Kamus Crypto

All | # A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
There are currently 48 Dictionary in this directory beginning with the letter a.
A

Aave
Sebuah decentralized exchange (DEX) berbasis blockchain Ethereum yang memungkinkan penggunanya mendepositkan aset kripto untuk mendapatkan bunga dan meminjam aset kripto untuk investasi atau kebutuhan finansial lainnya.

Abstract
Sesuatu yang muncul dalam pikiran sebagai ide.

Account
Data diri seseorang sebagai pemilik sebuah produk investasi atau aset yang bertujuan untuk melacak aktivitas keuangan suatu aset.

Accumulation/Distribution Indicator
Indikator kumulatif menggunakan volume dan harga untuk menilai apakah suatu saham atau aset lainnya sedang diakumulasikan atau didistribusikan.

Adam Back
Seorang kriptografer dan cypherpunk Inggris yang menemukan hashcash yang digunakan dalam peroses penambangan Bitcoin.

Address
Kode unik yang terdiri dari 26 hingga 35 karakter campuran angka dan huruf yang digunakan untuk mengirim, menyimpan, dan menerima mata uang kripto.

Adoption Curve
Kurva yang menunjukkan klasifikasi masuknya pengguna ke dalam berbagai kategori berdasarkan kesediaan mereka untuk menerima teknologi atau ide baru.

Air Gap
Ukuran keamanan dimana komputer, sistem komputer, atau jaringan tidak terhubung dengan cara apapun ke perangkat atau jaringan lain.

Airdrop
Salah satu aktivitas marketing dengan memberikan aset kripto secara cuma-cuma kepada seseorang atau sebuah komunitas. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian para trader terhadap sebuah aset kripto yang baru meluncur.

Airnode
Node oracle dan gateway yang disediakan blockchain API3 yang siap digunakan oleh penyedia API dengan menempatkan umpan data secara on-chain.

Algo-Trading (Algorithmic Trading)
Proses unutk mengeksekusi order menggunakan instruksi trading otomatis dan terprogram untuk memperhitungkan variabel seperti harga, waktu, dan volume.

Algorithmic Market Operations (AMOs)
Sebuah modul yang berfungsi mengontrol pasokan secara otomatis tanpa membutuhkan tim terpusat. Hal ini mampu mengurangi kesalahan manusia atau manipulasi.

Algorithmic Stablecoin
Segmen baru cryptocurrency yang dirancang untuk mencapai stabilitas harga dan menyeimbangkan pasokan aset yang beredar dengan dipatok ke aset cadangan seperti dolar AS, emas, atau mata uang asing lainnya.

Allocation
Penjatahan ekuitas atau token yang bisa dibeli atau dicadangkan untuk investor, institusi tertentu, atau entitas lainnya.

Alphanumeric
Gabungan huruf dan angka yang biasanya ditujukan untuk kata sandi atau key di cryptocurrency.

Altcoin
Sebutan untuk semua cryptocurrency selain Bitcoin.

AML (Anti-Money Laundering)
Hukum, regulasi, dan prosedur yang bertujuan untuk mencegah penjahat menyamarkan dana yang diperoleh secara ilegal sebagai pendapatan yang sah.

AMLD5
Kependekan dari Anti Money Laundering Directive 5, yaitu upaya yang dilakukan komisi Eropa untuk mengatasi kasus pencucian uang dengan memperkenalkan 5 reformasi mendasar yang berdampak besar pada Know Your Customer (KYC) dan layanan kripto.

Anarcho-Capitalism
Filosofi politik individualis yang menganjurkan penyediaan semua barang dan jasa, termasuk penegakan hukum dan pengadilan oleh pesaing di pasar bebas.

Angel Investor
Individu atau perusahaan dengan kekayaan yang tinggi memberikan suntikan dana atau dukungan kepada start up atau perusahaan rintisan.

Annual Percentage Rate (APR)
Tingkat bunga yang menghitung berapa persentase pokok yang akan dibayar setiap tahun dengan mempertimbangkan hal-hal seperti pembayaran bulanan.

Annual Percentage Yield (APY)
Tingkat pengembalian riil yang diperoleh dari investasi, dengan mempertimbangkan efek bunga majemuk.

