Headlines

‘Permission Ads’: Platform Periklanan yang Mengusung Hak Pengguna atas Data Pribadi

Selama beberapa dekade terakhir, dunia digital telah menjadi sebuah sistem oligarki yang didominasi oleh monopoli terhadap teknologi besar berbasis data serta persaingan agresif dalam ekonomi. Hal tersebut memunculkan tindakan pengumpulan profil dan data individu yang diperjual belikan kepada pihak ketiga untuk kepentingan beberapa oknum.

Taktik yang digunakan oleh Web 2.0 untuk mengumpulkan data tersebut adalah dengan memantau, menginterupsi, mengeksploitasi, dan memonetisasi data pribadi. Kini, taktik tersebut telah mengakar kuat dengan sentralisasi dan penggunaan data oleh banyak pihak tanpa persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

Sebagai solusi, Permission.io menghadirkan platform periklanan untuk memutus rantai perekonomian yang eksploitatif dan mengembalikan hak individu atas kerahasiaan informasi. Dalam hal ini, Permission.io mengembangkan unit pertukaran yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan harga serta berada dalam sistem pasar yang transparan. Dengan begitu, Permission.io telah membangun sistem perekonomian yang terdesentralisasi sehingga mampu memberdayakan individu untuk memiliki, mengontrol, dan mendapatkan keuntungan atas keterlibatan mereka.

Baca juga Pengawas Periklanan Inggris Telah Melarang Coinbase dan Kraken Menayangkan Iklan Crypto

Projek utama dari platform ini adalah token ASK yang bertujuan untuk mendukung sistem periklanan digital (Permission Ads) secara global. Hal itu dilakukan dengan memberikan akses pada pengguna untuk memberikan persetujuan dan memonetisasi data mereka dalam platform secara aman, memberikan solusi bisnis, serta mendapatkan laba atas transaksi yang dilakukan.

Berdasarkan aturan yang berkaitan dengan privasi dan pemblokiran iklan, model periklanan yang diberlakukan harus berbasis persetujuan. Dengan begitu, platform dapat melibatkan partisipasi pengguna dan memastikan bahwa pengguna mendapatkan imbalan atas data yang mereka bagikan secara sukarela.

Saat ini, pengguna dapat memperoleh token ASK dengan membagikan data dan menyeleksi baik iklan maupun konten yang relevan dalam platform. Selain itu, pihak pengiklan juga dapat menggunakan ASK sebagai mekanisme insentif di saluran digital mereka sendiri serta mendorong loyalitas dan kampanye yang dipersonalisasi. Kelebihan lainnya adalah bahwa pengguna dapat membeli dan membelanjakan token ASK melalui platform perdagangan seperti Shopify dan beberapa platform e-niaga besar lainnya.

Secara lebih detil, proyek ini juga merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi ‘Aljabar Data’ milik Permission.io. Teknologi tersebut merupakan sebuah terobosan untuk mencairkan data dan memungkinkan individu untuk mengumpulkan dan memonetisasi dataset mereka. Kemudian, perusahaan dapat mendapatkan izin untuk melihat dataset yang paling komprehensif.