Headlines

Elliptic : Tidak Ada Bukti Hamas Menerima Sumbangan Kripto yang Besar

Elliptic : Tidak Ada Bukti Hamas Menerima Sumbangan Kripto yang Besar

Penyedia analisis Blockchain Elliptic telah merilis sebuah posting blog pada hari Rabu untuk memberikan klarifikasi terkait kontroversi seputar crowdfunding kripto oleh Hamas, organisasi militer yang saat ini terlibat dalam konflik dengan Israel.

Klarifikasi ini muncul setelah sejumlah laporan media, termasuk artikel berjudul “Militan Hamas di Balik Serangan Israel Mengumpulkan Jutaan Mata Uang Kripto” yang diterbitkan oleh The Wall Street Journal, mencuatkan dugaan bahwa Hamas berhasil mengumpulkan dana dalam jumlah besar melalui mata uang kripto. 

Artikel Wall Street Journal ini telah menjadi perhatian berbagai pihak, termasuk Senator Elizabeth Warren dan lebih dari 100 anggota parlemen AS. 

Mereka bersama-sama mengirimkan surat kepada Gedung Putih dan Departemen Keuangan AS, mendesak mereka untuk mengambil tindakan terhadap penggunaan mata uang kripto oleh Hamas

Namun, Elliptic dengan tegas menegaskan, “Tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa penggalangan dana kripto oleh Hamas telah berhasil mengumpulkan dana mendekati jumlah yang disebutkan dalam laporan media, dan data yang disediakan oleh Elliptic dan pihak lainnya telah disalahartikan.”

Dalam upaya untuk menghapuskan keraguan dan kebingungan yang muncul akibat laporan tersebut, Elliptic telah mengadakan komunikasi dengan perwakilan penandatangan utama, termasuk Senator Warren, serta penulis artikel Wall Street Journal yang kontroversial. 

Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk mengklarifikasi fakta-fakta yang sebenarnya terkait dengan penggalangan dana kripto oleh Hamas.

Baca Juga : Senator Elizabeth Warren Klaim Penggunaan Kripto oleh Hamas Tidak Akurat

Klarifikasi ini diharapkan dapat membantu merestorasi kejelasan dalam perdebatan seputar penggunaan kripto oleh organisasi-organisasi seperti Hamas, sambil menggarisbawahi pentingnya keakuratan dan kejujuran dalam pelaporan berita yang berkaitan dengan mata uang kripto dan isu-isu terkait keamanan nasional.

Elliptic berkomitmen untuk terus memantau aktivitas mata uang kripto yang potensial terkait dengan organisasi-organisasi yang terlibat dalam konflik. 

Mereka juga berharap klarifikasi ini akan menjadi langkah positif menuju pemahaman yang lebih akurat tentang peran kripto dalam penggalangan dana teroris. [RH]