EDUKASI METAVERSE

Apa itu Metaverse?

Konsep metaverse mulai dikenal sejak tahun 1992 melalui novel Snow Crash.  Beberapa perusahaan kemudian mengembangkan komunitas online berdasarkan konsep tersebut, terutama Second Life, yang dirilis pada tahun 2003.

Istilah metaverse diciptakan oleh seorang penulis bernama Neal Stephenson sebagai sebutan untuk internet berbasis realitas virtual generasi berikutnya. Metaverse semakin populer setelah Facebook mengubah namanya menjadi “Meta.” Namun sebenarnya metaverse sudah ada bahkan sebelum Facebook didirikan.

Penggagas metaverse lainnya adalah novel Ready Player One. Novel karya Ernest Klein ini kemudian dibuat menjadi film yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Novel fiksi ilmiah ini menggunakan latar tahun 2045, di mana orang-orang melarikan diri dari masalah yang mengganggu bumi di dunia virtual yang disebut The Oasis. Pengguna mengakses dunia menggunakan pelindung realitas virtual dan sarung tangan haptic yang memungkinkan mereka menyentuh objek di lingkungan digital.

NBA Melanjutkan Kemitraan Dengan Meta untuk Menghadirkan Game Basket ke Metaverse

NBA telah mencapai kesepakatan untuk menyiarkan beberapa gamenya secara gratis di metaverse. Perusahaan mengatakan pada 23 Januari bahwa mereka akan terus bekerja sama dengan...

Ketahui

Lebih

Lanjut