Headlines

Pasar NFT Ethereum OpenSea Mencapai Hari Puncak Kejayaannya

Pasar NFT Ethereum OpenSea

Setelah bulan September yang terbilang jauh lebih sepi, kini volume perdagangan NFT meningkat lagi—dan proyek baru yang paling populer adalah gambar profil katak (toad) piksel.

Penjualan koleksi NFT meningkat selama akhir pekan, karena pasar terkemuka OpenSea mencatat volume perdagangan satu hari mencetak angka tertinggi dalam hampir sebulan. Yang memimpin eksistensi terbesar kali ini adalah avatar katak berbasis piksel, yang secara tidak disangka-sangka didambakan oleh para kolektor.

Baca Juga Aplikasi Context, untuk Mencari, Berbagi, Serta Melacak Pasar NFT

OpenSea mencatat volume perdagangan NFT senilai $136,8 juta pada hari Minggu, per data dari Dune Analytics, menandai penghitungan satu hari tertinggi dalam hampir sebulan—sejak mencapai nilai $138,5 juta pada tanggal 5 September. Volume perdagangan telah menjadi tren naik di pasar selama minggu lalu menyusul penurunan yang lebih luas di sebagian besar bulan September.

Pasar berbasis Ethereum melonjak ke posisi puncak terbarunya pada bulan Agustus, mengumpulkan volume perdagangan senilai hampir $3,5 miliar untuk bulan tersebut saja—naik lebih dari 10 kali lipat dari Juli lalu, yang merupakan bulan terbaik sebelumnya hingga saat ini. Lonjakan Agustus termasuk rekor satu hari perdagangan NFT senilai hampir $323 juta pada 29 Agustus.

Angka bulan September merosot dari ketinggian yang menjulang tajam, dan koleksi teratas seperti Art Blocks dan Bored Ape Yacht Club juga mengalami penurunan perdagangan bulan lalu—seperti halnya proyek populer yang tidak diperdagangkan di OpenSea, seperti CryptoPunks dan game NFT Axie Infinity. NFT bertindak seperti akta kepemilikan untuk barang digital, baik itu gambar, file video, ataupun sesuatu yang lain sama sekali.

Terlepas dari beberapa obrolan yang terkesan cukup malapetaka dan kesuraman baru-baru ini di sekitar pasar yang menurun, angka akhir OpenSea sebenarnya tidak jauh dari Agustus lalu, dengan lebih dari $3 miliar di antara penjualan berbasis Ethereum dan Polygon. Sementara itu, ada penjualan NFT bernilai tinggi—seperti NFT “Ringers” Art Blocks yang menjual ETH senilai $6,9 juta pada hari Sabtu—sementara koleksi NFT baru yang menonjol masih diluncurkan dan terjual habis.

Salah satu koleksi yang diluncurkan baru-baru ini dan terjual habis adalah CrypToadz oleh GREMPLIN, yang memulai debutnya pada awal September dan menjual NFT senilai $17,7 juta selama minggu pertama. Penjualan pasar sekunder sejak saat itu naik dan turun, termasuk beberapa hari dengan volume kurang dari satu juta dolar. Namun, kenaikan penjualan selama seminggu terakhir memuncak dengan ledakan perdagangan dan lonjakan harga dasar pada hari Minggu.

CrypToadz senilai lebih dari $19 juta diperdagangkan pada hari Minggu, membuat rekor harian baru untuk koleksi tersebut, per data dari CryptoSlam. Hingga saat ini, koleksi tersebut telah menghasilkan perdagangan senilai $88 juta. Menurut CryptoSlam, ini adalah koleksi NFT paling populer selama 24 jam terakhir, mengalahkan Axie Infinity dengan volume kurang dari $1 juta.

Harga jual rata-rata telah naik secara signifikan selama seminggu terakhir, seperti halnya harga dasar: CrypToadz NFT termurah yang tersedia pada saat penulisan ini berharga 11,2 ETH — sekitar $37.000. Harga pencetakan asli untuk CrypToadz hanya 0,069 ETH, atau sekitar $225 hari ini.

Pasar NFT Solana juga naik minggu ini, dengan Solanalysis melaporkan hampir $156 juta volume perdagangan selama minggu lalu pada alternatif Ethereum yang meningkat. Pergerakan itu meningkat 13% dari minggu sebelumnya, dan totalnya termasuk penjualan NFT Solana Monkey Business senilai $2,1 juta di hari Jumat.

Sumber:

https://decrypt.co/82564/ethereum-nft-market-opensea-record-cryptoadz-sales-surge