atasan akan dilarang.”

Undang-undang tersebut melacak evolusi keuangan — dari pertukaran melalui mata uang fiat hingga Bitcoin (BTC) — dengan penekanan pada desentralisasi, yang menghilangkan ketergantungan pada “satu orang atau lembaga pusat.”

Baca juga Manajer Aset Asal Brasil Kinea Kini Berinvestasi di Ethereum

Dengan mengesahkan RUU Goulart, karyawan dan pengusaha dapat menyetujui persentase pembayaran yang akan dibayarkan dalam cryptocurrency dan untuk fiat sebelum kontrak ditandatangani menjadi undang-undang. Goulart menegaskan:

“Yang paling penting, rencana tersebut akan berkontribusi pada penyelesaian masalah “mata uang” pemerintah Federal, Negara Bagian, dan Kota dengan mengusulkan alternatif pembayaran dan membantu transisi menuju Ekonomi Pasar besar-besaran yang akan terjadi di masa depan.”

Goulart mencatat kebutuhan untuk mengembangkan “ekonomi global yang merampingkan kehidupan sehari-hari warga negara dan memastikan standar hidup yang tinggi untuk semua rakyat” dalam mendesak penerimaan gagasan tersebut. Setelah 90 hari sejak tanggal persetujuan, tindakan tersebut akan menjadi undang-undang.

Chamber of Deputies’ Special Committee Brasil baru-baru ini menyetujui undang-undang yang mengkriminalisasi pelanggaran keuangan terkait kripto. Modifikasi peraturan baru-baru ini meningkatkan hukuman maksimum untuk pencucian uang dan meningkatkan hukuman penjara minimum untuk pelanggaran terkait.

Seperti dilansir Cointelegraph, hukuman telah ditingkatkan dari sepertiga menjadi dua pertiga dari jumlah uang yang dicuci, sementara hukuman penjara maksimum telah ditingkatkan dari sepuluh menjadi enam belas tahun delapan bulan.

“Orang tidak akan punya tempat lain untuk berpaling karena kurangnya regulasi. Pasar Brasil akan maju dan berubah. Para pencatut tidak akan lagi bisa menipu jutaan orang Brasil,” tegas Deputi Federal Aureo Ribeiro.

Sumber: https://cointelegraph.com/news/brazilian-federal-deputy-proposes-crypto-payment-option-for-workers