Headlines

MolochDAO, Platform DAO untuk Pendanaan Proyek dan Penelitian Ethereum 2.0 dengan Fitur Unik Ragequit

Illust : MolochDAO, Platform DAO untuk Pendanaan Proyek dan Penelitian Ethereum 2.0 dengan Fitur Unik Ragequit

Ethereum memiliki ekosistem terdesentralisasi yang sangat kuat. Bukan hanya menjadi tempat pembangunan DeFi, DApps, atau platform terdesentralisasi lainnya, Ethereum juga memiliki MolochDAO yang dirancang untuk mendanai infrastruktur publik yang berkaitan dengan pengembangan Ethereum 2.0.

MolochDAO adalah platform DAO untuk pendanaan proyek dan penelitian di ekosistem Ethereum. MolochDAO dibangun pada Februari 2019, dengan Whitepaper yang ditulis oleh Ameen Soleimani, Arjun Bhuptani, James Young, Layne Haber, dan Rahul Sethuram. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang MolochDAO, mari simak poin-poin berikut ini.

1. Apa Itu MolochDAO?

MolochDAO adalah DAO (Decentralized Autonomous Organization) yang digunakan di mainnet Ethereum. MolochDAO merupakan platform DAO yang bergerak di bidang hibah untuk membantu pengembangan proyek-proyek menarik di Ethereum. Bukan hanya pengembangan proyek, MolochDAO juga mendanai penelitian yang telah mendapatkan banyak dukungan dan feedback positif dari anggota MolochDAO.

Anggota MolochDAO tidak mendapatkan keuntungan finansial secara langsung seperti investasi tradisional, tetapi mereka berbagi keuntungan dari perbaikan infrastruktur publik yang didanai oleh DAO. Awalnya MolochDAO dirancang untuk fokus pada pendanaan pengembangan Ethereum 2.0.

2. Kerangka Kerja dan Fitur-Fitur MolochDAO

Berbeda dengan kerangka kerja DAO lainnya, arsitektur Moloch DAO relatif sederhana. MolochDAO terdiri dari smart contract tunggal per DAO, dengan fokus pada keamanan, kegunaan, dan ekstensibilitas.

Fitur-Fitur Utama MolochDAO

  • Sistem Keanggotaan

Sistem keanggotaan MolochDAO juga sangat sederhana. Anggota baru dapat dengan mudah dipilih oleh anggota yang ada. Cara ini menggambarkan sistem MolochDAO yang berorientasi kelompok.

  • Pemungutan Suara Berbobot

Anggota dapat memiliki bobot tata kelola yang berbeda-beda (berbeda dengan multisigs, di mana setiap anggota memiliki satu suara).

  • Ragequit

Anggota dapat keluar dari sebagian atau seluruh saham (shares) keanggotaan mereka dengan imbalan sejumlah aset yang proporsional dalam perbendaharaan DAO.

MolochDAO mengambil tindakan dalam bentuk proposal. Setelah diajukan, proposal harus disponsori oleh anggota DAO. Setelah disponsori, periode pemungutan suara dimulai, di mana anggota memberikan suara pada proposal sesuai dengan bagian mereka. Sebuah proposal disahkan jika menerima lebih banyak suara mendukung daripada oposisi.

Jika proposal lolos, maka harus melalui masa tenggang sebelum dapat dieksekusi. Selama periode ini, anggota yang tidak memberikan suara mendukung proposal dapat mengundurkan diri dari Ragequit. Fitur ini menawarkan perlindungan yang kuat bagi anggota minoritas bahkan tanpa persyaratan kuorum.

Proposal dapat memberikan shares kepada anggota baru (atau saham tambahan untuk anggota yang ada), mentransfer aset dari perbendaharaan DAO kepada penerima. Jika proposal tidak dapat berinteraksi langsung dengan smart contract lainnya, MolochDAO dapat melakukannya dengan bantuan smart contract pembantu khusus yang disebut Moloch Minion.

Berdasarkan fitur-fitur inti ini, MolochDAO memiliki sejumlah properti penting:

  • Perlindungan anggota minoritas yang kuat.
  • Keamanan.
  • Kekuatan yang sangat terdesentralisasi dan terdistribusi.
  • Dukungan untuk koordinasi yang efisien.

3. Hibah Proyek dan Hibah Penelitian

Illust : Hibah Proyek dan Hibah Penelitian
Sumber Asset : Business photo created by pch.vector – www.freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, MolochDAO dirancang untuk mendanai proyek-proyek yang akan mengembangkan dan menambah infrastruktur publik Ethereum dan juga berbagai penelitian. Pendanaan ini disebut dengan Hibah Proyek (Project Grants) dan Hibah Penelitian (Research Grants). MolochDAO menyediakan $1.000.000 dalam bentuk hibah setiap tahun. Sistem hibah MolochDAO memiliki beberapa syarat dan ketentuan berikut ini.

