Headlines

Upaya Perbaikan Jaringan Ethereum dengan Penggabungan Execution Layer dan Consensus Layer

Illust : Upaya Perbaikan Jaringan Ethereum dengan Penggabungan Execution Layer dan Consensus Layer

Ethereum Foundation telah mengganti seluruh terminologi yang ditujukan kepada ‘ETH1’ dan ‘ETH2’ dengan ‘execution layer’ dan ‘consensus layer.’ Selain itu, protokol proof-of-stake (PoS) juga akan terus dikembangkan dan ditingkatkan fungsionalitasnya.

Transisi Ethereum (ETH) yang telah lama ditunggu dari model penambangan protokol proof-of-work ke mekanisme konsensus PoS akan diluncurkan pada kuartal kedua atau ketiga di tahun ini.

Terkait perubahan tersebut, Ethereum Foundation memaparkan beberapa alasan, termasuk model berbahan metal yang sudah tidak sesuai untuk pengguna baru, pencegahan penipuan, serta perbaikan dalam proses staking.

Melalui sebuah unggahan pada website resminya, Ethereum Foundation menyebutkan bahwa branding ETH2 mengalami kegagalan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dalam jaringannya. Mengingat ETH2 merupakan hasil perkembangan dari ETH1, secara otomatis pengguna mengharapkan perbaikan yang jauh lebih signifikan. Sayangnya, hal tersebut tidak terjadi melalui ETH2. Sehingga, Ethereum Foundation memutuskan untuk menghapus ETH2 dan mengembangkannya dengan lebih baik lagi.

Fitur individu seperti Beacon Chain, merge, dan sharded chain akan dikembangkan di bawah terminologi baru yang menggabungkan execution layer dan consensus layer.

Baca juga Investor Kripto Terkemuka ini Mengatakan Ia Bullish terhadap Pesaing Ethereum, Meskipun Pergeseran Pasar Kripto Terjadi

Ethereum Foundation juga menunjukkan bahwa rebranding ETH2 akan membantu untuk memberikan kejelasan guna menghapus skema penipuan yang sering dialami oleh pengguna. Dalam skema tersebut, pelaku menipu korban untuk menukar ETH dengan token ETH2 palsu, tanpa mereka sadari bahwa ETH yang mereka miliki akan segera ditransfer ke ETH2 secara otomatis setelah penggabungan dilakukan.

Berita terkait insiden tersebut mendapatkan tanggapan yang relatif apatis di subreddit r/Ethereum. Dalam hal ini, sebagian besar pengguna menganggap penggabungan tersebut sebagai sebuah lelucon sembari mengeluhkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penggabungan.

Berdasarkan road map yang dimiliki oleh jaringan Ethereum, menyusul penggabungan dan transisi ke PoS yang dijadwalkan pada akhir tahun ini, yang selanjutnya akan dilakukan adalah upgrade pada sharded chain dengan eksekusi pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Dalam hal ini, melalui pengenalan sharded chain akan ditunjukkan beban jaringan Ethereum yang tersebar pada 64 rantai baru. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas dan kapasitas jaringan.

Meskipun secara fundamental di tahun ini harapan bullish cukup tinggi, harga ETH telah mengalami penurunan sebesar 40% selama tiga puluh hari terakhir menjadi $2.6 pada saat penulisan.

Sumber: https://cointelegraph.com/news/eth2-is-no-more-after-ethereum-foundation-ditches-name-in-rebrand