Google Menginvestasikan $300 Juta Di Perusahaan AI Yang Sebelumnya Pernah Didanai Oleh SBF

Crypto news indonesia, situs berita cryptocurrency & blockchain - illust - google menginvestasikan $300 juta di perusahaan ai yang sebelumnya pernah didanai oleh sbf

Perusahaan rintisan untuk kecerdasan buatan (AI) bernama Anthropic telah menerima investasi sebesar $300 juta dari Google Cloud, yang sebelumnya juga pernah didanai oleh CEO FTX Sam Bankman-Fried sekitar $500 juta kira-kira enam bulan sebelum keruntuhan tragis FTX, menurut laporan.

Crypto news indonesia, situs berita cryptocurrency & blockchain - illust -  google menginvestasikan 0 juta di perusahaan ai yang sebelumnya pernah didanai oleh sbf
Sumber asset photo google created by user5391341 www Freepik Com<>

Financial Times melaporkan angka $300 juta pada tanggal 4 Februari, namun Anthropic mengakui kolaborasi investasi dengan Google Cloud pada hari yang sama tanpa memberitahukan nominal angka apapun.

Dalam pengumuman yang sama, Anthropic juga mengonfirmasi bahwa mereka sebelumnya pernah mendapatkan modal dari Bankman-Fried dan mantan CEO Alameda Research, Caroline Ellison, antara lain, dalam putaran penggalangan dana Seri B: 

“Putaran Seri B dipimpin oleh Sam Bankman-Fried, CEO FTX. Putaran tersebut juga melibatkan partisipasi dari Caroline Ellison, Jim McClave, Nishad Singh, Jaan Tallinn, dan Center for Emerging Risk Research (CERR).

Baca Juga : Apa Itu Crypto Tax-Loss Harvesting, Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebuah posting baru-baru ini oleh The New York Times melaporkan bahwa dari $580 juta yang terkumpul, sekitar $530 juta berasal dari Bankman-Fried dan mantan mitra bisnisnya. Tetapi beberapa percaya angka itu bahkan lebih tinggi.

Salah satu kreditor FTX yakin saham Bankman-Fried di perusahaan AI bisa mencapai $1,1 miliar. Namun, kreditur tidak merinci angka tersebut.

Anggota lain dari komunitas Crypto Twitter juga berspekulasi  apakah saham Bankman-Fried akan digunakan untuk melunasi hutang besar yang telah dikumpulkan FTX dari kontroversi mereka baru-baru ini. 

Adapun kemitraan, Anthropic sekarang akan menggunakan GPU Google Cloud dan cluster TPU untuk melatih, memperluas, dan mengimplementasikan kotak obrolan AI-nya, yang disebut “Claude” mirip dengan ChatGTP OpenAI.

Google Cloud menerima sekitar 10% saham di Anthropic, menurut Financial Times. Meskipun masih harus dilihat dari mana sebagian besar hutang dalam kasus kebangkrutan FTX akan bersumber, Bankman-Fried secara pribadi mengaku tidak bersalah  atas delapan tuduhan penipuan dan konspirasi yang diajukan terhadapnya pada 3 Januari.

Bankman-Fried saat ini tetap dalam tahanan rumah di rumah orang tuanya di California hingga tanggal persidangannya, yang ditetapkan pada 2 Oktober 2023.

Sumber : cointelegraph.com