Headlines

Hashstack Meluncurkan Protokol ‘Open’ di Testnet dan Menjanjikan Tawaran Pinjaman Tanpa Jaminan

Illust : Hashstack Meluncurkan Protokol ‘Open’ di Testnet dan Menjanjikan Tawaran Pinjaman Tanpa Jaminan

Sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi) telah mennyaksikan pertumbuhan pasar pinjam-meminjamkan semakin diminati pengguna, karena hampir seluruh protokol pinjaman baru terus menarik modal dan pinjaman berbasis NFT semakin populer.

Dune Analytics menyatakan bahwa Aave, Maker, dan Compound menduduki posisi teratas sebagai platform DeFi yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar saat ini. Namun, ketiga platform tersebut masih menghadapi masalah dalam hal layanan jaminan dan volatilitas aset digital.

Hashstack Finance merupakan platform DeFi yang memiliki protokol pinjaman kripto ‘Open.’ Melalui protokol Open, Hashstack akan memberikan solusi untuk persyaratan jaminan, khususnya jaminan pinjaman collateral; agunan yang bertujuan untuk mengamankan utang kreditur (peminjam).

Pada awal minggu ini, Hashstack Finance mengumumkan berhasil meluncurkan protokol Open ke testnet beta dengan tujuan menawarkan pinjaman tanpa jaminan yang otonom. Hackstack Finance dibangun di atas blockchain Harmony, protokol Open menjanjikan akan memfasilitasi pihak peminjam mengambil pinjaman dengan rasio ‘jaminan untuk pinjaman’ hingga 1:3.

Baca juga DeFi Bridge Kembali Dieksploitasi, Meter Mencatat Total Kerugian Mencapai $4,4 Juta

Secara mendetail, seseorang dapat meminjam hingga $300 dengan hanya memberikan $100 sebagai jaminan ke protokol. Dari nominal tersebut, peminjam dapat menarik 70% jaminan (atau $70 dalam contoh ini) sambil menggunakan sisa $230 sebagai modal perdagangan dalam platform. Hashstack mengklaim bahwa platform pinjaman DeFi cenderung memiliki jaminan yang rumit, rata-rata tidak seimbang, dan kreditur hanya memberikan minimal 40% dari pinjaman collateral.

“Saat ini ketika pengguna ingin meminjam $100 di platform seperti Compound, Aave ataupun MakerDAO, pihak peminjam harus memberikan jaminan setidaknya $142. Ini mematahkan maksud utama di balik pengadaan pinjaman dan hal ini memengaruhi kasus penggunaan yang terbatas bagi peminjam,” jelas Vinay, pendiri Hashstack Finance.

Keunggulan Hashstack lainnya adalah platform ini dapat diintegrasikan dengan platform DeFi lainnya, seperti Pancakeswap; tujuannya ialah memfasilitasi pertukaran pasar dalam aplikasi dan untuk meningkatkan pemanfaatan pinjaman. Mekanisme integrasi ini memungkinkan peminjaman untuk menukar token pinjaman ke token primer/sekunder lain tanpa perlu mengganti dApp.

Secara khusus, Hashstack Finance akan menjebatani aset dari blockchain lain seperti Ethereum dan Avalance C-Chain.

Peluncuran protokol Open ke testnet adalah salah satu komitmen kemitraan Hashstack Finance dengan Harmony. Pada akhir 2021, Harmony menyalurkan dana sebesar $300 juta untuk pertumbuhan Hackstack di ekosistem Harmony.

Sumber: https://cointelegraph.com/news/hashstack-launches-open-protocol-testnet-offering-under-collateralized-loans