Headlines

Fitur Serum DEX Solana Mengatasi Terhambatnya Transaksi sebagai Akibat dari Biaya Tinggi dan Kecepatan Rendah

Serum DEX merupakan platform pertukaran terdesentralisasi yang dibangun di dalam ekosistem Blockchain Solana. Platform tersebut memungkinkan bagi traders untuk membeli dan menjual koin dengan kecepatan lebih tinggi dan biaya lebih rendah.

Sebagai salah satu proyek open source besar pertama yang diluncurkan pada 31 Agustus 2020, pengembangan Serum didukung oleh beberapa pihak profesional dalam perdagangan cryptocurrency dan keuangan terdesentralisasi. Beberapa di antaranya adalah FTX, Alameda Research, dan Solana Foundation.

Pengembangan platform Serum DEX didasarkan pada terhambatnya konsumen dan developer oleh harga gas yang tinggi dan tertundanya transaksi karena popularitas DeFi dan perluasan DEX di Ethereum. Berangkat dari kondisi tersebut, Serum hadir untuk mengatasi masalah kecepatan, harga, sentralisasi, inefisiensi modal, dan fragmentasi likuiditas. Pada dasarnya, Serum bekerja dengan menggunakan dua fitur, yaitu ­On-chain Order Book dan Cross-chain Swap.

Baca juga Secretum, DApp Perdagangan Crypto Revolusioner di Blockchain Solana

Order Book merupakan kumpulan pesanan beli dan jual yang diatur berdasarkan tingkat harga dan disimpan oleh bursa konvensional. Dengan dihubungan melalui teknologi Blockchain, Serum memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol atas pesanan mereka. Hal tersebut termasuk menentukan harga dalam menjual dan membeli aset serta menentukan ukuran pesanan.

Sedangkan Cross-chain Swap merupakan fitur paling berharga yang memungkinkan konsumen untuk memperdagangkan token yang ada di platform lain. Mekanisme ini terjadi ketika kedua belah pihak menyetor ETH ke smart contract sebagai jaminan. Kedua belah pihak akan mendapatkan jaminan ETH mereka ketika pengirim memberikan token kepada penerima sebagai imbalan atas token mereka.

Menariknya lagi, apabila dalam transaksi tidak terjadi kesepakatan, smart contract yang memegang agunan akan memeriksa catatan Blockchain untuk menentukan siapa yang benar. Selanjutnya, smart contract akan memberikan aset, bersama dengan presentase agunan orang lain, kepada siapa pun yang dianggap akurat.

Salah satu fitur menarik lainnya dari platform ini adalah token SRM dan MSRM. Serum (SRM) merupakan token utilitas dan tata kelola Serum yang akan meberikan diskon biaya atas kepemilikannya. Sedangkan MegaSerum (MSRM) merupakan 1.000.000 SRM yang disatukan. Tentu saja manfaat yang didapatkan dari memegang token MSRM jauh lebih besar dibandingkan kepemilikan atas SRM.