Headlines

Mata Uang BRICS Akan Menguntungkan Iran dan Melemahkan Dolar AS

Mata Uang BRICS Akan Menguntungkan Iran dan Melemahkan Dolar AS

Seorang pejabat Iran, Rasoul Mousavi, telah menyatakan bahwa Iran berharap untuk mendapatkan manfaat dari mata uang bersama BRICS yang didukung oleh emas. Pejabat tersebut percaya bahwa mata uang semacam itu akan mengikis dominasi dolar AS dan memberikan peningkatan kekayaan bagi orang-orang Iran yang memegang emas. Mousavi menekankan bahwa perubahan luar biasa sedang terjadi dalam ekonomi internasional.

Dilansir dari bitcoin.com ,Pernyataan ini muncul setelah laporan bahwa Rusia telah mengkonfirmasi rencana untuk menciptakan mata uang bersama yang didukung oleh emas dalam kerangka kerja BRICS.

BRICS terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan. Namun, saat ini belum ada pengumuman resmi mengenai pembentukan mata uang semacam itu.

Meskipun demikian, Mousavi percaya bahwa mata uang bersama BRICS yang didukung oleh emas akan menguntungkan Iran dan mengurangi dominasi dolar AS. Blok ekonomi BRICS memiliki pengaruh yang signifikan dan sedang mempertimbangkan untuk menambah anggota baru.

Baca Juga :Presiden Iran Ebrahim Raisi telah mendorong De-dolarisasi

Leslie Maasdorp, wakil presiden dan kepala keuangan Bank Pembangunan Baru, yang juga dikenal sebagai Bank BRICS, mengatakan bahwa pembentukan mata uang BRICS sebagai alternatif dari dolar AS merupakan tujuan jangka menengah dan panjang.

Kepercayaan umumnya adalah bahwa pembentukan mata uang BRICS yang berhasil dapat mengurangi dominasi dolar AS dan memberikan dampak positif bagi negara-negara seperti Iran. Dalam konteks ini, Iran berharap untuk mendapatkan manfaat dari mata uang BRICS yang didukung oleh emas dan mengalami peningkatan kekayaan. [DS]