Pihak-Pihak yang Berhak Didanai

  • Individu dan proyek yang didedikasikan untuk kemajuan blockchain Ethereum.
  • Inisiatif untuk meningkatkan infrastruktur Ethereum.
  • Proyek pembangunan budaya yang mengiterasi pengetahuan skala global, diamankan secara kriptografis, jaringan komputasi paralel sebagai infrastruktur publik digital yang akan memfasilitasi pelestarian infrastruktur publik fisik.

Cara Mendapatkan Dana Hibah

  • Dapatkan feedback awal dari anggota komunitas tentang proyek Anda.
  • Lakukan panggilan video untuk menentukan apakah proyek Anda cocok untuk hibah MolochDAO.
  • Kirim proposal secara on-chain melalui platform DAOHaus.
  • Dapatkan lebih banyak feedback tentang proyek sebelum MolochDAO berkomitmen untuk hibah.

4. Membership

Illust : Membership
Sumber Asset : Technology vector created by storyset – www.freepik.com

MolochDAO ada sebagai kumpulan unit keanggotaan (shares). Anggota adalah siapa saja yang memegang sejumlah saham, yang mewakili kepentingan pemungutan suara, dengan satu saham = satu suara. Jadi hak suara setiap anggota sebanding dengan persentase sahamnya secara keseluruhan.

MolochDAO dirancang dengan desain minimalis. Platform ini tidak memiliki mekanisme on-chain yang ekstensif, sehingga sebagian besar fungsi operasional harus ditangani di luar rantai. Pemungutan suara tertimbang saham terjadi secara on-chain untuk satu tujuan tunggal, yaitu untuk memutuskan penerimaan anggota baru yang pada akhirnya akan menerbitkan saham baru.

Baca juga Mudah Digunakan, Platform DAOhaus Menggunakan Kode Open Source MolochDAO

Membership Proposal

Hanya anggota saat ini yang dapat mengajukan proposal. Jadi seorang calon anggota harus meyakinkan anggota yang sudah ada untuk mengajukan proposal atas namanya.

Setiap proposal harus menentukan hal-hal berikut:

  • Sebuah proyek yang dapat didanai DAO.
  • Upeti, yaitu sumbangan dana atau janji untuk melakukan pekerjaan.
  • Sejumlah saham yang akan diberikan kepada calon anggota sebagai imbalan atas upeti.

Anggota yang mengajukan proposal harus membayar deposit 10 ETH, dengan 9,9 ETH yang akan dikembalikan apa pun hasilnya. Bagian deposit yang dapat dikembalikan berfungsi untuk mengurangi spam, dan bagian yang dibatalkan berfungsi untuk memberi insentif kepada anggota untuk mengoperasikan fungsi smart contract pemrosesan proposal (anggota yang mengoperasikan fungsi itu mendapatkan 0,1 ETH).

5. Fitur Ragequitting MolochDAO

Ragequitting adalah salah satu keunikan MolochDAO yang membuatnya digunakan juga oleh DAOhaus. Fitur ini memberikan kemudahan bagi ekosistem MolochDAO.

MolochDAO memungkinkan setiap anggota menguangkan sahamnya, alih-alih menghabiskan uang untuk proposal yang tidak dia setujui. Inilah yang disebut dengan Ragequitting.

Selama periode 7 hari setelah penutupan pemungutan suara proposal, setiap anggota yang tidak menyetujui proposal dapat melakukan Ragequitting. Artinya, dia dapat melikuidasi sahamnya (semua atau sebagian) dan mendapatkan kembali nilai yang setara dalam ETH. Hal ini tentu saja mengakibatkan hilangnya hak suara. Dan jika seorang anggota melikuidasi semua sahamnya dalam Ragequit, maka secara otomatis dia berhenti menjadi anggota DAO dan hanya dapat bergabung kembali melalui proses pengajuan keanggotaan biasa.

MolochDAO tidak memuat mekanisme formal untuk mengeluarkan anggota. Sebagai gantinya, anggota lain perlu Ragequit, memotong kode DAOMoloch, dan memulai DAO baru, meninggalkan anggota yang dikeluarkan di DAOMoloch lama.

6. Versi MolochDAO

Sejak peluncuran awal, kerangka kerja Moloch DAO telah ditingkatkan ke Moloch V2, yang memungkinkan lapisan baru kemampuan DAO, termasuk kemampuan MolochDAO untuk memperoleh dan membelanjakan token yang berbeda (bukan hanya satu). Moloch V2 juga memperkenalkan tipe proposal Guild Kick yang memungkinkan anggota untuk secara kolektif menghapus anggota lain dari DAO (aset mereka dikembalikan secara penuh).

MolochDAO sedang mengembangkan Moloch V3, yang diharapkan dapat memperkenalkan fleksibilitas dan ekstensibilitas baru pada kerangka kerja.