Headlines

Riset: 9% Orang Dewasa di Prancis Berinvestasi Kripto

Riset: 9% Orang Dewasa di Prancis Berinvestasi Kripto

Menurut survei Otoritas Pasar Keuangan Prancis (AMF) yang melibatkan lebih dari seribu investor ritel baru di Perancis, ditemukan bahwa 24 persen orang dewasa Perancis memiliki investasi di berbagai instrumen keuangan.

Sebanyak 9 persen dari mereka telah berinvestasi dalam mata uang kripto. Meskipun investasi tradisional masih mendominasi portofolio secara umum, terdapat kecenderungan yang meningkat terhadap aset kripto, terutama di kalangan generasi muda. Hal ini mencerminkan pergeseran preferensi investasi dari satu generasi ke generasi berikutnya, serta adopsi solusi keuangan digital yang lebih progresif di Perancis.

Investor baru ini memiliki profil yang lebih muda dan lebih beragam daripada sebelumnya, dengan usia rata-rata 36 tahun, dan sebagian besar berada di bawah 35 tahun. Data menunjukkan bahwa motivasi mereka tidak hanya terkait dengan pertumbuhan finansial, tetapi juga dipengaruhi oleh fenomena sosial dan tren digital.

Peningkatan kepemilikan aset kripto terutama terlihat di kalangan generasi muda, menunjukkan adanya korelasi antara usia, keterampilan digital, dan pilihan investasi pada teknologi baru. Laporan AMF mencatat bahwa investor baru cenderung kurang berinvestasi di pasar saham dibandingkan dengan investor tradisional, dengan 54 persen dari mereka memiliki aset kripto (tinggi pada 63 persen untuk investor baru berusia 25-34 tahun), dibandingkan dengan 25 persen untuk investor tradisional.

Baca Juga : Robert Kiyosaki: Crypto Adalah Masa Depan

Motivasi umum di balik investasi masyarakat Prancis mencakup pencarian keuntungan yang lebih tinggi dan diversifikasi tabungan. Menariknya, jaringan sosial dan pengaruh dari rekan kerja menjadi faktor penting dalam keputusan investasi, di mana banyak investor baru tertarik ke pasar berdasarkan apa yang mereka lihat online atau dengar dari kenalan mereka.