Anti-Fragile
Sebuah istilah yang diciptakan oleh Nassim Nicholas Taleb, yang berarti sebuah sistem yang dapat meningkatkan kemampuan untuk berkembang lebih baik dari akibat, stres, ancaman, serangan, kerusakan, atau kegagalan.

Anti-Malware
Software yang berfungsi untuk melindungi komputer dari berbagai jenis serangan malware.

Antivirus
Software yang diciptakan untuk menangkal virus, memberikan perlindungan dan keamanan data dan sistem komputer.

Apeing
Kondisi ketika seorang trader kripto membeli token segera setelah sebuah proyek token diluncurkan tanpa melakukan riset menyeluruh.

API
Singkatan dari Application Programming Interface, yaitu interface yang dapat menghubungkan aplikasi satu dengan aplikasi lainnya. API menentukan bagaimana komponen perangkat lunak harus berinteraksi, seperti data atau tindakan apa yang harus dilakukan.

Arbitrase
Sebuah strategi untuk mendapatkan keuntungan dari perbedaan harga sebuah kripto di antara pasar yang berbeda.

Aroon Indicator
Indikator teknis yang digunakan untuk mengidentifikasi tren perubahan harga aset, serta kekuatan tren tersebut.

Ashdraked
Keadaan ketika seorang trader kehilangan semua uangnya.

ASIC
Singkatan dari Application Specific Integrated Circuit, yaitu perangkat keras yang digunakan untuk menambang (mining) kripto.

ASIC-Resistant
Algoritma yang digunakan oleh sebuah ekosistem kripto untuk menonaktifkan penambang yang menggunakan ASIC untuk menambang koin. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat desentralisasi blockchain mereka agar penambangan terjangkau bagi semua orang.

Ask Price
Harga jual, yaitu harga minimum yang ditawarkan trader saat menjual asetnya.

Asset-Backed Tokens
Aset digital yang terus berkembang yang membuka pintu untuk investasi digital ledger yang taat regulasi.

Assets Under Management (AUM)
Total nilai pasar dari investasi yang dikelola seseorang atau entitas atas nama klien.

Astroturfing
Sebuah strategi marketing yang dilakukan sebuah perusahaan atau brand untuk memberikan kesan dukungan dari berbagai kalangan yang tersebar luas seperti pemerintahan, kebijakan, dan lain-lain.

Asynchronous
Protokol pengaturan waktu kontrol komputer di mana operasi tertentu dimulai setelah menerima sinyal bahwa operasi sebelumnya telah selesai.

ATH (All Time High)
Harga tertinggi yang pernah dicapai sebuah koin.

ATL (All Time Low)
Harga terendah yang pernah dicapaiĀ  sebuah koin.

Atomic Swap
Exchange dengan teknologi smart contract yang dapat memudahkan pertukaran satu aset kripto dengan aset kripto lainnya tanpa menggunakan perantara pusat seperti exchange kripto.

AtomicDEX
Wallet cryptocurrency dan decentralized exchange (DEX) yang digabungkan menjadi sebuah aplikasiĀ  yang tersedia untuk desktop, mobile, dan web.

Attestation Ledger
Ledger yang digunakan untuk membuktikan bahwa transaksi keuangan telah terjadi atau untuk membuktikan keaslian transaksi atau produk.

Auction (Lelang)
Penjualan publik melalui proses penawaran dan aset akan diberikan kepada penawar tertinggi.

Audit
Proses ketika penambang memeriksa kode atau algoritma dasar yang menyusun sistem dan aplikasi.

Augmented Reality (AR)
Pengalaman mendalam yang meningkatkan nilai dan penggunaan item dunia nyata menggunakan informasi intuitif yang dihasilkan komputer yang dikirim melalui berbagai modalitas sensorik seperti suara, sentuhan, penciuman, atau penglihatan.

Authentication
Proses mengonfirmasi identitas pengguna menggunakan kata sandi, kode SMS, sidik jari, atau bentuk bukti kepimilikan lainnya sebelum memberikan akses ke informasi pribadi dan sensitif.

Automated Market Maker (AMM)
Sistem yang menyediakan likuditas ke bursa yang dioperasikannya melalui perdagangan otomatis.

Average Directional Index (ADX)
Indikator teknis yang mengukur seberapa kuat tren pasar dengan menggunakan price moving averages dan diwakili oleh angka berkisar antara 1 dan 100, nilai yang lebih besar menunjukkan tren yang lebih kuat.