Headlines

Trading Opsi DeFi Garapan QCP Capital Tembus Angka $250 Juta dalam Seminggu

Illust : Trading Opsi DeFi Garapan QCP Capital

QCP Capital mengatakan proyek trading opsi DeFi (dcentralized finance) perusahaan mereka tembus sampai angka $250 juta dalam seminggu. Pihak QCP Capital menerangkan bahwa hasil tersebut naik dari angka nol beberapa bulan lalu.

Perusahaan trading kripto QCP Capital sekarang memperdagangkan sekitar $1 miliar per bulan dalam opsi platform derivatif terdesentralisasi. Penyataan ini disampaikan oleh Simon Nursey, kepala derivatif QCP Capital yang berbasis di Singapura, pada sebuah konferensi industri di Lisbon, Rabu lalu.

Baca juga Pimpinan GSR Menyakini DeFi akan Berkembang Sebesar Pasar Kripto Terpusat

Pada panel tersebut, Nursey mengutarakan keterkejutannya melihat proyek trading opsi DeFi QCP mencapai ratusan juta dolar. Selanjutnya, ia mengatakan bahwa mendapatkan derivatif on-chain sangatlah susah untuk diraih. Simon Nursey menjelaskan bahwa sekarang ini proyek tersebut bukanlah eksperimen, tes, ataupun semacamnya, proyek trading itu adalah bagian krusial dari bisnis QCP Capital. Nursey menerangkan bahwa proyek opsi-opsi kripto DeFi berhasil meraih sekitar $250 juta dalam satu minggu melalui berbagai proyek brankas eksternal. Di akhir kata, Nursey berkata bahwa angka itu naik dari angkta nol beberapa bulan yang lalu.

Opsi DeFi adalah instrumen umum di lingkup Wall Street. Wall Street memberikan opsi kepada para trader untuk membeli atau menjual aset dasar pada harga tertentu sebelum tanggal yang ditentukan. Opsi tersebut memiliki fungsionalitas sebagai mekanisme untuk melakukan perlindungan nilai atau berspekulasi pada aset tertentu.

Pada ekosistem DeFi, semua proyek telah bermunculan dan memungkinkan para trader untuk memperdagangkan jenis kontra serupa yang diperdagangkan di blockchain. Selain QCP Capital, beberapa proyek pula menggunakan opsi DeFi Wall Street seperti protokol SIREN market dan Hegic. Di tempat lain, proyek seperti dYdX dan Perpetual Protocol menawarkan perdagangan dalam pertukaran kekal DeFi.

Pasar sektor DeFi umumnya meraih jutaan dolar dari proyek trading pada hari tertentu. Hal yang memicu aktivitas di platfrom DeFi adalah adanya peluang arbitrase yang dapat digarap oleh traders. Menurut Jeo DeTommaso dari CMS Holding, kurangnya likuiditas pada platform DeFi tertentu menyebabkan timbulnya perbedaan antara tingkat pendaan pada platform perdagangan terdesentralisasi dan terpusat. DeTommaso mencatat bahwa ia berpikir jika likuiditas masuk ke ekosistem DeFi maka sektor ini akan semakin mengering.

Jacob Palmstierna, kepala pengembangan bisnis di GSR, setuju pendapat Jeo DeoTommaso. Walaupun demikian, Palmsteirna berpandangan bahwa platfrom DeFi cenderung menawarkan hasil yang lebih tinggi dan dapat menarik lebih banyak modal. Dia mengatakan bahwa kita “akan melihat lebih banyak likuiditas bergerak seperti itu bahkan lebih cepat lagi dalam derivatif dan opsi yang terdesentralisasi.”

Sumber: https://www.theblockcrypto.com/linked/123959/this-is-up-from-zero-just-a-matter-of-months-ago-qcp-says-it-is-trading-hundreds-of-millions-in-defi-options