Headlines

Pasokan Bitcoin yang Tersisa di Bursa Hanya Berjumlah 12.9%

Illust : Pasokan Bitcoin yang Tersisa di Bursa

Pasokan Bitcoin yang tersisa mulai menipis. Berkaitan dengan harga Bitcoin (BTC) di pasar aset digital yang terus mengalami kenaikan, demikan juga dengan tingkat di mana para investor melakukan penarikan dana mereka dari pertukaran kripto. Pernyataan tersebut dilaporkan oleh Glassnode baru-baru ini.

Menurut laporan tersebut, saat ini sejumlah 12.9% dari pasokan Bitcoin yang beredar atau sekitar $163 miliar tersisa di dalam bursa. Kondisi ini dimulai pada bulan Agustus, ketika Bitcoin mulai mendapatkan momentum kenaikan pasca kemerosotan harga pada musim panas  tahun ini.

Secara umum, Glassnode menulis dalam laporan tersebut bahwa apabila investor menyimpan lebih banyak Bitcoin mereka di bursa, hal itu dapat dijadikan sebagai tanda bahwa harga tengah mengalami kenaikan dan mereka siap untuk melakukan penjualan koin. Akan tetapi, fakta yang terjadi di lapangan tidak demikian.

Baca juga Meskipun Terjadi Penurunan, Bitcoin Diperkirakan akan Mencapai $90.000 dalam Beberapa Minggu Mendatang

Analisis Glassnode memaparkan bahwa penarikan bersih harian dari bursa telah mencapai rata-rata 5.000 BTC. Laporan tersebut mencatat bahwa “meskipun melayang tepat di bawah all-time-high (ATH), aktivitas on-chain tetap tidak jauh di atas level pasar bearish”.

Hal ini menyiratkan bahwa rekor harga tertinggi tidak mendorong banyak investor untuk melakukan penjualan. Mayoritas investor merasa puas dengan HODL Bitcoin mereka, dan Glassnode mengatakan bahwa hal ini merupakan tanda bahwa banyak dari mereka mengharapkan harga Bitcoin yang terus meningkat.

Sementara itu, tingkat di mana alamat dompet digital baru terkait pengiriman atau penerimaan Bitcoin telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada hari Senin 9 November yang merupakan hari terakhir pencatatan data tersebut, terdapat sebanyak 516.914 alamat dompet digital baru yang telah berpartisipasi dalam transaksi koin. Jumlah tersebut telah mengalami peningkatan sebesar 72% dari sekian banyak pengguna baru yang mengirim atau menerima Bitcoin pada awal Agustus.

Pada 14 November, jumlah total alamat Bitcoin melampaui 900.000 untuk pertama kalinya. Akan tetapi hal itu tidak berarti bahwa banyak investor atau perusahaan baru telah memasuki ruang aset tersebut. Penciptaan entitas baru hampir tidak mengalami peningkatan di atas titik yang biasanya terlihat selama pasar bearish Bitcoin.

Sumber:

https://decrypt.co/85885/bitcoin-supply-exchanges-12-percent