Headlines

Himbauan Pemimpin El Salvador Terkait Penurunan Harga Bitcoin

Illust - Himbauan Pemimpin El Salvador Terkait Penurunan Harga Bitcoin-01
Illust - Himbauan Pemimpin El Salvador Terkait Penurunan Harga Bitcoin-01
Sumber Asset: Political talk show with doodle characters of two arguing male politicians created by macrovector – www.freepik.com

Presiden penambah Bitcoin El Salvador telah meminta orang untuk bersabar setelah harga cryptocurrency turun di bawah $20.000 – kurang dari setengah harga yang dibayarkan pemerintah.

Menurut situs pelacakan nayibtracker.com, El Salvador di bawah pemerintahan Presiden Nayib Bukele telah menghabiskan sekitar $105 juta untuk Bitcoin, mulai September lalu dan membayar rata-rata hampir $46.000 per koin.

Nilai investasi dalam mata uang, juga dikenal sebagai “BTC,” sekarang dihitung telah turun lebih dari 57%, atau sekitar $61 juta.

“Kesabaran adalah kuncinya,” tulis presiden.

Baca Juga : Cara Investor Melihat Bitcoin di Tengah Kontradiksi Pergerakan Harga

Pada hari Selasa, ketika sebuah publikasi Bitcoin menyatakan bahwa El Salvador telah kehilangan “hanya” $40 juta dari investasinya, Bukele mentweet dengan jelas tidak percaya: “Anda mengatakan kepada saya bahwa kita harus membeli lebih banyak #BTC?”

Bukele menjadi pemimpin pertama di dunia yang membuat tender legal cryptocurrency tahun lalu dan merupakan pendorong setia setidaknya hingga Mei, ketika ia membual tentang “membeli penurunan” dalam harga mata uang. Tapi koin telah meluncur lebih jauh sejak saat itu.

Tidak Ada Kerugian Nyata

Menteri Keuangan Alejandro Zelaya berusaha untuk menunjukkan situasi yang baik pada hari Rabu dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi lokal, mengatakan bahwa karena El Salvador tidak menjual Bitcoinnya, itu tidak benar-benar menderita kerugian.

Zelaya bersikeras bahwa penurunan Bitcoin tidak terlalu penting bagi El Salvador. Itu mungkin terbukti sulit dijual di negara di mana sekitar seperlima penduduknya hidup dengan kurang dari $5,50 per hari.

Pada bulan Januari, El Salvador menolak rekomendasi oleh Dana Moneter Internasional untuk menjatuhkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

IMF merekomendasikan agar El Salvador membubarkan dana perwalian $150 juta yang dibuatnya ketika membuat tender cryptocurrency legal dan mengembalikan dana yang tidak digunakan itu ke perbendaharaan.

IMF mengutip kekhawatiran tentang volatilitas harga Bitcoin, dan kemungkinan penjahat menggunakan cryptocurrency.

Bukele telah menggembar-gemborkan Bitcoin sebagai cara untuk meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan, menarik jutaan orang yang sebelumnya tidak memiliki rekening bank ke dalam sistem keuangan. Dia juga berbicara tentang promosi pariwisata paralel yang menargetkan penggemar Bitcoin.

Bukele memimpin dorongan untuk mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar AS. Majelis Legislatif El Salvador menjadikan negara itu yang pertama melakukannya pada Juni 2021.

Sumber : voanews.com