Headlines

Panama Mempertimbangkan Melegalkan Bitcoin dan Ethereum, Mengikuti Jejak El Salvador

Illust : Panama Mempertimbangkan Melegalkan Bitcoin dan Ethereum, Mengikuti Jejak El Salvador

Panama adalah negara Amerika Tengah yang baru baru ini berencana untuk melegalkan teknologi blockchain, cryptocurrency, dan aset digital andalan yaitu Bitcoin atau BTC. Menurut pembaruan baru-baru ini dari Anggota Kongres, Panama Gabriel Silva, majelis nasional telah disajikan dengan undang-undang kripto yang bertujuan untuk memposisikan negara Panama di garis depan inovasi teknologi.

Anggota kongres yang berusia 32 tahun itu melanjutkan dengan menguraikan beberapa alasan mengapa melegalkan cryptocurrency termasuk bitcoin adalah ide bagus untuk Panama. Ide tersebut termasuk peningkatan penciptaan lapangan kerja, dukungan untuk inovasi, transparansi pemerintah, pembentukan perusahaan atau inisiatif baru, desentralisasi, dan perluasan apa pun industri jasa keuangan negara saat ini tawarkan.

Baca juga Menteri Keuangan Zimbabwe Menyatakan bahwa Cryptocurrency Tidak Dapat Diabaikan

“Hari ini, kami dengan senang hati mengumumkan Crypto Law. Kami ingin melihat Panama menjadi negara yang kompatibel dengan teknologi blockchain, aset crypto, dan perkembangan internet terkait lainnya. Hal ini berpotensi menghasilkan ribuan lapangan kerja, menarik investasi, dan meningkatkan transparansi dalam pemerintah,” jelas anggota kongres itu melalui fitur terjemahan Twitter.

“Panama tidak boleh dilupakan. Mari kita sekarang beralih ke pro Mundi menguntungkan yang futuristik. Sehingga kita dapat menuju ekonomi yang lebih inklusif dengan bangsa Panama berada di garis terdepan dalam inovasi dan teknologi.”

Upaya Panama akan mengikuti jejak El Salvador, yang mengalami diskusi berbulan-bulan antara legislator dan lembaga keuangan internasional, termasuk Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF). Butuh waktu lama bagi El Salvador untuk menjadi pemerintah pertama yang mengakui Bitcoin sebagai uang tunai legal, dan prosesnya jauh dari mudah.

Panama akan menghadapi tentangan dari Bank Dunia dalam implementasi teknis proyeksi sebelum terjun ke dunia mata uang digital, seperti yang dilakukan pengawas moneter dengan El Salvador. Bitcoin dan teknologi blockchain lainnya membutuhkan banyak energi untuk dijalankan, oleh karena itu lembaga keuangan ini juga dapat memutuskan ikatan moneter.

Terlepas dari kenyataan bahwa undang-undang kripto Panama yang diusulkan tidak memiliki jadwal khusus, salah satu anggota kongres menyatakan bahwa isi proposal tersebut terbuka untuk perbaikan.

Sumber: https://blockchain.news/news/panama-looks-to-legalize-bitcoin-and-ethereum-in-line-with-el-salvador