Headlines

Singapura Beri Lisensi Penuh ke Ripple untuk Layanan Kripto

Singapura Beri Lisensi Penuh ke Ripple untuk Layanan Kripto

Otoritas Moneter Singapura (MAS) baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah memberikan lisensi penuh kepada Ripple, perusahaan teknologi blockchain terkemuka, untuk menyediakan layanan kripto di negara ini. Keputusan ini dianggap sebagai langkah penting dalam mendorong adopsi aset digital di Singapura.

Dilansir dari Bitcoin.com, Ripple, melalui anak perusahaannya, Ripple Markets APAC Pte Ltd., sekarang memiliki Lisensi Lembaga Pembayaran Utama (MPI) dari MAS. Ini memungkinkan Ripple untuk menawarkan layanan token pembayaran digital di Singapura. Pemberian lisensi ini terjadi empat bulan setelah Ripple menerima persetujuan prinsip.

Dalam pengumumannya, Ripple menekankan bahwa langkah ini menggarisbawahi pentingnya solusi kripto dalam dunia bisnis dan lembaga keuangan. Hal ini juga menunjukkan bahwa Singapura, yang dikenal sebagai pemimpin dalam regulasi aset digital, menjadi tempat ideal bagi bisnis dan lembaga keuangan untuk memanfaatkan potensi kripto dalam pembayaran lintas batas, likuiditas kripto, dan mata uang digital bank sentral.

Brad Garlinghouse, CEO Ripple, menyambut baik langkah ini dan mencatat peran penting Singapura dalam operasional global Ripple. Dia juga menegaskan rencana perusahaan untuk terus mengembangkan kehadirannya di Singapura.

Baca Juga : Altcoin Naik setelah , Bitcoin Menguat hingga Rp. 420 Juta

Ripple bukanlah satu-satunya pemain besar yang mendapatkan lisensi penuh MPI di Singapura. Awal pekan ini, Coinbase, pertukaran mata uang kripto yang terdaftar di Nasdaq, juga mengumumkan penerimaan lisensi serupa dari MAS. Coinbase menunjuk Singapura sebagai “pasar penting” untuk bisnis mereka.

Kejelasan peraturan di Singapura diakui sebagai faktor kunci kesuksesan dalam menarik perusahaan kripto. Dalam konteks ini, Ripple menekankan pentingnya peraturan yang jelas dalam menjaga keamanan dan kepercayaan bagi bisnis dan institusi yang ingin menjelajahi potensi solusi kripto.

Sementara di AS, Ripple juga mencatat kemenangan hukum dengan penolakan permohonan banding oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terkait XRP, menegaskan posisi perusahaan dalam dunia kripto.