Headlines

Perusahaan Modal Ventura Kripto Mencatat AUM Melonjak di Tahun Ini

Illust : Perusahaan Modal Ventura Kripto Mencatat AUM Melonjak di Tahun Ini

Perusahaan modal ventura (VC) yang berfokus pada proyek Web3 dan bisnis kripto mengumpulkan assets under management (AUM) senilai miliaran dolar. Pencapaian ini terjadi karena lebih banyak modal dialokasikan untuk sektor tersebut.

Menurut sebuah laporan, perusahaan investasi kripto Paradigm memiliki AUM senilai $13,2 miliar dan tumbuh sekitar 343% dibandingkan dengan $2,98 miliar yang dilaporkan dalam pengarsipan pada Desember 2020.

Laporan tersebut ditinjau oleh jurnalis bisnis Eric Newcomer. Dalam laporannya, Newcomer mencatat aplikasi terbaru dari berbagai VC Web3 dan kripto diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). Untuk terdaftar sebagai ‘penasihat investasi,’ perusahaan-perusahaan tersebut harus mengungkapkan peraturan atas AUM mereka ke SEC.

Aplikasi tersebut juga mengungkapkan bahwa dana kripto dari Andreesseen Horowitz (a16z) berjumlah sekitar $9 miliar. Secara keseluruhan, perusahaan tersebut memiliki AUM untuk semua investasi mencapai $54,6 miliar.

Baca juga Perusahaan Modal Ventura Kripto gCC Menyiapkan Dana Tahap Awal Sebesar $110 Juta

Sequoia Capital dan Tiger Global juga membukukan beberapa angka besar, masing-masing dengan AUM senilai $85,5 miliar dan $124,7 miliar. Di sisi lain, Tiger Global mencatat peningkatan hingga 58% dari $79,1 miliar dalam pengajuannya dari tahun lalu.

Temuan ini muncul setelah laporan baru-baru ini yang menyatakan bahwa modal ventura terus mengalir ke sektor kripto. Pada 2021, pendanaan modal ventura senilai $25,2 miliar masuk ke startup blockchain global, angka tersebut meningkat 713% dari $3,1 miliar pada 2020.

Ekspektasi modal ventura mengalir ke sektor kripto lebih besar di tahun ini. Pada Januari, a16z mengungkapkan bahwa perusahaan bersiap untuk mengumpulkan $4,5 miliar dalam dana terbaru yang berfokus pada cryptocurrency. a16z juga menyoroti penawaran NFT Solana sebagai peluang berikutnya.

Jaringan Solana menawarkan biaya transaksi yang jauh lebih rendah daripada Ethereum, terutama Solana memiliki kecepatan jaringan yang baik. Oleh karena itu, a16z menyalurkan sejumlah dana kepada perusahaan game dan NFT berbasis Solana.

Fractal, platform pasar game NFT berbasis Solana, mengumpulkan dana sebesar $35 juta yang dipimpin oleh Paradigm, a16z turut terlibat sebagai investor umum. Selain itu, Paradigm juga memimpin putaran pendanaan Seri A untuk Magic Eden sebesar $27 juta, Sequoia Capital juga berpartisipasi sebagai investor umum.

Sumber: Cointelegprah