Headlines

Grayscale, Manajer Aset Digital Terbesar di Dunia, Memasuki Pasar kripto Eropa

Illust : Grayscale, Manajer Aset Digital Terbesar di Dunia, Memasuki Pasar kripto Eropa

Listen Audio Button

Grayscale, manajer aset digital terbesar di dunia, berencana untuk memperluas keterlibatannya di pasar Eropa. CEO Grayscale, Michael Sonnenshein, menyatakan bahwa perusahaan belum menentukan negara dan bursa mana yang akan diajak bekerja sama.

Sonnenshein mengatakan bahwa ia tengah mendiskusikan jadwal bertemu dengan mitra lokal. Selain itu, Grayscale ingin melakukan eksperimen di pasar lokal sebagai proyek percontohan (pilot). Dia melanjutkan:

“Meskipun UE merupakan organisasi antarpemerintahan, kami tidak menganggap seluruh pasar Eropa sebagai pasar tunggal. Alih-alih, kami akan sangat berhati-hati dan teliti dalam memilih pusat keuangan kami, karena kami mengakui keragaman perilaku dan sikap investor, serta rezim regulasi.”

Baca juga Bitcoin Hostel Pertama di Eropa Hadir di Wilayah Pantai Portugal

Grayscale, bagaimanapun, akan memiliki persaingan yang kuat di Eropa. Eropa Barat sudah menawarkan lebih dari 80 produk kripto yang diperdagangkan di bursa, dengan kapitalisasi pasar gabungan lebih dari $7 miliar. Di sisi lain, pejabat ECB telah menganjurkan peraturan ketat di industri cryptocurrency yang dijuluki sebagai ‘wild west’ ini.

Eropa Ingin Memperketat Regulasi Kripto

Pejabat Bank Sentral Eropa terus menyatakan kekhawatirannya akan meluasnya penggunaan cryptocurrency. Francois Villeroy de Galhau, seorang anggota Dewan Pemerintahan Prancis, menyatakan hal berikut:

“Kripto yang tidak diatur akan menyiratkan regresi dan fragmentasi. Ini adalah kebalikan dari apa yang dibutuhkan dunia.”

Fabio Panetta, anggota dewan eksekutif Bank Sentral Eropa, menyatakan bahwa aset digital sedang menciptakan Wild West yang baru. Wild West merupakan periode di AS bagian barat, di mana dicirikan oleh kekerasan dan pelanggaran hukum. Ia juga membandingkan sektor subprime mortgage yang menjadi pemicu krisis keuangan global 2008.

Sementara itu, ECB sedang bersiap untuk meluncurkan Digital Euro CBDC pada pertengahan dekade ini. Menurut Francois Villeroy, bank harus berinovasi sekaligus berkontribusi pada regulasi kripto.

Sumber: Coingape