Untuk Mengurangi Biaya Gas ETH, Vitalik Buterin Menyarankan Batas Calldata Per Blok

Crypto news indonesia, situs berita cryptocurrency & blockchain - illust : untuk mengurangi biaya gas eth, vitalik buterin menyarankan batas calldata per blok

Untuk mengurangi keseluruhan biaya gas transaksi calldata di jaringan Ethereum (ETH), pembatasan baru pada total transaksi calldata dalam satu blok disarankan. Saran tersebut diajukan oleh Vitalik Buterin selaku salah satu pendiri Ethereum.

Hal ini berkaitan dengan unggahan Buterin di forum Ethereum Magicians yang menimbulkan kekhawatiran terkait biaya transaksi yang tinggi pada Blockchain layer-one untuk rollup, serta waktu signifikan yang diperlukan untuk merancang dan menyebarkan data sharding. Ia menulis “dengan demikian, solusi jangka pendek dicari untuk mengurangi biaya rollup dan untuk mempromosikan pergeseran seluruh ekosistem ke Ethereum yang berpusat pada rollup.”

Sementara Buterin menyebutkan bahwa pendekatan parameter harga gas dapat dikurangi tanpa memperkenalkan batas ukuran blok lain, ia melihat risiko keamanan dalam mengurangi biaya gas calldata dari enam belas menjadi tiga. “Ini akan meningkatkan ukuran blok maksimum menjadi sepuluh juta byte, memberikan tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada lapisan jaringan p2p Ethereum, dan mungkin meruntuhkan jaringan,” ungkapnya.

Baca juga Slot Tanah Virtual Axie Infinity Ludes Terjual Seharga 550 ETH

Buterin mengusulkan pendekatan penurunan biaya dan batas untuk memenuhi tujuan menurunkan jumlah beban yang belum pernah terjadi sebelumnya pada jaringan tanpa merusaknya. Ia juga percaya bahwa 1.5 MB akan memadai sekaligus mencegah sebagian besar risiko keamanan.

“Ada baiknya meninjau kembali keengganan masa lalu terhadap pembatasan sumber daya multi-dimensi. Lalu melihatnya sebagai solusi yang masuk akal untuk secara bersamaan mencapai peningkatan skalabilitas moderat dan menjaga keamanan,” tulisnya kepada komunitas Ethereum.

Apabila proposal tersebut disetujui, pembaharuan jaringan akan dibutuhkan. Sehingga menghasilkan penetapan harga gas yang tidak kompatibel dengan ekosistem Ethereum. Peningkatan ini juga akan mengharuskan penambang untuk mengikuti aturan baru yang melarang transaksi tambahan ditambahkan ke blok setelah ukuran keseluruhan calldata mencapai maksimum. Rencana batas yang akan ditetapkan adalah 1.262.861 byte setiap slot 12 detik, atau 3.0 TB per tahun.

Kemungkinan lain seperti penetapan soft restriction tengah dibicarakan oleh komunitas Ethereum. Beberapa menyampaikan kekhawatirannya terkait kemacetan selama penjualan NFT yang memaksa konsumen untuk membayar total biaya yang lebih tinggi untuk mengompensasi kekurangan eksekusi gas. Peningkatan biaya gas tersebut membuat investor meninggalkan jaringan Ethereum (ETH) untuk menghemat uang di jaringan yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine.

Sumber:

https://cointelegraph.com/news/vitalik-buterin-proposes-calldata-limit-per-block-to-lower-eth-gas-costs