Headlines

Solsea Marketplace, Pasar NFT Berbasis Solana

Illust - Solsea Marketplace, Pasar NFT Berbasis Solana
Illust - Solsea Marketplace, Pasar NFT Berbasis Solana
Sumber Asset: Flat design nft concept illustration created by freepik – www.freepik.com

Jika 2020 adalah tahun emas untuk DeFi, maka NFT mendapatkannya di tahun 2021. NFT mengalami lonjakan pesat dan menjadi trend di pasar kripto. NFT dinilai sebagai sebuah inovasi yang bukan hanya terjadi di sektor DeFi, tetapi juga seni. Antusias para seniman dan atlet papan atas juga menjadi faktor utama meningkatnya permintaan NFT. Hal ini mendorong munculnya beberapa NFT marketplace baru dengan tujuan mempermudah transaksi NFT dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Salah satunya adalah Solsea, yaitu pasar NFT di jaringan Solana selain Solanart.

Untuk memahami lebih dalam tentang Solsea dan fitur-futurnya, mari simak poin-poin berikut ini.

1. Apa Itu Solsea?

Illust - Apa Itu Solsea
Sumber Asset: Flat nft illustration created by freepik – www.freepik.com

Solsea adalah pasar NFT di jaringan Solana yang diluncurkan pada Agustus 2021 setelah Solanart. Sebagai pasar NFT terbuka, Solsea mirip seperti OpenSea di jaringan Ethereum. Pasar NFT ini merupakan produk dari protokol ALL.ART.

Baca Juga : Yuga Labs Peringatkan Ancaman dari Sekelompok Peretas yang Menargetkan HolderNFT

Solsea memperkenalkan sejumlah fitur inovatif untuk pengguna pasar NFT-nya. Fitur-fiturnya termasuk NFT dengan lisensi yang disematkan, indeks kelangkaan untuk koleksi NFT, pendanaan wallet melalui FTX, dan pencetakan (minting) NFT terintegrasi. 

Solsea juga meluncurkan pasar dengan fitur kalender populer yang membantu pengguna melacak penurunan NFT yang akan datang. Dengan semua fitur ini, ditambah manfaat spesifik Solana NFT versus Ethereum, Solsea dengan cepat memantapkan dirinya sebagai rumah bagi NFT Solana.

2. Fitur dan Keunggulan Solsea

Berjalan di blockchain inovatif seperti Solana, Solsea memiliki sejumlah fitur dan keunggulan yang membuatnya semakin menarik.

  • Pencetakan NFT dengan Lisensi yang Disematkan

Solsea adalah pasar NFT pertama yang memungkinkan kreator untuk menyematkan lisensi atau hak cipta ke dalam NFT. Fitur ini sangat revolusioner, memudahkan penjual tahu apa yang mereka jual dan kolektor paham apa yang mereka beli.

  • Biaya Murah dan Multi-Currency

Solsea menerapkan biaya yang sangat rendah untuk minting, quoting, dan transaksi NFT, menggunakan SOL, USDT, atau USDC.

  • Peringkat dan Skor Kelangkaan untuk Koleksi Terverifikasi

SolSea menghitung peringkat kelangkaan, skor, dan statistik sifat untuk setiap koleksi terverifikasi yang dicetak sepenuhnya, agar menambahkan informasi yang sangat relevan bagi kolektor.

  • Daftar NFT Publik dan Pribadi

SolSea memungkinkan pembuat konten membuat NFT mereka terlihat oleh publik atau hanya secara pribadi, dan memungkinkan pembelian yang lebih eksklusif atau lebih pribadi.

 3. Cara Membeli NFT

Illust - Cara Membeli NFT
Sumber Asset: Isometric non-fungible tokens created by freepik – www.freepik.com

Untuk membeli NFT di Solsea, Anda harus terlebih dahulu menghubungkan wallet Anda di bagian atas halaman platform dan membuat akun jika Anda belum memilikinya. Klik “connect wallet” lalu masukkan email dan kata sandi Anda. 

Anda bisa membeli NFT terverifikasi ataupun tidak terverufikasi. Jika tidak terverifikasi, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih dalam untuk menghindari NFT palsu. 

Jika NFT tidak terverifikasi dan Anda masih tertarik, Anda dapat mencari gambar NFT di google, dan jika muncul di marketplace lain atau ditautkan ke koleksi lain dan tidak terverifikasi, kemungkinan besar itu adalah koleksi palsu.

Untuk membeli NFT, Anda harus memilih NFT yang Anda minati. Sebelum membelinya, Anda dapat menemukan informasi berguna tentang NFT, seperti kunjungan, suka, jenis lisensi jika ada, koleksi, alamat yang tercantum, berbagai fitur dan histori penjualan NFT. Hal ini berguna untuk mendapatkan informasi transaksi dan riwayat harga.

Setelah Anda meninjau semua informasi, klik “Buy NFT”, dan konfirmasikan transaksi di wallet Anda. Selanjutnya Anda akan memiliki NFT yang dapat Anda lihat di profil Anda, atau di wallet Phantom Anda di bagian koleksi.

4. Calendar

Jika Anda tertarik untuk membeli koleksi terbaru di Solsea atau marketplace lainnya, Anda bisa menemukannya di Calendar. Di “Calendar” milik Solana, Anda dapat menemukan berbagai koleksi yang akan segera muncul di SolSea. Ini adalah cara instan untuk menemukan koleksi baru yang menarik yang akan segera muncul di platform. Anda juga dapat mengikuti jejaring sosial mereka untuk melihat kapan koleksi baru yang menarik akan muncul di marketplace dan biasanya diumumkan di Twitter, Telegram, atau Discord.