Headlines

Solana Yakin Mampu Kalahkan Dominasi NFT Ethereum ketika ETH Sedang Berada di Masa Kritis

Illust : Solana Yakin Mampu Kalahkan Dominasi NFT Ethereum ketika ETH Sedang Berada di Masa Kritis

Ethereum adalah pemain penting di dunia cryptocurrency karena merupakan aset crypto terbesar kedua berdasarkan nilai pasar dan telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Saat ini, Ethereum juga memiliki pangsa pasar terbesar khususnya di pasar non-fungible token (NFT) dan decentralized finance (DeFi).

Namun, mengingat tantangan skalabilitas Ethereum yang sedang berada di masa kritis, selalu ada kemungkinan jika Ethereum akan tergeser posisinya. Sebagian besar peminat kripto percaya bahwa salah satu jaringan infrastruktur blockchain yang lebih agresif di pasar akan menyusul ETH. Sebut saja Solana yang mulai mendukung NFT tahun ini dan dengan cepat menjadi pilihan yang lebih disukai untuk mencetak dan memperdagangkan koleksi digital populer tersebut. Nama Solana kemudian menjadi salah satu nama yang muncul dalam perdebatan proyek yang berpotensi melampaui keunggulan ETH.

Manakah yang Layak Disebut sebagai Masa Depan NFT? Solana atau Ethereum?

Topik mengenai ke mana arah pasar NFT di masa depan ternyata cukup membingungkan. Meskipun tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana pasar NFT akan memainkan perannya di masa mendatang, ada tanda-tanda signifikan bahwa Solana adalah rival potensial Ethereum dalam hal dominasi NFT.

Baca juga Pengembangan DApps dengan Solana, Blockchain dengan Fitur Proof of History

Solana telah memantapkan dirinya sebagai pengganti yang potensial bagi Ethereum. Satu penjelasan yang memungkinkan hal itu terjadi adalah bahwa jaringan Solana telah mencapai tahap di mana Ethereum bermaksud untuk menggunakan proof-of-stake miliknya. Solana memiliki level transaksi per detik yang lebih cepat dibandingkan Ethereum, lebih murah dalam hal biaya, serta lebih ramah terhadap lingkungan.

Keuntungan lain dari Solana dibandingkan Ethereum adalah ekosistem Solana telah berkembang lebih cepat pada tahun 2021, di samping kenyataan bahwa lebih banyak pengembang menemukan Solana lebih mudah untuk diprogram.

Tidak mengherankan bahwa NFT telah memperoleh banyak momentum positif di jaringan Solana karena beberapa keunggulan tersebut. Menurut data dari DappRadar, nilai NFT yang dipertukarkan pada platform blockchain Solana telah melampaui $1 miliar. Solana juga berkontribusi dengan baik di game NFT saat ini. Solana mengumpulkan banyak investasi modal ventura yang diarahkan untuk memperkuat model NFT play-to-earn.

Di sisi lain, Solana masih harus melewati jalan yang panjang sebelum dapat menyamai posisi Ethereum atau mungkin melampauinya dalam hal dominasi NFT. Faktanya yaitu bahwa jaringan Ethereum tetaplah menjadi basis bagi sebagian besar inisiatif NFT. Ethereum juga tengah mengupayakan untuk bermigrasi ke ETH 2.0, yang memungkinkannya untuk bersaing dalam aspek kecepatan dan biaya transaksi.

Menurut analisis pasar 2021 DappRadar, industri NFT mencetak banyak pertumbuhan pada tahun 2021. Salah satu pertumbuhan signifikan yang dicapai yaitu tercatat ada lebih dari $23 miliar dalam valuasinya. Nilai total dari 100 proyek NFT teratas kini bernilai $16,7 miliar. Ketika NFT menjadi lebih banyak digunakan, industri ini diperkirakan akan lebih besar di tahun 2022.

Sumber: https://zycrypto.com/solana-threatens-to-flip-ethereums-nft-dominance-as-ether-grapples-on/