Headlines

Elrond Network Melompat ke-10 Teratas DeFi Ketika Token MEX Meroket

Illust : Elrond Network Melompat ke-10 Teratas De-Fi Ketika Token MEX Meroket

Elrond Network dilaporakan telah menembus peringkat 10 teratas berdasarkan Total Value Locked (TVL) hanya dalam waktu seminggu. Elrond Network merupakan platform smart contract layer 1 yang memanfaatkan mesin virtual web assembly (WASM). Menurut data yang dikumpulkan oleh DeFi Llama, Elrond kini menjadi ekosistem decentalized finance (DeFi) terbesar ke-10 dengan TVL senilai $2,06 miliar.

Dioperasipan secara aktif pada Juli 2020, Elrond  Network sempat lamban menarik pengembang ke platform mereka, tetapi tahun ini platform tersebut telah menunjukkan peningkatan yang fantastis melompat ke-10 teratas di belakang program penambangan likuiditas besar-besaran dari pertukaran desentralisasi Maiar.

Baca juga Lunar (LNR): Ekosistem DeFi ‘to the Moon’ dengan Lunar DEX dan Token LNR

Lonjakan TVL Elrond dapat dimaknai sebagai tanda pentingnya lanjutan dari apa yang digambarkan oleh pendiri Yearn.Finance sebagai “liquidity locusts”. Istilah liquidity locusts dipopulerkan oleh Andre Cronje, pendiri Yearn.Finance tersebut, dan Cronje mengartikan istilah ini sebagai pedagang yang melompat dari proyek ke proyek, berpesta dengan insentif karena semakin banyak rantai yang mencoba untuk membeli jalan mereka ke dalam relevansi dengan program insentif raksasa.

Maiar, platform pertukaran terdesentralisasi garapan Elrond, mengumumkan program penambangan likuiditas senilai $1,29 miliar, $282 juta dari seluruh konstribusi itu akan didistribusikan pada bulan pertama aktivitas pada 19 November lalu. Namun, distribusi hadiah tersebut didenominasi dalam token governance MEX milik Maiar.

Token tersebut telah meningkat sejak awal program menjadi $0,001345. Dengan 5,44 triliun MEX yang akan didistribusikan selama setahun, nilai program saat ini berada pada insentif senilai $7,32 miliar. Menurut laporan, Maiar merupakan program penambangan likuiditas terbesar dalam sejarah De-Fi, dengan asumsi harga tetap stabil.

Mengutip pembicaraan Beniamin Mincu selaku CEO Elrond Network dengan Coindesk, Beniamin Mincu mengatakan bahwa airdrop awal token MEX ke para pemegang token Elrond (EGLD) membantu untuk mem-bootstrap penggunaan. Lebih lanjut CEO Elrond Network ini menerangkan, “dengan 60.000 pengguna yang dapat mengklaim token MEX berdasarkan kepemilikan EGLD mereka sebelum go-live, Maiar DEX memiliki jumlah pengguna Day-1 yang mengesankan, yang terus meningkat.”

Arbitrum, jaringan penskalaan Ethereum, berada di depan Elrond TVL dengan $2,35 miliar, sedangkan dan Waves berada di urutan ke-11 dengan $1,5 miliar. Mainnet Ethereum memimpin semua platform dengan $171,9 miliar dan lebih dari setengah nilai agregat De-Fi $260 miliar yang dikelola oleh berbagai protokol.

Saat persaingan memanas antara layer 1 untuk menarik pengguna dan dana, proyek semakin beralih ke program insentif besar-besaran untuk menonjol. Mincu mengatakan bahwa Elrond Network saat ini memiliki jembatan cross-chain yang berfungsi ke Ethereum, Binance Smart Chain, Polygon, Avalanche, Fantom dan Tron,  serta akan ada lebih banyak platform De-Fi akan datang ke Elrond dalam beberapa bulan mendatang, termasuk platform pinjaman dan aset sintetis.

Sumber: https://www.coindesk.com/tech/2021/11/24/elrond-leapfrogs-into-defis-top-10-as-users-chase-ridiculously-large-incentive-program/